House cleaning product Ilustrasi. (Rumah123/iStockphoto)

Sebagai mom and dad, kamu pasti ingin mengajarkan banyak hal kepada anak termasuk tanggung jawab. Salah satunya yang simpel adalah membantu pekerjaan rumah di dapur dengan mencuci piring.

Memberikan tugas berupa mencuci piring bagi anak juga berarti memberikan pelajaran soal kebersihan dan kontribusi terhadap keluarga.

Selain itu, kegiatan ini bisa memperkuat keharmonisan keluarga dan rasa saling memiliki dalam keluarga. Nah, untuk lebih jelasnya lihat dulu yuk seperti apa tips berbagi pekerjaan rumah dengan anak.

Pertama, kamu harus mengajak semua anak untuk berkontribusi, tentunya kalau anak kamu lebih dari satu. Kamu harus membagi tugas. Ada yang mengangkat peralatan makan yang kotor, mencuci, membilas, hingga mengelap hingga bersih.

Baca juga: Gampang Kok Bikin Dapur Bergaya Minimalis

Kedua, kamu mesti membuat pembagian tugas sesuai umur. Kalau masih terlalu kecil, biarkan dia membantu sebatas kemampuannya dan jangan lupa untuk didampingi.

Ketiga, kamu harus mengajari urutan mencucui peralatan makan dengan benar. Coba untuk mengajarkan urutan mulai dari mencuci gelas, sendok, garpu, piring dan kemudian mangkuk. Tentunya agar mencuci menjadi lebih efektif dan efisien.

Keempat ,kamu mesti memakai sabun pencuci piring yang lembut dan aman bagi anak-anak. Jangan sampai tangan anak-anak menjadi gatal karena salah sabun pencuci piring.

Kelima, kamu tidak boleh lupa untuk melayangkan pujian. Setelah anak menyelesaikan tugasnya, jangan lupa untuk berterima kasih atau bisa juga memberikan hadiah kepada anak. Hal ini akan memotivasi anak ketika melakukan sesuatu.

Bagikan:
1593 kali