koruptor termuda indonesia

Inilah 5 daftar nama koruptor termuda di Indonesia yang pernah ditangkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Yuk, simak siapa saja sosoknya!

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai sosok yang dijuluki koruptor termuda di Indonesia yakni Nur Afifah Balqis, kini saatnya kita mengetahui daftar 5 koruptor termuda yang pernah berurusan dengan pihak berwajib.

Praktek KKN masih menjadi persoalan yang terus terjadi di lingkungan pemerintahan Indonesia dan sekitarnya.

Padahal, hal tersebut sangat merugikan masyarakat yang sedang susah dikala harga kebutuhan pokok yang terus meningkat.

Terlebih lagi, kegiatan korupsi ini dilakukan oleh para anak muda yang bisa dikatakan menjadi masa depan Bangsa Indonesia.

Siapa saja sosok tersangka korupsi yang pernah tertangkap?

Yuk, langsung saja kita simak daftar 5 koruptor termuda di Indonesia berikut ini, melansir Tribunnews.com.

5 Koruptor Termuda Indonesia

1. Zumi Zola

Koruptor termuda indonesia zumi zola Sumber: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama/18

Zumi Zola Zulkifli lahir di Jakarta, pada 31 Maret 1980 yang merupakan anak pertama dari ayah Zulkifli Nurdin dan ibu Harmina Djohar.

Zumi Zola menjadi Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk periode 2011 sampai 2016, berpasangan dengan Ambo Tang sebagai Wakil Bupati.

Kemudian Zumi Zola mundur pada 6 Oktober 2015 karena maju dalam Pemilihan umum Gubernur Jambi 2015 dan wakilnya, Ambo Tang diangkat menjadi Bupati Tanjung Jabung Timur untuk menjalani sisa masa jabatan 2011-2016.

Sayangnya, pada Februari 2018, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap RAPBD Jambi tahun anggaran 2018 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

2. Angelina Sondakh

Angelina Patricia Pingkan Sondakh, lahir 28 Desember 1977 di Armidale, Australia.

Ia lebih dikenal sebagai Angelina Sondakh yang sebelum terjun ke dunia politik pernah menjadi seorang artis, dan model asal Indonesia.

Ia mulai dikenal setelah mewakili provinsi Sulawesi Utara dan terpilih menjadi pemenang pada kontes kecantikan nasional, yaitu Puteri Indonesia 2001.

Selanjutnya, ia terjun ke dunia politik dan terpilih sebagai Anggota DPR Republik Indonesia periode 2004–2009 dan 2009–2014 dari Partai Demokrat.

Angelina Sondakh tersandung kasus korupsi terkait Wisma Atlet Hambalang pada tahun 2012 lalu.

3. M Syahrial

Koruptor termuda indonesia Sumber: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj

M Syahrial lahir di Tanjung Balai, Sumatera Utara, pada tanggal 17 Agustus 1988.

Ia merupakan Wali Kota Tanjungbalai yang pernah meraih rekor Muri sebagai wali kota termuda se-Indonesia.

Penghargaan itu dia terima di Jakarta pada tanggal 27 April 2017.

Pada tanggal 17 Februari 2016, bertempat di Lapangan Merdeka-Medan, M Syahrial bersama dengan Drs. H. Ismail dilantik menjadi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjung Balai periode 2016-2021 oleh Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi MSi.

Tetapi pada tahun 2021 KPK menetapkan Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial sebagai tersangka kasus dugaan korupsi lelang jabatan di Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai pada 2019.

Syahrial memberikan uang suap kepada Robin mencapai Rp1.695.000.000,00 untuk meminta bantuan kepada Robin karena ada permasalahan ketika ia ingin kembali maju dalam pilkada Tanjungbalai.

4. Muhammad Nazarudin

Muhammad Nazaruddin lahir di Bangun, Simalungun, Sumatera Utara pada 26 Agustus 1978.

Setelah menjabat sebagai Bendahara Umum Partai Demokrat pada tahun 2010, pada tahun 2011 Komisi Pemberantasan Korupsi menjadikannya tersangka kasus suap pembangunan wisma atlet Hambalang untuk SEA Games ke-26.

5. Nur Afifah Balqis

Nur Afifah Balqis

Koruptor termuda di Indonesia yang terakhir ada Nur Afifah Balqis.

Ia merupakan Bendahara Partai Demokrat Balikpapan.

Nur Afifah Balqis yang masih berumur 24 tahun menjadi tersangka korupsi yang menampung suap Bupati Penajam Paser Utara.

Penangkapan Nur Afifah Balqis tersebut bermula saat KPK menetapkan Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, Abdul Gafur Masud sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek dan perizinan Pemkab PPU. 

Ternyata setelah ditelusuri, wanita berhijab tersebut ikut terseret dalam kasus dugaan suap yang dilakukan Abdul Gafur Masud. 

Wanita cantik itu menyimpan uang di rekening bank nya sebesar Rp447 juta yang diperoleh dari penggelapan dana proyek di Penajam Paser Utara.

Nah, itulah 5 sosok koruptor termuda Indonesia yang bisa kamu ketahui.

Semoga bermanfaat, ya!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Grand Teratai Sidoarjo.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Bagikan:
299 kali