Biro Arsitek Asal Amerika Serikat, Adrian Smith + Gordon Gill Architecture Mendesain Gedung Tertinggi Ketiga di Dunia, Shenzhen-Hong Kong International Center di Shenzhen, China (Foto: Rumah123/Dezeen/Adrian Smith + Gordon Gill Architecture)

China berencana membangun gedung pencakar langit setinggi 700 meter di Shenzhen. Gedung tertinggi ketiga di dunia itu bernama Shenzhen-Hong Kong International Center.

Biro arsitek asal Amerika Serikat, Adrian Smith + Gordon Gill Architecture mendesain menara pencakar langit ini. Firma ini baru berdiri pada 2016, namun sudah dikenal merancang sederetan gedung super tinggi.

Gedung ini merupakan kantor pusat perusahaan pengembang asal China, Shiamo Group. Arsitek sempat merilis desain gedung ini pada Mei 2018.

Baca juga: Kayak Gimana Ya Menginap di Hotel Tertinggi di Dunia?

Lokasi menara pencakar langit ini berada di antara Longcheng Park dan Dayun National Park. Adrian Smith + Gordon Gill Architecture juga mengembangkan kawasan Longgang yang menjadi lokasi menara pencakar langit tersebut.

Arsitek mendesain bangunan ini seperti memiliki bentuk manusia. Arsitek mengmbil inspirasi dari beberapa tempat olahraga yang berada di kawasan ini.

“Hasilnya seperti ekspresi otot dalam bentuk kaca yang paling baik, dengan lapisan tekstur yang menggambarkan elemen tersebut membentuk sesuatu,” ujar co-founder Adrian Smith + Gordon Gill Architecture, Adrian Smith seperti dikutip oleh Dezeen.

Baca juga:  Seperti Apa Sih Kerja di Menara Pencakar Langit Tertinggi Keempat di Dunia?

Nantinya, gedung ini memiliki dek observasi tertinggi di dunia, restoran, klub malam, fasilitas spa, dan juga kolam renang. Saat malam, gedung ini akan menampilkan pertunjukan lampu, visual, dan suara yang keren.

Shenzhen-Hong Kong International Center ini hanya kalah dari Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab dengan ketinggian 828 meter dan juga Jeddah Tower di Jeddah, Arab Saudi yang memiliki tinggi 1.000 meter. Adrian Smith + Gordon Gill Architecture juga yang mendesain Jeddah Tower yang masih dibangun.

Bandingkan tingginya dengan Monumen Nasional atau Monas, ikon Jakarta yang hanya memiliki tinggi sekitar 132 meter. Shenzhen-Hong Kong International Center ini tingginya 5,3 kali Monas. Hmm, terbayang nggak sih tinggi banget. Kira-kira kapan ya, Indonesia punya pencakar langit setinggi ini?

Baca juga:  India Pamer Patung Tertinggi di Dunia, Tingginya Setara Gedung 50 Lantai

Bagikan: 1380 kali