OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

6 Contoh Artikel Ilmiah Populer Singkat. Beragam Topik!

28 Desember 2023 · 12 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

contoh artikel ilmiah

Inilah kumpulan contoh artikel ilmiah populer berbagai tema yang bisa kamu ketahui secara lengkap. Simak ulasan lengkapnya!

Dalam ilmu Bahasa Indonesia, terdapat banyak karya tulis yang kerap digunakan untuk mengungkapkan sebuah perasaan atau opini.

Salah satunya adalah artikel.

Menurut KBBI, artikel adalah karya tulis lengkap, misalnya teks berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Karya tulis ini bisa mengandung berbagai topik yang beraneka ragam, mulai dari olahraga, berita sampai pandangan politik.

Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai contoh artikel ilmiah populer yang banyak diketahui orang.

Yuk, langsung saja kita simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini.

Contoh Artikel Ilmiah Populer

1. Artikel Ilmiah tentang Kesehatan

Jangan Takut Untuk Meditasi

Oleh: Wida Kurniasih

Meditasi adalah cara untuk melatih dan memahami pikiran, perasaan, dan sensasi fisik sehingga kita bisa memahaminya lebih baik. Meditasi bukanlah ritual agama ataupun ibadah, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Meditasi melatih untuk fokus kepada satu titik, di sana kita akan mendapatkan petunjuk atau jawaban-jawaban dari apa yang kita pertanyakan, selain itu kita akan mendapat energi positif yang dapat membantu kontrol emosi.

Tujuan dari meditasi adalah menghubungkan pikiran sadar dan pikiran alam bawah sadar, meningkatkan kesadaran, mengendalikan pernapasan, mengakibatkan terjadinya relaksasi yang menenangkan, membebaskan pikiran sambil memfokuskan kesadaran pada sesuatu yang sedang dilakukan, melepas semua beban atau pikiran negatif, dan paling utama adalah menjadi rileks.

Dilansir dari alodokter.com ada banyak manfaat meditasi yang perlu kamu ketahui, antara lain adalah:

  1. Mengelola stres

Saat keadaan menjadi sulit pasti pikiran menjadi terganggu, meskipun bukan karena hal yang besar. Saat pikiran terganggu dan tidak segera diatasi, tidak menutup kemungkinan kamu akan stres karena terus-menerus memikirkannya tanpa menghadapinya. Kemudian jika sudah stress, tanpa kamu sadari maka aktivitas lainnya akan terganggu.

Maka dari itu stres perlu dikelola, nah meditasi ini adalah salah satu cara yang tepat untuk mengelola stress kita lho. Salah satu teknik yang bisa dicoba yaitu meditasi kesadaran (mindfulness meditation) karena dipercaya dapat menurunkan kadar hormon kortisol yang tinggi ketika merasa tertekan atau stres. Selain itu, kamu dapat mendampingi meditasi dengan olahraga karena aktivitas fisik dapat menghasilkan hormon endorfin yang berperan penting dalam mengelola stress.

  1. Mengatasi gangguan kecemasan dan depresi

Coba sekarang renungkan baik-baik, bagaimana kesehatan mentalmu? Apakah mentalmu sehat? Rutin melakukan meditasi dipercaya dapat mengurangi kadar sitokin yang dilepaskan sebagai respons terhadap stress, yang dapat mempengaruhi suasana hati dan lama kelamaan menjadi gangguan mental seperti depresi. Sehingga kamu dapat mengatasi masalah pada kesehatan mentalmu.

  1. Mengendalikan emosi

Jika merasa tidak bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan kantormu di tempat yang ramai, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu tidak memiliki kontrol emosi yang baik lho. Salah satu cara mengendalikan emosi adalah dengan melakukan meditasi. Selain meredakan gangguan kecemasan, menjadi lebih tenang, merasa bahagia, dan berpikir positif, meditasi ternyata bisa meningkatkan kinerja otak yang berperan proses belajar, mengingat, dan berkonsentrasi.

Contoh lain ketika hendak tidur, kamu bisa melakukannya dengan berbaring. Kosongkan pikiran dan berusaha rileks, waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan alam bawah sadar adalah ketika hampir terlelap tetapi masih terjaga biasanya alam bawah sadar akan memberi sebuah gambaran sekitar 15-30 detik. Selain untuk kesehatan mental meditasi juga berdampak pada kesehatan fisik, maka dari itu yuk lakukan meditasi secara rutin.

2. Artikel Ilmiah Populer tentang Hukum

Studi Pemanfaatan Teknologi Berbasis Internet of Things Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Transportasi Publik untuk Penyandang Tunanetra.

Karya: Aswin Tresna Nugraha, Kresna Devara, Irvan Arif

Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam kondisi yang berbeda-beda. Ada perbedaan warna kulit, suku, atau ras,serta perbedaan warna dan bentuk rambut. Namun, ada pula perbedaan yang mengakibatkan orang memiliki kebutuhan khusus. Mereka adalah para penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas dapat dikategorikan menjadi tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, penyandang autistik, bahkan orang-orang dengan disabilitas ganda serta multi disabilitas misalnya tunanetra dan tunarungu, tuna daksa serta tunarungu.Menurut data terbaru (Juli 2012), banyaknya penyandang tunanetra di Indonesia 1.749.981 jiwa[1].Untuk membaca para tunantera membutuhkan buku Braille ataupun buku audiodan untuk berjalan para tunanetra membutuhkan bantuan tongkat.

Pelayanan transportasi publik di indonesia masih belum mengakomodir akses bagi seluruh masyarakat. Penyandang tunanetra di Indonesia kurang mendapatkan hak dalam aspek perlindungan dan menghormati sesama pengguna, ini dikarenakan kebijakan Undang Undang Nomor 71 Tahun 1999 tentang Aksesibilitas bagi Penyandang Cacat dan Orang Sakit pada Sarana dan Prasarana Perhubungan belum terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Sementara itu menurut UUD 1945 pasal 28 f yang berisi, “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan dan mengolah informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”. Pasal ini menjamin adanya hak kebebasan dalam pengaksesan informasi bagi setiap orang. Namun demikian, saat ini bagi penyandang tunanetra informasi terkait transportasi publik masih kurang.Contohnya pada jurusan bus TransJakarta, informasi mengenai tujuan, kondisi bus, ataupun bus pengalihan koridor tidak memberikan informasi dalam bentuk suara. Hal ini menyulitkan bagi penyandang tunanetra dalam bepergian.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern sudah semakin pesat. Disisi lain, teknologi saat ini sudah berdampak pada hamper seluruh lapisan masyarakat. Teknologi telah meningkatkan kualitas hidup manusia dalam berbagai bidang. Diantaranya adalah Internet of Things. Internet of Things merupakan suatu sistem yang memungkinkan benda-benda dihubungkan dengan internet untuk memudahkan manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari secara efisien. Sistem ini bekerja dengan menanamkan perangkat keras pada benda-benda yang diinginkan agar dapat terhubung dengan internet.

Internet of Things telah merambah di berbagai bidang, namun manfaatnya belum dirasakan oleh penyandang tunanetra. Termotivasi oleh kondisi tersebut, penulis dalam makalah ini akan membahas tentang kemungkinan pemanfaatan Internet of Things untuk melihat permasalahan yang dialami penyandang tunanetra, diharapkan dapat mengurangi terjadinya kesulitan dalam mengidentifikasi transportasi publik di Indonesia, dengan membuat perangkat keras yang dapat memberikan informasi transportasi publik yang sedang berada di sekitar penyandang tunanetra. Perangkat tersebut akan diintegrasikan dengan perangkat GPS, receiver dan transmitter.

3. Contoh Artikel Ilmiah Populer Singkat

Contoh artikel ilmiah populer

Sumber: iStock

SMART AGRO VILLAGE SYSTEM” Inovasi Sistem Pemberdayaan Masyarakat Eks Lokalisasi Dolly Melalui Usaha Modern Agro-Complex

Karya: Sulthan Alfathir, Trisa Oktavianti

Kesenjangan sosial menjadi salah satu masalah yang mulai mencuat di era modern perkotaan yang berpotensi memicu pengaruh negatif lingkungan dan tindak kriminal. Dalam mengatasi hal tersebut Pemerintah daerah mengambil kebijakan preventif untuk menertibkan tempat-tempat negatif dan non-kondusif yang berpotensi memicu tindak kriminal dan citra buruk daerah.

Pemerintah Kota Surabaya adalah salah satu pelopor tindakan tertib dan positif dalam bermasyarakat dan bernegara melalui penutupan Dolly. Berdasarkan data Dinas Sosial Surabaya tercatat sekitar 1.400 WTS, 311 mucikari, puluhan tukang parkir, pedagang, pengelolah penginapan, cleaning service, tukang becak, dan pekerja lainnya yang menggantungkan pekerjaan di kawasan Dolly kehilangan mata pencaharian mereka dan merasa kesulitan akibat penutupan Dolly.

Persepsi negatif masyarakat terhadap mantan penghuni eks lokalisasi Dolly menambah kompleks masalah yang ada, keadaan ini membuat mantan penghuni eks lokalisasi tidak percaya diri dan mematikan daya kreatifitas yang ada pada diri mereka. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur pada tahun 2015 jumlah penduduk Surabaya sebesar 2.806.306 jiwa dan terus meningkat setiap tahunnya. Semakin meningkatnya jumlah populasi di kota Surabaya, maka akan semakin banyak sumber daya alam yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan dan keberlangsungan hidup penduduk. Pada akhirnya area persawahan, area lindung, serta lahan kosong menurun dan berubah fungsi menjadi area permukiman.

Bidang agrokompleks merupakan sektor bisnis yang mulai diminati oleh para profesional di era ini. Fakta ini didukung dari tingginya permintaan pasar terhadap hasil pertanian segar, komoditas ikan air tawar, pupuk, dan produk yang berpotensi ekspor lainnya. Di daerah Surabaya permintaan pasar dalam konsumsi jamur tiram mencapai dua ton per hari untuk satu area, usaha agrokompleks memang menjadi salah satu potensi di wilayah Surabaya. (Distan Surabaya, 2015).

Dari pengalaman lapang dan kondisi yang ada kami sebagai mahasiswa merasa bertanggung jawab untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan yang ada melalui program “Smart Agro Village System”. Sebuah Program pemberdayaan mantan penghuni eks lokalisasi Dolly dalam melakukan kreativitas usaha ke arah yang lebih positif dan progressive melalui usaha pengelolaan modern agro-complex yang berorientasi pada system zero waste dan high profit.

4. Artikel Ilmiah Populer

Pentingnya Pemahaman Terhadap Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Era Digital

Abstrak

Dalam era digital yang begitu dinamis, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar menjadi semakin penting. Artikel ini bertujuan untuk menyoroti kesalahan umum dalam berbahasa Indonesia yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Kesalahan berbahasa tidak hanya menjadi masalah komunikasi, tetapi juga dapat mencerminkan kualitas literasi dan pendidikan suatu bangsa. Melalui pemahaman terhadap kesalahan berbahasa, diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia mereka.

Pendahuluan

Dalam berkomunikasi, bahasa memiliki peran yang sangat penting. Kesalahan dalam penggunaan bahasa dapat menimbulkan kesalahpahaman dan merugikan pemakai bahasa. Oleh karena itu, penting bagi setiap individu untuk meningkatkan pemahaman terhadap kesalahan berbahasa Indonesia agar dapat berkomunikasi dengan lebih efektif.

