Hanya dengan bermodalkan Rp100 juta saja, biaya bangun rumah ini bisa menghasilkan hunian mewah dilengkapi dengan carport

Kalau tidak percaya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Biaya Bangun Rumah Minimalis 40 M2 Tak Sampai Rp100 Juta 

bangun rumah

Memang benar, untuk bisa  memiliki sebuah rumah idaman itu perlu banyak pertimbangan dan persiapan yang matang, khususnya dari segi finansial. 

Mempertimbangkan harga tanah dan juga bahan bangunan yang kian meroket, biaya bangun rumah pun juga menjadi semakin tinggi. 

Namun jangan khawatir dan putus asa dulu, dengan panduan yang tepat, kamu bisa menemukan solusi untuk membangun istanamu dengan dana yang terbatas sekalipun. 

Contohnya bisa kamu temukan lewat inspirasi rencana anggaran biaya atau RAB rumah minimalis milik akun YouTube Mas Wahyu

Terletak di wilayah perkampungan, hunian yang satu ini dibangun di atas lahan berukuran 7,5 x 12 meter dengan total luas bangunan 40 m2 yang diapit oleh area hutan di kiri dan kanan. 

Perhitungan detail untuk biaya bangun rumah minimalis Mas Wahyu ini hanya menghabiskan sekitar Rp97 jutaan saja hingga jadi. 

Kalau kamu tak percaya, langsung intip tips dan trik yang digunakan berikut ini. 

Rincian Biaya Bangun Rumah Minimalis Hemat Budget

bangun rumah

Dalam biaya tak sampai Rp100 juta tersebut sudah lengkap dengan instalasi listrik, air, sewa tukang, sampai ke pagar rumah minimalis

Menurut Mas Wahyu, kunci utama supaya bisa menghemat pengeluaran konstruksi secara keseluruhan adalah dengan menekan anggaran yang paling besar di bagian-bagian tertentu. 

Semisal biaya sewa tukang yang kerap memakan biaya bangun rumah terbesar. 

Ia memilih menggunakan jasa konstruksi dari para tukang dengan sistem harian dan bukan borongan. 

Dengan menggunakan sistem sewa tukang harian inilah ia bisa menekan RAB rumah dan juga mendapat kebebasan untuk melakukan belanja kebutuhan material sendiri. 

Membeli material langsung tanpa lewat perantara tukang pastinya dapat memberikanmu kendali penuh soal budget serta spesifikasi produk yang diinginkan untuk konstruksi. 

Tentu saja cara ini baiknya dilakukan hanya jika kamu memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup seputar dunia konstruksi dan properti. 

Jangan sampai cuma gara-gara ingin menghemat biaya bangun rumah minimalis yang paling murah, kamu justru mengorbankan kualitas atau bahkan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. 

Tidak boleh ketinggalan juga, sebaiknya kamu perlu berkonsultasi dengan para pekerja dan tukang sebelum berbelanja material supaya proses pengerjaannya nanti bisa berjalan lancar. 

Detail Ukuran Rumah Minimalis 

bangun rumah

Kalau kamu tertarik menjadikan contoh biaya bangun rumah minimalis yang satu ini untuk referensi, berikut kami sajikan detail ukuran setiap bagian hunian. 

- Teras kecil berukuran 1 x 1,5 meter - Ruang tamu minimalis berukuran 3 x 4,5 meter dengan tinggi lantai ke plafon 3,6 meter - Kamar tidur anak 1 berukuran 2,8 x 2 meter - Kamar tidur anak 2 berukuran 2,8 x 2 meter - Kamar tidur utama berukuran 2,5 x 3 meter - Area cuci dan jemur berukuran 2,5 x 7,5 meter  - Dapur minimalis berukuran 1,8 x 3 meter  - Kamar mandi 1 berukuran 1,2 x 1,6 meter - Kamar mandi 2 berukuran 1,5 x 1,3 meter

Kebutuhan Bahan Bangunan 

Berikut ini daftar keperluan material dalam rincian biaya bangun rumah Mas Wahyu yang bisa kamu pertimbangkan ketika menyusun RAB. 

- Batu kumbung - 100  - Semen - 120 sak - Pasir - 4 rit  - Tanah urug - 4 rit  - Bata merah - 100 ribu  - Besi 8 - 110 lonjor  - Besi 10 - 4 lonjor - Besi 6 - 35 lonjor  - Batu koral 2 colt - 300  - Kalsium - 8 sak  - Lisplang - 20 batang - Batako - 250 - Keramik 40 x 40 - 40 dus 

Itu dia tadi ulasan lengkap biaya bangun rumah minimalis yang bisa kamu jadikan contoh.

Temukan beragam inspirasi hunian menarik lainnya di artikel.rumah123.com!

Intip juga proyek properti terbaik di Lexington Residence!

Bagikan:
20286 kali