OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

IKN Bekerja Sama dengan Universitas Terkemuka Dunia untuk Kembangkan Aspek-Aspek Berkelanjutan

12 September 2023 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman

ikn bekerja sama dengan universitas terkemuka

ikn bekerja sama dengan universitas terkemuka, sumber: inews.id

Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bekerja sama dengan salah satu universitas terkemuka dunia, Stanford Doerr School of Sustainability guna mengembangkan riset serta program mengenai aspek-aspek berkelanjutan.

Adanya kerja sama ini diharapkan bakal membawa para pakar keberlanjutan lintas ilmu dari Stanford Doerr School of Sustainability sehingga IKN terbantu dalam mewujudkan kota hutan berkelanjutan.

Kerja sama ini pun ditandai dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) yang dilakukan Kepala OIKN, Bambang Susantono beserta Dekan Stanford Doerr School of Sustainability, yakni Arun Majumdar.

“Di saat bersamaan, Stanford dapat menjadikan IKN sebagai ‘laboratorium hidup’ untuk menguji-coba dan mengembangkan berbagai solusi keberlanjutan termutakhir,” ungkap Bambang Susantono dikutip dari akun media sosial Instagramnya, Selasa (12/9/2023).

Kerja Sama Bakal Saling Menguntungkan

kerja sama ikn dan sdss

sumber: infopublik.id/Pasha Yudha Ernowo

Dalam penuturannya, Bambang Susantono yakin bahwa kerja sama ini akan menjadi kemitraan yang saling menguntungkan satu sama lain.

Selain itu, potensi terwujudnya percepatan Ibu Kota Nusantara yang hijau, cerdas, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan pun bisa segera tercapai.

Di sisi lain, Ketua Stanford Alumni Club of Indonesia, Pandu Sjahrir menyambut baik adanya kerja sama yang tercipta antara SDSS dan OIKN.

Sustainability tidak hanya berkaitan dengan aspek ekonomi dan sosial. Bagi saya, salah satu aspek yang paling vital dari sustainability adalah bagaimana kita bisa mengoptimalkan pengembangan SDM dengan sebaik-baiknya,” tutur Pandu seperti dikutip cnbcindonesia.com.

Pandu Sjahrir juga berharap kerja sama antara SDSS dan OIKN bisa membantu mengarahkan talenta-talenta Indonesia menuju panggung dunia dan memberikan kontribusi nyata terhadap pengembangan berkelanjutan.

“Bagi saya, salah satu aspek yang paling vital dari sustainability adalah bagaimana kita bisa mengoptimalkan pengembangan SDM dengan sebaik-baiknya karena ini merupakan investasi jangka panjang yang sangat penting,” paparnya.

Terkesan dengan Pembangunan IKN

Pada kesempatan tersebut, Arun Majumdar selaku Dekan SDSS menyatakan bahwa dirinya terkesan dengan pembangunan IKN.

Menurutnya, baru Indonesia yang membangun ibu kota dengan memperhatikan prinsip sustainability.

“Apa yang Indonesia lakukan di Nusantara ini menunjukkan ambisi mereka untuk menjadi the greatest,” katanya.

Sebagai informasi, Indonesia dipilih karena berperan penting dalam transisi rendah karbon global sebagai negara yang berjanji untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060 mendatang.

Nantinya, kerja sama ini pun bakal menjadikan Nusantara sebagai contoh uji coba metode baru pembangunan perkotaan berkelanjutan dan blueprint yang potensial untuk ditiru oleh negara-negara lain.

***

Semoga informasi mengenai IKN yang bekerja sama dengan universitas terkemuka di dunia ini bermanfaat, Property People.

Yuk, baca ulasan seputar properti lainnya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga berita menarik dengan follow Google News kami, ya!

Dapatkan berbagai rekomendasi hunian terbaik di Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA