surat keterangan lunas

Surat keterangan lunas mungkin menjadi salah satu surat yang membahagiakan bagi banyak orang, terlebih sudah terbebas dari hutang.

Untuk diketahui, surat keterangan lunas tak hanya sekadar menjadi pertanda masa kredit telah selesai, melainkan juga sangat berpengaruh terhadap berbagai aspek literasi keuangan yang lain.

Oleh sebab itu, surat keterangan lunas harus menjadi hal yang dimiliki oleh debitur untuk memastikan tidak ada masalah kredit setelah kontrak selesai antara kedua belah pihak.

Apa saja manfaat penggunaan surat keterangan lunas dalam finansial? Simak pembahasannya bersama-sama!

Mengenal manfaat surat keterangan lunas 

Ada beberapa manfaat surat keterangan lunas yang perlu kamu ketahui bersama, sekalipun menjadi hal terpenting dalam keuangan keluarga.

Simak beberapa manfaat surat lunas berikut ini : 

1. Bukti terbebas hutang 

Surat keterangan lunas merupakan bukti valid jika kamu sudah terbebas dari berbagai jenis hutang.

Bukan hanya sekadar bukti, surat tersebut juga menjadi pegangan penting apabila terjadi masalah antara debitur dan kreditur di masa mendatang.

Apabila hal tersebut terjadi, kamu pun bisa menunjukkan bukti bebas hutang kepada lembaga keuangan, sekalipun pengadilan karena memiliki kedudukan yang kuat.

Baca Juga : Cara Membuat dan Contoh Surat Pernyataan Hutang yang Benar

2.  Memudahkan saat mengajukan pinjaman

Selain menjadi bukti hutang, surat keterangan lunas bisa menjadi bukti kuat untuk mempermudah proses pinjaman selanjutnya.

Surat ini pun bisa menjadi jaminan sekalipun barang bukti bahwa kamu sudah melunasi utang masa lalu, sehingga dapat meminimalisir terjadinya kredit macet.

Bukti surat pelunasan bisa menjadi shahih apabila diberikan pada pihak perbankan sebagai bagian dari pengambilan keputusan.

3.  BI Checking 

Perlu diketahui, BI Checking merupakan bagian yang sangat sensitif dalam literasi keuangan saat ini.

Tak jarang, BI Checking yang negatif akan berpengaruh terhadap semua ekosistem keuangan seperti saat ini.

Oleh sebab itu, penerbitan surat keterangan lunas akan berpengaruh terhadap skor kredit yang bisa kamu peroleh untuk jangka panjang.

Selain berpengaruh terhadap skor, surat keterangan tersebut juga dapat menjamin kamu dan kreditur supaya selalu membayar angsuran tepat waktu.

4.  Dapat menaikkan limit pinjaman 

Tak hanya sekadar skor kredit, ternyata surat keterangan lunas juga berpengaruh pada limit pinjaman jangka panjang.

Pertimbangan menaikkan limit pinjaman merujuk pada jumlah pelunasan kredit maupun jumlah penghasilan kamu saat ini. 

Semakin taat membayar, maka kemungkinan besaran limit pinjaman akan semakin tinggi.

Kamu bisa memperoleh surat keterangan lunas setelah menyelesaikan beberapa kredit berikut ini

Tidak semua pinjaman memiliki surat keterangan lunas, sekalipun hanya berdasarkan asas kekeluargaan maupun kepercayaan satu sama lain.

Oleh sebab itu, ada beberapa jenis kredit yang bisa memperoleh surat keterangan lunas sebagai hal yang sangat penting untuk diperoleh sebagai berikut.

1. Kredit kepemilikan rumah 

Apabila kamu sudah melunasi KPR, maka kamu pun berhak atas surat lunas dari pihak bank untuk mengurus berbagai administrasi.

Selain itu, surat lunas tersebut juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu syarat untuk mengambil sertifikat rumah secara lengkap.

Tak hanya untuk mengambil sertifikat, kamu juga bisa menggunakan surat lunas untuk mengajukan KPR selanjutnya, baik dalam satu bank yang sama maupun bank berbeda.

2.  Kredit kendaraan 

Selain kredit rumah, kamu pun juga berhak atas surat lunas apabila mobil atau motor yang kamu gunakan telah selesai masa kreditnya.

Tak hanya sekadar surat biasa, surat lunas juga memiliki fungsi hukum yang sangat kuat dan penting dalam kondisi saat ini.

Sebab, surat ini bukan hanya digunakan untuk memperoleh BPKB mobil saja, melainkan juga untuk mencegah teror di jalanan khususnya terhadap mata elang. 

Kamu pun bisa menunjukkan surat lunas sebagai bukti, apabila kamu diberhentikan oleh oknum yang ingin merampas kendaraan di jalan raya.

3.  Pelunasan Kredit Tanpa Anggunan 

Selain dalam bentuk kredit aset seperti bangunan maupun kendaraan, kamu pun juga bisa mengajukan surat keterangan lunas untuk KTA. 

Adapun, surat pelunasan KTA merupakan hal yang wajib untuk diperoleh, mengingat tidak semua KTA memiliki jaminan dan bukti hukum yang kuat.

Tak jarang, pihak bank kerap melakukan perjanjian hitam diatas putih sehingga bisa mencekik para debitur.

Oleh sebab itu, kamu pun harus mengajukan surat lunas jika KTA yang kamu ajukan telah dilunasi dengan baik.

Bagaimana cara memperoleh surat keterangan lunas?

Jika masa periode kredit telah selesai atau jatuh tempo, kamu pun pastinya berhak atas surat keterangan lunas dari pihak kreditur, baik bank maupun multifinance,

Sebelum memperoleh surat lunas, kamu pun nantinya akan memperoleh notifikasi bahwa kontrak hutang telah selesai antar kedua belah pihak.

Selanjutnya, kamu pun bisa menelpon pihak bank atau multifinance untuk memperoleh surat keterangan lunas dalam bentuk cetak.

Pastikan surat tersebut sudah dilegalisir dengan cap basah sebagai bukti bahwa surat keterangan lunas tersebut asli.

Baca Juga : Hal yang Harus Kamu Ketahui Mengenai Take Over KPR di Bawah Tangan melalui Notaris

Demikian beberapa hal yang harus kamu ketahui mengenai surat keterangan lunas, sebagai bagian dari tertib administrasi penyertaan hutang-piutang.

Untuk cari tahu informasi menarik seputar literasi keuangan dan perbankan rumahan, selengkapnya di artikel.rumah123.com.

"Sedang mencari perumahan syariah dengan harga terjangkau? Kamu bisa pilih Cendana Residence di sini selengkapnya."

Bagikan:
2702 kali