OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

21 Contoh Deskripsi Diri dalam CV yang Efektif Menarik Perhatian HRD. Tiru, yuk!

04 Desember 2023 · 7 min read Author: Hanifah · Editor: M. Iqbal

deskripsi diri singkat di curriculum vitae

Contoh deskripsi diri dalam CV | Sumber: blog.pintarnya.com

Bingung bagaimana menjelaskan tentang dirimu dalam surat lamaran kerja? Yuk, simak contoh deskripsi diri dalam CV berikut ini sebagai referensi!

Kerap dianggap sepele, ternyata caramu menuliskan deskripsi diri sangat krusial dalam mencari pekerjaan, lo.

Ini bisa jadi penentu apakah HRD akan membaca seluruh CV kamu atau tidak.

Makanya, pastikan kamu memikirkan dengan baik kalimat yang ingin ditulis sebagai perkenalan diri di CV.

Jika bingung, kamu bisa coba meniru contoh deskripsi diri dalam CV di bawah ini!

Contoh Deskripsi Diri untuk CV Fresh Graduate

deskripsi diri cv fresh graduate

Sumber: cakeresume.com

Pertama, ada contoh pengenalan diri di CV untuk fresh graduate atau lulusan S1.

Di dalamnya, kamu bisa memasukkan pengalaman magang hingga freelance untuk menambah poin positif di mata HRD.

Berikut sejumlah contoh deskripsi diri yang menarik:

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 01

Saya merupakan lulusan S1 Komunikasi Universitas Indonesia. Memiliki pengalaman magang di salah satu media digital di Jakarta selama enam bulan dan pengalaman mengurus majalah fakultas. Mencari kerja dengan tujuan untuk mengembangkan diri serta bertumbuh bersama perusahaan.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 02

Lulusan S1 Ekonomi Universitas Brawijaya dengan pengalaman mengurus bisnis pribadi di bidang clothing. Saya merupakan pribadi yang bertanggung jawab dan tidak takut pada tantangan. Mencari peluang untuk mengembangkan potensi saya lebih baik lagi.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 03

Sarjana S1 Teknik Informatika Universitas Indonesia dengan pengalaman mengembangkan software game. Saya terbiasa bekerja dengan ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Bisa beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan kantor yang fleksibel. Tidak keberatan untuk bekerja sendiri maupun bersama tim.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 04

Saya merupakan lulusan S1 Sastra Inggris di Universitas Islam Indonesia. Selama kuliah, saya aktif dalam berbagai organisasi serta kerap mengikuti lomba debat antar mahasiswa. Terbiasa membaca cepat dengan teknik scanning tanpa mengabaikan inti tulisan. Memiliki passion dalam bidang penulisan serta penerjemahan.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 05

Seorang lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris dengan pengalaman mengikuti organisasi kemahasiswaan sebagai Ketua BEM. Saya juga berhasil mendapat predikat cumlaude dengan IPK 4,00 serta pernah menjadi Juara 1 lomba menulis artikel ilmiah.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 06

Lulusan S1 Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,8. Aktif sebagai staf bidang jurnalistik di HIMA dan menjadi perwakilan komunikasi Asosiasi Mahasiswa Jurnalistik Indonesia di kampus. Saya juga aktif menjadi content writer freelance untuk MediaZ.com.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Fresh Graduate 07

Saya adalah lulusan Ilmu Politik yang berdedikasi dan penuh semangat, siap untuk berkontribusi dalam dunia politik dan pemerintahan. Selama masa studi, saya telah mengembangkan pemahaman mendalam tentang teori politik, analisis kebijakan, dan dinamika politik global. Keahlian dalam riset dan analisis kebijakan saya diperkuat melalui partisipasi aktif dalam proyek-proyek penelitian, termasuk tesis saya tentang dampak kebijakan publik terhadap inklusi sosial.

Contoh Deskripsi Diri di CV Mahasiswa

tentang saya di cv anak magang

Sumber: kitalulus.com

Selanjutnya, ada contoh perkenalan diri dalam CV mahasiswa atau mahasiswi yang ingin magang.

Di dalamnya, kamu bisa memasukkan pencapaian selama kuliah hingga informasi mengenai karakter diri.

Berikut referensi isi kolom tentang saya yang menarik untuk ditiru:

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 01

Mahasiswa tingkat akhir di Institut Teknologi Bandung yang gemar mencoba hal-hal baru. Aktif dalam keorganisasian kampus dan memiliki pengalaman menjadi tutor di bidang Ilmu Komputer. Memiliki ketertarikan tinggi di bidang pengembangan software dan percaya potensi saya bisa membawa perusahaan menjadi lebih baik.

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 02

Saya merupakan mahasiswa tingkat akhir Ilmu Jurnalistik di Universitas Padjadjaran. Memiliki kepribadian ESFJ serta kemampuan untuk berpikir kritis dan kreatif. Sering terlibat dalam kegiatan organisasi serta mengurus media milik fakultas. Sangat ingin mengembangkan passion saya di bidang media dengan bergabung bersama tim Anda sebagai anak magang.

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 03

Mahasiswa semester 7 di jurusan Teknik Industri Universitas Parahyangan. Mencari pengalaman magang di perusahaan manufaktur ternama untuk mengembangkan potensi diri. Saya memiliki bekal kemampuan untuk menggunakan AutoCAD, VBA, dan SolidWorks yang berguna untuk mempermudah pekerjaan.

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 04

Saya adalah mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Padjadjaran yang ingin mengembangkan potensi diri. Memiliki ketertarikan tinggi di bidang finansial serta investasi saham. Aktif dalam kegiatan kampus dan kerap mengikuti acara seminar yang berkaitan dengan finansial.

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 05

Mahasiswi semester 5 Universitas Indonesia jurusan Sastra Inggris. Selama kuliah, saya aktif dalam organisasi English Club sebagai anggota dan pernah memenangkan lomba National Championship English Debate in Singapore. Memiliki passion dalam translating dan interpreting.

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 06

Saya merupakan mahasiswa semester 6 jurusan Teknik Industri Universitas Negeri Jakarta. Mahir menggunakan AutoCAD, VBA, dan SolidWorks. Memiliki pengalaman sebagai asisten dosen untuk Praktikum Perancangan Sistem Informasi.

Contoh Deskripsi Diri CV Mahasiswa 07

Mahasiswa bisnis tingkat akhir di Universitas Prasetya Mulya yang energetik dan pantang menyerah. Aktif dalam keanggotaan organisasi kampus (BEM). Memiliki ketertarikan tinggi di bidang finansial dan investasi saham. Pernah magang satu tahun di sebuah perusahaan asuransi di Indonesia.

Contoh Deskripsi Diri untuk CV Profesional

contoh deskripsi diri tenaga ahli

Sumber: atma.co.id

Terakhir, ada contoh deskripsi diri yang menarik untuk seseorang dengan pengalaman kerja.

Di dalamnya, tentu kamu harus memasukkan pengalaman kerja serta skill yang dimiliki dengan jelas.

Berikut sejumlah referensi perkenalan diri di CV tersebut:

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 01

Seorang digital marketing specialist dengan rekam jejak yang baik dalam mendukung pertumbuhan laba perusahaan melalui peningkatan brand awareness. Memiliki kemampuan untuk bekerja sendiri maupun bersama dengan tim.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 02

Seorang rekruter dengan pengalaman lebih dari empat tahun dalam menemukan talent berkualitas. Terampil dalam membangun hubungan dengan calon karyawan maupun karyawan lama. Mampu melihat potensi diri seseorang dengan cermat dan objektif demi keuntungan perusahaan.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 03

Memiliki pengalaman selama tiga tahun di bidang manajemen bisnis. Berorientasi pada pertumbuhan bisnis melalui strategi penjualan dan pemasaran, analisa pasar, serta evaluasi pertumbuhan perusahaan. Mampu bekerja beriringan dengan tim demi mencapai target yang diinginkan.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 04

Software engineer dengan pengalaman mengembangkan aplikasi ponsel berbasis sistem Android. Terampil dalam bidang pogramming serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Ahli dalam memecahkan masalah serta manajemen waktu agar pekerjaan dapat lebih efisien.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 05

Saya memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun bekerja dalam industri FMCG sebagai Brand Manager. Memiliki pemahaman yang kuat tentang pasar produk konsumen dan strategi positioning dengan pencapaian terbaik meningkatkan sales sebesar 50 persen.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 06

Lulusan S1 Desain Grafis dari Institut Teknologi Bandung. Memiliki pengalaman 3 tahun di dunia graphic design. Menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop. Terbiasa membuat storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran.

Contoh Deskripsi Diri dalam CV Profesional 07

Berpengalaman lebih dari 5 tahun bekerja dalam industri FMCG sebagai Brand Manager. Memiliki pemahaman yang kuat tentang pasar produk konsumen dan strategi positioning. Pencapaian terbesar termasuk meningkatkan sales sebesar 50% dan memenangkan penghargaan “Product of the Year”.

Tips Menulis Deskripsi Diri dalam CV

Lantas, bagaimana sih sebenarnya cara menulis deskripsi diri dalam CV yang baik?

Menurut situs The Balance Career, hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kepadatan informasi.

Pastikan kamu mencantumkan keterampilan dan prestasi dengan ringkas agar mudah terbaca oleh rekruter.

Selain itu, pehatikan hal-hal berikut ini:

  • Gunakan kalimat dengan kata bermakna positif untuk menggambarkan dirimu.
  • Pilah informasi yang ingin dimasukkan dengan selektif, sesuaikan dengan posisi pekerjaan yang kamu inginkan.
  • Gunakan angka dan simbol untuk menunjukkan pencapaian maupun skill yang dimiliki.
  • Tekankan pencapaian positif yang terbukti dengan data maupun sertifikat.

FAQ

***

Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, ya.

Temukan beragam informasi menarik lainnya dengan mengikuti Rumah123 di Google News, ya.

Kunjungi juga artikel.rumah123.com untuk menemukan berita ter-update seputar properti.

Pastikan juga membuka laman Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Tenang saja, kami selalu #AdaBuatKamu dengan berbagai penawaran properti yang menarik!


Tag: , , ,