kesehatan mental

Kesehatan mental menjadi salah satu referensi penting yang harus kamu perhatikan terlebih selama masa WFH.

Pasalnya, saat ini faktor kesehatan mental menjadi parameter penting dalam meningkatkan produktivitas kerja sekalipun mengatur beban kerja.

Oleh sebab itu, kesehatan jasmani dan mental tak bisa dipisahkan satu sama lain mengingat akan sangat berpengaruh terhadap faktor fisik dan psikis.

Selain menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan, kamu pun harus menjaga mental dalam keadaan baik.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan mental selama masa WFH? Simak pembahasannya bersama-sama!

Produktivitas hal paling utama, ini cara terbaik dalam menjaga kesehatan mental selama masa WFH

Supaya kamu semakin bugar dan produktif, ada beberapa langkah terbaik dalam menjaga kesehatan mental sebagai berikut :

- Manajemen waktu secara baik dan benar

Mengatur rutinitas layaknya saat bekerja di kantor bisa menjadi solusi yang baik untuk diterapkan saat WFH.

Kamu pun bisa mengalokasikan berbagai komposisi waktu, tak melulu seputar pekerjaan maupun deadline saja.

Adapun, perencanaan waktu bisa kamu terapkan secara baik dan benar, sekalipun mempunyai schedule harian supaya aktivitas bekerja maupun rumah tangga terpenuhi dengan baik.

Dengan menetapkan pembatasan yang jelas antara jadwal kerja maupun jadwal pribadi, aktivitas pun tidak akan menyita waktu sekalipun menjaga kualitas waktu bersama keluarga dan sahabat.

- Sediakan ruangan khusus untuk bekerja secara produktif

Selama masa WFH, ada baiknya jika kamu bekerja dalam ruangan khusus baik secara mobile maupun bekerja di luar ruangan.

Adapun, studi membuktikan jika orang yang mengalami gila kerja cenderung sulit memperoleh waktu beristirahat cukup saat menggunakan kamar tidur sebagai ruang kerja.

Selain itu, penting untuk kamu saat bekerja di ruangan khusus agar mudah membedakan waktu antara urusan kantor sekalipun aktivitas pribadi.

- Jaga komunikasi dengan rekan maupun atasan

Selama masa WFH, menjaga komunikasi menjadi salah satu elemen terbaik dalam menjaga kesehatan mental sekalipun hubungan baik antara kamu dan atasan.

Pastikan kamu memiliki waktu khusus untuk melakukan pertemuan rutin secara virtual atau pembicaraan lewat sambungan telepon.

Dengan pertemuan virtual yang bisa dilakukan sehari-hari, kamu dan rekan maupun atasan secara spontan bisa lebih produktif di rumah dan menjaga hubungan positif secara baik.

- Lakukan detoks digital bila perlu

Kemajuan dan percepatan teknologi menjadi perhatian penting selama masa pandemi covid 19 supaya tetap terhubung secara penuh.

Meski demikian, terhubung terus dengan teknologi justru ternyata dapat mengurangi aspek kesehatan mental, khususnya membedakan kepentingan pekerjaan maupun pribadi. 

Oleh sebab itu, sebaiknya lakukan detoks digital atau berhenti menggunakan berbagai perangkat komunikasi di malam hari, sehingga kamu memiliki waktu cukup untuk keluarga.

Selain faktor tersebut, detoks digital juga dapat mengurangi bahaya nomophobia yang cukup membahayakan aktivitas di rumah.

- Berkeliling di sekitar rumah

Mengisolasi diri akan sangat membahayakan terhadap kesehatan mental, sehingga hal ini perlu diperhatikan secara saksama.

Kamu pun bisa berkeliling di dekat rumah, sekalipun menghirup udara secara bebas untuk memperoleh sinar matahari dengan baik.

Meski demikian, berkeliling di sekitar rumah tetap harus menjaga protokol kesehatan dengan selalu menggunakan masker saat melakukan jalan baik saat pagi maupun sore hari.

- Mempelajari hal baru

Untuk membuka pengetahuan dan penalaran logis, kamu pun bisa mempelajari hal-hal baru, baik memanfaatkan video online maupun jenis aktivitas lainnya sebagai cara menjaga kesehatan mental.

Kamu pun bisa mempelajari ilmu secara virtual maupun belajar memasak sekalipun bercocok tanam untuk meningkatkan produktivitas di rumah.

Dengan mempelajari hal baru, produktivitas kerja pun semakin meningkat karena dapat memudahkan aktivitas WFH.

  • Tetap berolahraga 

Keseimbangan hidup adalah hal penting, sehingga kamu pun tetap harus berolahraga meski masa WFH.

Ada berbagai jenis aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan, baik aktivitas dalam ruangan maupun luar ruangan.

Sebagai contoh, ada dua aktivitas berolahraga yang baik untuk dilakukan di rumah, yakni bersepeda maupun yoga.

Kedua jenis olahraga ini akan sangat baik untuk menyeimbangkan kesehatan jasmani dan mental.

Melalui bersepeda, kesehatan jasmani dan organ tubuh menjadi lebih produktif sekalipun pergerakan tubuh dapat berfungsi secara maksimal.

Sementara, Yoga bermanfaat sebagai media relaksasi tubuh yang dapat meningkatkan kesehatan mental, sehingga menghasilkan aura positif dalam diri kamu.

Itulah beberapa cara terbaik dalam menjaga kesehatan mental selama masa WFH di rumah, sekalipun bisa menunjang produktivitas kerja dengan baik.

Temukan berbagai aktivitas produktif terbaik dari rumah, selengkapnya di Rumah123.

"Yuk cari tahu apartemen superblock idaman bersama Transpark Juanda di sini selengkapnya."

Bagikan:
863 kali