OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

5 Contoh Deskripsi Diri Mahasiswa untuk Beasiswa, Organisasi, dan Kerja yang Singkat serta Menarik

05 Desember 2023 · 5 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

contoh deskripsi diri mahasiswa

Bagi yang sedang mencari contoh deskripsi diri mahasiswa untuk beasiswa, organisasi, atau melamar pekerjaan, tak perlu khawatir! Intip contohnya di sini, yuk!

Dalam buku Menggagas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Kelimpahan, deskripsi diri adalah tulisan yang mengenalkan diri sendiri seseorang dari berbagai latar belakang yang dimiliki.

Umumnya, deskripsi diri ini berisikan nama, tanggal lahir, dan institusi pendidikan.

Meski begitu, agar memperbesar peluang lolos beasiswa dan magang serta masuk organisasi, kamu perlu mengembangkan deskripsi diri tersebut.

Berikut beberapa contoh deskripsi diri mahasiswa yang bisa kamu contek!

Contoh Deskripsi Diri Mahasiswa

1. Deskripsi Diri Mahasiswa untuk Beasiswa

contoh deskripsi diri mahasiswa untuk beasiswa

ilustrasi contoh deskripsi diri mahasiswa baru, contoh deskripsi diri mahasiswa di cv

Perkenalkan, nama saya Alya Abdurrahman. Saya seorang mahasiswa yang tengah mengambil program studi Sains Komputer di Universitas Maju Jaya.

Selama 4 semester, saya berhasil menjaga IPK saya di atas 3,7. Di samping itu, saya aktif dalam berbagai organisasi mahasiswa, termasuk menjadi anggota Divisi Humas himpunan pada periode 2022-2023. Dengan pengalaman organisasi selama ini, saya mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan yang tidak saya dapatkan di dalam kelas.

Saat ini, saya mengajukan permohonan beasiswa dengan tujuan untuk memperoleh dukungan finansial yang nantinya akan membantu saya dalam menyelesaikan studi saya. Saya mempunya visi untuk mengembangkan perangkat lunak inovatif yang dapat memberikan dampak positif untuk industri dan masyarakat. Dengan bantuan beasiswa, saya bisa lebih fokus pada pendidikan saya, terlibat dalam berbagai penelitian yang relevan, serta mempersiapkan diri untuk berperan aktif dalam dunia kerja. Saya berkomitmen untuk terus belajar, tumbuh, dan berkontribusi pada perkembangan teknologi. Terima kasih atas pertimbangan Anda.

2. Deskripsi Diri Mahasiswa untuk Organisasi

Saya adalah Muhammad Ilham, mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Selalu Terdepan yang penuh semangat dan berdedikasi. Selama kuliah, saya telah mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan kerja tim melalui partisipasi aktif dalam berbagai proyek akademik dan organisasi di kampus.

Saya mempunyai minat yang kuat dalam bidang pengembangan diri dan berharap dapat berkontribusi secara langsung pada pertumbuhan dan keberhasilan organisasi ini. Saya siap untuk belajar, berkolaborasi, dan berkomitmen untuk dapat mencapai tujuan bersama yang diusung organisasi ini.

3. Deskripsi Diri Mahasiswa di CV

contoh deskripsi diri mahasiswa di cv

ilustrasi contoh deskripsi diri mahasiswa baru, contoh deskripsi diri mahasiswa magang

Sebagai mahasiswa di Universitas Melangkah Maju, saya, Hanifah Putri, adalah individu yang berfokus pada pencapaian akademis dan pengembangan diri. Saya sedang mengejar gelar S.Pd dan berhasil menjaga prestasi akademis saya dengan IPK 3,76.

Selama berkuliah, saya terlibat langsung dalam berbagai proyek penelitian dan organisasi mahasiswa yang mampu memperkaya pemahaman saya.

Saya mempunyai keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan analisis yang kuat. Tak hanya itu, saya juga memiliki hasrat untuk terus belajar dan berkembang. Saya yakin bahwa pengalaman dan pengetahuan yang sudah saya peroleh memungkinkan saya untuk memberi kontribusi di lingkungan kerja.

4. Deskripsi Diri Mahasiswa Magang

Saya adalah Rian Prasetyo, mahasiswa di Universitas Unggul Selalu yang saat ini sedang menjalani program magang di PT. Maju Kena Mundur Kena dalam rangka mengembangkan pemahaman dan keterampilan saya dalam pengoperasian mesin pembuat roti. Saya mempunyai latar belakang dalam program studi Teknik Mesin dan sedang menjalani program magang dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman praktis yang nantinya akan memperkaya pengetahuan saya dalam bidang ini.

Selama magang, saya berpartisipasi aktif dalam berbagai proyek dan tugas yang diberikan. Saya kini memiliki keterampilan untuk mengoperasikan dan melakukan maintenance serta mampu mengaplikasikannya dengan baik dalam lingkungan kerja sehari-hari. Saya juga mempunyai kemampuan untuk bekerja dalam tim, berkomunikasi dengan baik, dan belajar dengan cepat. Di samping itu, saya sangat antusias untuk terus belajar dan berkontribusi secara positif untuk perusahaan tempat saya magang.

Saya berterima kasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh PT. Maju Kena Mundur Kena untuk menjalankan program magang untuk mahasiswa ini dan saya berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Saya percaya, pengalaman ini akan menjadi landasan yang kuat untuk perkembangan karier saya ke depannya.

5. Deskripsi Diri Mahasiswa Baru

contoh deskripsi diri mahasiswa baru

ilustrasi contoh deskripsi diri mahasiswa di cv, contoh deskripsi diri mahasiswa magang

Saya adalah Muhammad Saddam, mahasiswa baru yang bersemangat dalam belajar hal-hal baru. Saya percaya bahwa pembelajaran adalah kunci pertumbuha pribadi dan profesional. Saya selalu antusias untuk menggali pengetahuan baru, menjelajahi berbagai konsep, dan terlibat dalam konsep diskusi yang mampu memperluas pandangan saya.

Saya juga termasuk individu yang percaya bahwa kolaborasi tim memainkan peranan penting dalam belajar. Saya senang bekerja sama dengan orang lain, berbagi ide, dan mencari solusi secara bersama-sama. Saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan siap untuk berkontribusi dalam proyek bersama yang membutuhkan kerjasama tim.

Cara Membuat Deskripsi Diri

Supaya menarik perhatian, ada beberapa tips yang bisa diikuti ketika membuat deskripsi diri.

Berikut adalah sejumlah langkah-langkahnya!

1. Buat dengan Ringkas

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika membuat deskripsi diri adalah membuatnya singkat dan ringkas.

Misalkan saja, kalimat pertama harus mencantumkan nama, jurusan, gelar, tingkat sertifikasi, hingga pengalaman organisasi atau magang.

2. Jelaskan Pengalaman dan Pencapaian

Selanjutnya, cantumkan keterampilan dan prestasi yang kamu miliki.

Keterampilan dan prestasi ini harus memberikan dampak dengan penulisan yang singkat.

Jika terlalu banyak yang ingin dituliskan, cukup pilih keterampilan yang sesuai dan prestasi yang paling membanggakan.

3. Cermati Beasiswa dan Lowongan Kerja yang Dilamar

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengetahui beasiswa atau posisi yang dilamar.

Tips ini berguna untuk menyesuaikan poin-poin apa saja yang harus dicantumkan sehingga peluang kamu diterima jadi ebih besar.

4. Tulis dengan Jujur

Cara membuat deskripsi diri terakhir adalah tulis dengan jujur.

Jangan coba-coba untuk menjelaskan pengalaman dan keahlian secara berlebihan dan cenderung membesar-besarkan.

Kejujuran adalah kunci untuk membangun rasa percaya kepada pemberi beasiswa atau HRD.

***

Semoga pembahasan contoh deskripsi diri mahasiswa di atas bisa bermanfaat untuk Property People.

Simak terus artikel lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Yuk, ikuti juga laman Google News Rumah123 agar tidak ketinggalan ulasan terbaru seputar tips dan gaya hidup.

Akses www.rumah123.com untuk dapatkan rumah impian, karena kami pasti #AdaBuatKamu.

Referensi:

  • Ramliyana, Randi, Ramdhan, Vickry, dan Sakdiyah, Anisa Halimatus. 2021. Menggagas Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Kelimpahan. Unisma Press

Tag: , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya