Heydar Aliyev Center Merupakan Karya Mendiang Arsitek Zaha Hadid. Foto: Rumah iStock

Pada 31 Maret 2017 lalu, mesin pencari nomor wahid Google memunculkan Google Doodle pada halaman utama dengan menampilkan mendiang arsitek Zaha Hadid. Google Doodle dengan ilustrasi Hadid ini muncul di 20 negara.

Hadid tampil dengan latar belakang salah satu bangunan yang menjadi masterpiece-nya sebelum dia meninggal yaitu Heydar Aliyev Center yang berada di Baku yang merupakan ibu kota Azerbaijan.

Heydar Aliyev Center menampilkan desain khas Hadid yang sering merancang bangunan dengan lekukan. Media Inggris Guardian menyebutnya sebagai “Ratu Lekukan”.

Baca juga: Heydar Aliyev Center, Karya Fenomenal Arsitek Zaha Hadid

Hadid mendesain Heydar Aliyev Center dengan mengambil inspirasi dari sejarah Islam seperti kaligrafi atau pola geometri. Salah satu fasadnya yang terkenal adalah mengaplikasikan material kaca yang ditopang oleh material beton.

Arsitek yang lahir di Irak ini berhasil meraih penghargaan bergengsi Pritzker Architecture Prize pada 2004. Dia menjadi arsitek perempuan pertama yang berhasil memenangkan penghargaan “Oscar untuk Arsitek”.

Dia memang salah satu arsitek perempuan tersukses dalam sejarah. Karya arsitekturnya menjadi dasar baru dalam arsitektur modern yang memanfaatkan lansekap sekitar untuk inspirasi bangunan.

Baca juga: Mengenang Karya-karya Fenomenal Zaha Hadid

Perempuan yang mendapatkan gelar kebangsawanan Dame dari Pemerintah Kerajaan Inggris ini meninggal pada 31 Maret 2016 karena serangan jantung di Miami, Amerika Serikat.

Hadid menjadi arsitek keempat yang mendapatkan kehormatan menjadi Google Doodle. Sebelumnya, Google sudah menampilkan Google Doodle untuk memperingati hari ulang tahun ke-382 arsitek legendaris Inggris, Christopher Wren.

Lantas pada 2013, Google Jepang menampilkan Doodle untuk mengenang hari ulang tahun ke-100 arsitek Jepang, Kenzo Tange. Sedangkan pada 2012, Google mengenang hari jadi ke-126 arsitek Jerman-Amerika Serikat, Ludwig Mies van der Rohe.

By the way, kalau kamu sempat mampir ke Azerbaijan, jangan lupa untuk ber-selfie ria di depan Heydar Aliyev Center lho. Wah, dijamin deh kalau spot ini memang Instragamable lho!

 
Bagikan: 2428 kali