biaya membuat WC sederhana

Penasaran kira-kira berapa biaya membuat WC sederhana untuk kamar mandi rumah? Berikut perkiraan biaya yang perlu kamu persiapkan.

Biaya membuat WC sederhana seringkali menjadi permasalahan ketika kamu ingin melakukan renovasi atau pun membuat kamar mandi baru.

Perlunya perhitungan matang atau estimasi biaya yang tepat, sangat bermanfaat dalam penyesuaian budget yang dimiliki.

Rencana anggaran biaya pembuatan kamar mandi sederhana dengan WC jongkok akan lebih murah dibandingkan jika kamu menggunakan WC duduk.

Meskipun, popularitas WC jongkok sudah tersingkirkan oleh WC duduk, namun WC jongkok dipercaya dapat membantu pencernaan kamu lebih baik.

Hal ini dikarenakan, posisi jongkok akan membantu kotoran lebih mudah keluar, otot-otot dinding perut berkontraksi lebih bagus daripada duduk.

Lalu, bagaimana dengan biaya membuat kamar mandi sederhana ukuran 2x2 meter atau 1x1 meter ? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Ukuran Kamar Mandi WC Jongkok

Sebelum membahas biaya membuat WC sederhana, kamu perlu tahu dahulu berapa ukuran standar untuk kamar mandi dan berapa ukuran yang akan kamu gunakan.

Meskipun, ukuran kamar mandi WC jongkok ini akan disesuaikan dengan kebutuhan serta keinginan kamu, selaku pemilik rumah.

Tetapi, kamar mandi memiliki ruangan yang umumnya dibangun dengan cukup bervariasi. Mulai dari 1x1, 2x2, 3x3 hingga 4x4 meter.

Oleh karena itulah, biaya membuat kamar mandi ukuran 1x1 meter, biaya membuat kamar mandi ukuran 2x2 meter.

Atau juga biaya buat kamar mandi 1.5x1.5 meter akan berbeda, mengikuti luas yang akan dibuat.

Biaya Membuat WC Sederhana Kloset Jongkok

Setelah kamu mengetahui ukuran kamar mandi yang ingin kamu buat, selanjutnya kamu perlu membuat perkiraan biaya yang diperlukan.

Nah, berikut estimasi biaya untuk pembelian bahan material bangunan serta biaya lain dalam pembuatan kamar mandi sederhana dari berbagai sumber.

1. WC Jongkok SNI: Rp300.000

2.  Keramik kamar mandi ukuran 40x40 cm: Rp1.000.000

3. Ongkos pekerja (pemborong) untuk kamar mandi ukuran 3x3 m: Rp1.200.000

4. Shower tiang: Rp700.000, bisa tidak dimasukkan dan menggantinya dengan ember besar

5.  Rak minimalis (opsional): Rp250.000

6.  Wastafel: Rp300.000

7. Cermin (opsional): Rp100.000

Biaya tak terduga 10% dari total biaya di atas. Hal ini untuk meng-cover biaya-biaya tak terduga yang sering kali muncul dalam pembangunan.

Misalnya saja, total biaya membuat WC sederhana Rp3.850.000, maka 10% dari biaya tidak terduga yang perlu kamu anggarkan sekitar Rp385.000.

Perlu kamu ketahui, harga di atas belum termasuk biaya pembuatan septic tank, ya. Oleh karena itu, kamu juga perlu menentukan jenis septic tank dan menganggarkan kembali biayanya.

Biaya membuat kamar mandi budget 3 juta tersebut bisa kamu gunakan sebagai estimasi biaya membuat kamar mandi sederhana ukuran 2x2 atau 3x3 meter.

Nah, mungkin biaya kamar mandi budget 2 juta, bisa kamu gunakan sebagai anggaran untuk membuat kamar mandi sederhana 1x1 m. Namun, tetap diperhitungkan lagi ya, detailnya.

Sedangkan, bagi kamu yang ingin membuat kamar mandi WC duduk, biaya pembuatan WC duduk pun dapat kamu sesuaikan dengan harga WC duduk itu sendiri.

Semoga estimasi biaya membuat WC sederhana ini berguna untuk kamu yang ingin membuat kamar mandi sederhana, ya.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Waterfront Estates.

Bagikan:
2428 kali