Harga rokok naik tajam, sebaiknya segera berhenti merokok tahun depan! - Rumah123.com Harga rokok naik tajam, sebaiknya segera berhenti merokok tahun depan! - Rumah123.com

Kabar buruk sekaligus baik untuk para perokok di luar sana! Kabar buruknya, Menteri Keuangan Sri Mulyani resmi akan menaikkan cukai hasil tembakau dengan rata-rata mencapai 21,55% mulai Januari 2020. 

Harga rokok di kisaran Rp35.000 per 2020

Dilansir dari CBNCIndonesia.com, aturan ini tercantum pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 152/PMK.010/2019. Dalam peraturan tersebut, tarif CHT Sigaret Kretek Mesin (SKM) naik sebesar 23,29%, Sigaret Putih Mesin (SPM) naik 29,95%, dan Sigaret Kretek Tangan (SKT) atau Sigaret Putih Tangan naik 12,84%. Dengan adanya kenaikan cukai rokok tersebut, kemungkinan harga rokok di tahun 2020 ada di kisaran Rp35.000 per bungkus. 

Saatnya para perokok untuk mengurangi, bahkan berhenti merokok!

Dengan adanya kenaikan harga rokok yang mencapai 35% di tahun 2020, artinya para perokok harus menyiapkan uang ekstra untuk alokasi pengeluaran satu ini. Tentu saja, hal ini akan memengaruhi kondisi keuanganmu. Bayangkan, kurang lebih kamu harus menambah Rp10.000 dari bujetmu biasanya tiap kali mau membeli rokok. Anggap saja kamu perokok aktif yang merokok sebanyak satu bungkus per hari. Selama sebulan, kamu harus menambah ekstra Rp300.000 dari bujet rokok biasanya! Uang sebesar itu bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Misalnya ditabung, diinvestasikan, atau untuk kebutuhan harian.

Selain itu, tentu saja faktor kesehatan menjadi salah satu alasan kenapa kamu sebaiknya berhenti merokok. Merokok berbahaya bagi kesehatan tubuh karena bisa meningkatkan risiko stroke, penyakit jantung, hingga kanker. Bahkan, orang-orang yang tak merokok, namun berada di sekeliling perokok, bisa mendapatkan dampak buruk dari rokok. 

7 tips mudah berhenti merokok

Temukan alasan yang membuatmu termotivasi

Tanpa motivasi, tentu keinginan untuk berhenti merokok akan cepat sirna. Sebisa mungkin, temukan alasan yang membuatmu termotivasi. Misalnya kamu baru memiliki anak. Asap yang menempel pada tubuh sangat rentan terpapar pada bayi. Paparan asap rokok bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Dari iritasi, gangguan pernapasan, hingga sindrom kematian mendadak. Dengan alasan yang kuat, motivasimu akan mengalahkan keinginanmu untuk kembali merokok. 

Baca juga: 6 Barang Pembawa Sial di Rumah, Kamu Percaya Gak?

Nicotine-Replacement Therapy (Terapi Penggantian Nikotin)

Kandungan nikotin dalam rokok bersifat adiktif, sehingga perokok yang sudah terbiasa merokok, akan frustasi ketika mulai menghilangkan asupan nikotin ke dalam tubuh. Untuk mengatasinya, kamu bisa memulai dengan terapi penggantian nikotin. Media yang dipakai bisa berupa permen karet nikotin, koyo nikotin, nikotin inhaler, dan tablet nikotin. Walaupun masih mengandung nikotin, tak ada kandungan tar, karbon monoksoida, dan bahan kimia berbahaya lainnya seperti yang terdapat di dalam rokok. Walaupun tak otomatis hilang, paling tidak cara ini bisa melepas ketergantungan rokok secara perlahan. 

Minta dukungan keluarga dan orang-orang terdekat

Beritahu seluruh keluarga dan orang-orang terdekatmu bahwa kamu sedang berusaha untuk berhenti merokok. Apabila lingkungan sekitarmu merokok, mereka bisa lebih menghargaimu jika kamu memberi tahu hal ini. Dukungan dari keluarga juga sangat penting supaya kamu bisa terus semangat menjalani program ini.

Baca juga: 5 Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan Tubuh

Perbanyak lakukan kegiatan yang menyenangkan

Salah satu alasan orang merokok adalah kandungan nikotin yang bisa membuat tubuh dan pikiran tenang. Ketika berhenti merokok, kamu tak bisa mengandalkan nikotin untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Maka dari itu, alihkan dengan melakukan kegiatan lain yang menyenangkan. Misalnya dengan pergi ke tempat pijat, menonton film favorit, atau lakukan hobi yang selama ini tertunda. Hindari melakukan kegiatan yang bisa memicu stres di awal-awal kamu berhenti merokok.  

Jalani pola makan sehat dan perbanyak olahraga

Dengan stop merokok, artinya kamu mau mulai menjalani pola makan sehat. Supaya maksimal, barengi dengan menjalani pola makan sehat dan olahraga rutin. Selain bisa membuat tubuh lebih sehat, kedua hal ini juga bisa membantu mengurangi hasrat akan nikotin.

Bersihkan rumah

Apabila kamu kerap merokok di dalam rumah, paparan asap rokok pasti menempel di setiap bagian rumahmu. Aroma rokok bisa membuatmu tergiur untuk mencobanya kembali. Maka dari itu, singkirkan semua hal yang berkaitan dengan rokok. Bersihkan juga seluruh bagian rumah agar tak ada paparan asap yang menyisa. Gunakan pengharum ruangan agar aroma ruangan menjadi segar.

Beri reward pada diri sendiri

Dengan berhenti merokok, artinya kamu sudah berhasil menyimpan sejumlah uang. Selain untuk ditabung, tak ada salahnya menggunakan uang yang seharusnya kamu gunakan membeli rokok tersebut untuk hal-hal yang menyenangkan dirimu.

Bagaimana? Cara berhenti merokok di atas terdengar mudah untuk dilakukan kan? Walaupun saat menjalaninya tak akan semudah itu, tak ada salahnya untuk mencoba! Daripada uangmu habis karena harga rokok semakin mahal, sebaiknya gunakan untuk hal yang lebih bermanfaat, bagi keuangan, dan tentunya bagi kesehatanmu!

Bagikan:
11082 kali