Kesalahan Umum dalam Tata Bahasa

a. Kesalahan pada penggunaan tenses

Salah satu kesalahan umum adalah penggunaan tenses yang tidak sesuai konteks. Contohnya, penggunaan present tense untuk menyampaikan informasi yang seharusnya menggunakan past tense.

b. Kesalahan dalam penggunaan kata baku dan tidak baku

Penggunaan kata tidak baku yang seringkali diabaikan dapat menurunkan kualitas tulisan. Pemahaman terhadap perbedaan kata baku dan tidak baku sangat penting untuk menghindari kesalahan tersebut.

Kesalahan dalam Ejaan

a. Kesalahan dalam penggunaan huruf kapital

Beberapa orang seringkali salah dalam penggunaan huruf kapital, seperti menggunakan huruf kapital untuk kata-kata yang seharusnya tidak diawali huruf besar.

b. Kesalahan dalam penulisan singkatan dan akronim

Penulisan singkatan dan akronim yang tidak benar juga merupakan kesalahan yang sering terjadi. Pemahaman terhadap aturan penulisan singkatan dapat menghindarkan pembaca dari kebingungan.

Dampak Kesalahan Berbahasa dalam Konteks Digital

Dalam era digital, di mana komunikasi melalui media sosial dan pesan instan semakin mendominasi, kesalahan berbahasa dapat menjadi lebih terlihat dan berpotensi menyebar luas. Kesalahan tersebut tidak hanya menciptakan kesan kurang profesional, tetapi juga dapat mempengaruhi citra individu atau lembaga.

Upaya Peningkatan Kesadaran dan Pemahaman

Pentingnya meningkatkan kesadaran dan pemahaman terhadap kesalahan berbahasa tidak dapat dipandang sebelah mata. Pelatihan, workshop, dan kampanye literasi bahasa Indonesia dapat menjadi langkah-langkah efektif untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap kesalahan berbahasa.

Kesimpulan

Kesalahan berbahasa Indonesia tidak hanya menjadi tantangan dalam komunikasi sehari-hari tetapi juga mencerminkan tingkat literasi suatu masyarakat. Dengan memahami kesalahan-kesalahan tersebut, diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sehingga dapat menjaga kualitas komunikasi dan literasi bangsa.

5. Contoh Artikel Populer

Bahaya Bullying: Dampak Fisik dan Psikologis yang Merugikan

Tindakan bullying adalah perilaku kekerasan atau penindasan yang dilakukan oleh seseorang atau kelompok terhadap seseorang yang lebih lemah. Bullying dapat terjadi di mana saja, termasuk di sekolah, tempat kerja, dan lingkungan masyarakat.

Secara umum, bullying dapat dikategorikan menjadi dua jenis, yaitu bullying fisik dan bullying verbal. Bullying fisik adalah perilaku agresif yang dilakukan secara langsung, seperti memukul, menendang, mendorong, atau merebut barang milik orang lain. Sementara itu, bullying verbal adalah perilaku agresif yang dilakukan secara tidak langsung, seperti mengejek, memaki, menyebarkan rumor, atau mengabaikan orang lain.

Bahaya bullying dapat dirasakan oleh korban, pelaku, dan orang-orang di sekitar korban. Berikut adalah beberapa dampak bullying yang dapat merugikan korban:

Dampak fisik

  • Luka-luka fisik, seperti memar, lebam, atau patah tulang
  • Gangguan kesehatan, seperti gangguan tidur, sakit kepala, atau sakit perut
  • Gangguan pertumbuhan

Dampak psikologis

  • Depresi
  • Kecemasan
  • Gangguan makan
  • Gangguan tidur
  • Rasa takut dan cemas
  • Harga diri yang rendah
  • Pikiran untuk bunuh diri

Bullying juga dapat berdampak negatif pada pelaku. Pelaku bullying cenderung memiliki perilaku agresif dan antisosial. Mereka juga lebih berisiko terlibat dalam tindak kriminal di masa depan.

Untuk mencegah terjadinya bullying, perlu dilakukan upaya-upaya dari berbagai pihak, termasuk pemerintah, sekolah, keluarga, dan masyarakat. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah bullying:

  • Meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya bullying
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman bagi anak-anak dan remaja
  • Meningkatkan keterampilan sosial anak-anak dan remaja
  • Melatih anak-anak dan remaja untuk berani melawan bullying

Jika Anda atau orang yang Anda kenal menjadi korban bullying, segeralah laporkan kepada orang dewasa yang Anda percayai. Anda juga dapat menghubungi hotline bullying yang tersedia di berbagai daerah.

6. Contoh Artikel Ilmiah

Plastik: Manfaat dan Bahayanya

Pendahuluan

Plastik merupakan bahan yang sangat umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Plastik digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari kemasan makanan, peralatan rumah tangga, hingga mainan anak-anak. Plastik memiliki banyak manfaat, namun juga memiliki bahaya bagi lingkungan.

Manfaat Plastik

Plastik memiliki banyak manfaat, antara lain:

  • Kuat dan tahan lama: Plastik memiliki kekuatan dan ketahanan yang tinggi, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan daya tahan tinggi.
  • Mudah dibentuk: Plastik dapat dibentuk menjadi berbagai macam bentuk, sehingga dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan desain yang unik.
  • Murah: Plastik relatif murah dibandingkan dengan bahan lainnya, sehingga dapat digunakan secara luas.

Bahaya Plastik

Plastik juga memiliki beberapa bahaya, antara lain:

  • Tidak dapat terurai secara alami: Plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai secara alami. Hal ini menyebabkan plastik dapat menumpuk di lingkungan dan menjadi polutan.
  • Bisa menjadi sumber penyakit: Plastik dapat menjadi sumber penyakit jika tidak ditangani dengan benar. Hal ini karena plastik dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman.
  • Bisa berbahaya bagi hewan: Hewan yang memakan plastik dapat mengalami gangguan pencernaan atau bahkan kematian.

Penanggulangan Bahaya Plastik

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menanggulangi bahaya plastik, antara lain:

  • Mengurangi penggunaan plastik: Salah satu cara untuk mengurangi bahaya plastik adalah dengan mengurangi penggunaan plastik. Hal ini dapat dilakukan dengan membawa tas belanja sendiri, menggunakan botol minum sendiri, dan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.
  • Mendaur ulang plastik: Plastik yang sudah tidak digunakan dapat didaur ulang menjadi produk baru. Hal ini dapat mengurangi jumlah plastik yang berakhir di tempat pembuangan sampah.
  • Melakukan penelitian untuk mengembangkan plastik yang dapat terurai secara alami: Penelitian untuk mengembangkan plastik yang dapat terurai secara alami terus dilakukan. Hal ini diharapkan dapat mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan.

Kesimpulan

Plastik memiliki banyak manfaat, namun juga memiliki bahaya bagi lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan plastik secara bijak dan bertanggung jawab. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahaya plastik antara lain dengan mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang plastik, dan mendukung penelitian untuk mengembangkan plastik yang dapat terurai secara alami.

Ciri-Ciri Artikel Ilmiah yang Baik

Agar tulisanmu makin bagus, penting pula juga untuk memahami ciri-ciri artikel ilmiah yang baik agar kamu bisa menyeleksi referensi terbaik.

Berikut adalah beberapa ciri-cirinya:

  • Isinya objektif atau berdasarkan fakta dan data
  • Struktur tulisannya sistematis. yakni jelas dan logis pemaparannya
  • Pemilihan kata yang disampaikan presisi serta menghindari istilah-istilah yang tidak dipahami orang awam
  • Bahasa yang digunakan mudah dipahami dan relevan dengan latar pengetahuan target pembaca

***

Nah, itulah contoh artikel ilmiah populer berbagai topik yang bisa kamu ketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Jangan lupa juga untuk follow Google News kami agar selalu up to date.

Kunjungi juga Rumah123.com jika sedang mencari rumah idaman untuk keluarga.

Tersedia berbagai pilihan terbaik dan promo menarik yang selalu #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya