daftar pustaka Suara.com

Dalam merancang tugas akhir, cara menulis daftar pustaka dari internet merupakan hal yang sangat penting untuk kamu ketahui.

Pasalnya sumber dari internet kerap menjadi salah satu hal yang cukup valid dalam mendukung beberapa pendekatan maupun rumusan masalah baik di skripsi maupun makalah.

Untuk diketahui, kampanye anti plagiarisme kini banyak dilakukan untuk memastikan kualitas hasil publikasi yang baik sehingga harus dicermati seperti saat ini.

Dalam dunia digital maupun akademik, plagiarisme memang sulit untuk dihindarkan terlebih saat kamu menulis berbagai referensi ilmiah.

Meski terkesan mudah untuk dilakukan, namun cara menulis daftar pustaka dari internet memiliki teknik tertentu yang harus diketahui dengan benar.

Supaya publikasi ilmiah, skripsi hingga tesis kamu dalam bentuk yang otentik, simak beberapa cara menulis daftar pustaka dari internet berikut ini. 

Bagian Penting Daftar Pustaka Internet 

Sebelum kamu mengetahui hal-hal berkaitan dengan teknik penulisan, ada beberapa bagian penting yang harus diketahui berikut ini. 

1. Nama 

Cara penulisan nama untuk artikel internet tidak berbeda dengan penulisan nama dan sumber buku maupun artikel cetak. 

Kamu bisa mengetahui penulis artikel pada rubrik about us, atau bisa juga melalui laman depan di bagian bawah artikel.

2. Tahun Penayangan 

Tuliskan tahun penayangan maupun jadwal publikasi artikel yang berada di bagian bawah setelah nama penulis.

3. Judul 

Judul artikel tidak ditulis secara italic, melainkan hanya diapit tanda kutip. 

4. URL 

Pastikan untuk mengutip URL sumber dari internet secara lengkap. 

5. Waktu Pengambilan 

Pada bagian akhir, cantumkan waktu pengambilan artikel internet tersebut dari internet secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat mengunduh maupun menjadikannya sebagai referensi.

Masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet itu berbeda dengan penulisan dari sumber cetak.

Tanda titik (.) sebagai batas hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan. 

Jika pembatasan judul ke Link dan dari Link ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,). 

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet Melalui Berbagai Pendekatan 

daftar pustaka yang benar Media Indonesia

Dalam prosesnya, ada beberapa jenis pendekatan yang bisa kamu lakukan dalam menulis daftar pustaka internet secara lengkap berikut ini :

1. Menulis Daftar Pustaka Internet Format APA Style 

Langkah pertama bisa kamu lakukan dari internet melalui teknik American Psychological Association (APA) dalam bidang psikologi. 

Kamu bisa melakukan pendekatan dengan format nama situs, artikel dibuat, waktu diakses, URL web dengan contoh : 

Artikel.rumah123.com (2021, 4 Agustus). Mengenal Seluk Beluk Biaya Pemindahan Tiang Listrik PLN Terlengkap 2021, dari  https://artikel.rumah123.com/mengenal-seluk-beluk-biaya-pemindahan-tiang-listrik-pln-terlengkap

2. Format MLA Style 

Kamu bisa gunakan cara menulis daftar pustaka dari internet dengan format Modern Language Association (MLA) dengan rumus. 

Judul artikel, nama web, tanggal pembuatan artikel, waktu akses, URL. Sebagai catatan, gunakan URL yang lengkap bukan secara garis kecil saja.

Mengenal Seluk Beluk Biaya Pemindahan Tiang Listrik PLN Terlengkap 2021”. artikel.rumah123.com. 4 Agustus 2021. 26 Oktober 2021. https://artikel.rumah123.com/mengenal-seluk-beluk-biaya-pemindahan-tiang-listrik-pln-terlengkap.

3. Melalui Format MHRA Style 

Pendekatan Modern Humanities Research Association menggunakan format sederhana secara melalui langkah mudah berikut ini : 

Nama situs. “Judul artikel, deskripsi web, tanggal artikel, <alamat website/URL>[Waktu akses}

Contoh penulisan : 

artikel.rumah123.com, “Mengenal Seluk Beluk Biaya Pemindahan Tiang Listrik PLN Terlengkap 2021”, 4 Agustus 2021.<https://artikel.rumah123.com/mengenal-seluk-beluk-biaya-pemindahan-tiang-listrik-pln-terlengkap-2021>[Diakses,26 Oktober 2021].

4. Format CSE Style 

Cara menulis daftar pustaka dari internet dengan format Council of Science Editors (CSE) memiliki susunan mudah dengan langkah berikut :  Nama website, judul artikel, deskripsi website, tanggal artikel dibuat [tanggal akses], url lengkap dengan contoh antara lain.  artikel.rumah123.com. Portal Properti. Mengenal Seluk Beluk Biaya Pemindahan Tiang Listrik PLN Terlengkap 2021. 4 Agustus 2021. 09.00 [Diakses 26 Oktober 2021]. Diakses dari  https://artikel.rumah123.com/mengenal-seluk-beluk-biaya-pemindahan-tiang-listrik-pln-terlengkap-2021

5. Cara Menulis Daftar Pustaka dari Internet dengan Nama 

Apabila ada nama penulis yang tertera langsung, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut dengan mencantumkan juga tahun terbitnya :

Apriathama, Reyhan.2021. “Mengenal Seluk Beluk Biaya Pemindahan Tiang Listrik PLN Terlengkap 2021https://artikel.rumah123.com/mengenal-seluk-beluk-biaya-pemindahan-tiang-listrik-pln-terlengkap-2021. Diakses pada 26 Oktober 2021. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang menulis daftar pustaka dari internet secara lengkap melalui beberapa pendekatan mudah.

Temukan informasi menarik seputar tips dan gaya hidup, selengkapnya di Rumah123

"Cari tahu keunggulan Cisauk Point di sini."

Bagikan:
902 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia