OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Bangga! Kementerian ATR/BPN Berhasil Selamatkan Rp643,9 Triliun Aset Negara

07 Agustus 2023 · 2 min read Author: Christantio Utama

kementerian ATRBPN Berhasil Selamatkan Rp643,9 Triliun Aset Negara

Sumber: Liputan6.com

Kementerian ATR/BPN sukses menyelamatkan Rp643,9 triliun aset negara melalui program sertifikasi tanah yang sudah berjalan.

Program sertifikasi tanah yang dicanangkan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan dampak yang positif untuk seluruh masyarakat.

Khususnya dalam hal status kepemilikan tanah.

Selain untuk masyarakat, program sertifikasi tanah juga ternyata mampu memberikan dampak baik bagi pemerintah pada pengelolaan aset negara.

Bahkan nilai aset yang diselamatkan mencapai ratusan triliun rupiah.

Penasaran dengan informasinya?

Yuk, langsung saja kita simak berita tentang Kementerian ATR/BPN yang sukses menyelamatkan aset negara berikut ini, melansir Detikcom.

Kementerian ATR/BPN Selamatkan Aset Negara Senilai Rp643,9 Triliun

sertifikasi tanah selamatkan aset negara

Sumber: Shutterstock

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menjelaskan bahwa kementeriannya telah menyelamatkan aset-aset negara melalui program sertifikasi tanah aset.

Estimasi nilai aset yang terselamatkan mencapai Rp 643,9 triliun.

Walaupun begitu, menurutnya masih banyak aset pemerintah yang belum terdaftar dan bersertifikat, termasuk situ dan danau.

“Banyak sekali aset negara yang sampai saat ini belum disertipikatkan termasuk situ dan danau. Masyarakat tidak tahu pasti apakah tinggal di atas sempadan sungai, danau, atau pantai. Oleh sebab itu, saya minta semua untuk memberikan data di mana batas sempadan sungai, pantai, danau agar semua bisa disertipikatkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (5/8/2023).

Hadi Tjahjanto menerangkan, Kementerian ATR/BPN terus bekerja sama dengan pemerintah daerah (pemda) untuk mensertifikatkan aset.

Tetapi di lapangan masih terdapat sejumlah kendala, seperti dalam hal pencarian letak aset, luas bidang tanah, ataupun batas tanahnya.

“Oleh sebab itu, kami mohon bantuan dari pemda untuk memberikan dokumen-dokumen aset yang tersebar baik yang di kota maupun kabupaten dan bekerja sama di lapangan untuk mengamankan aset ini,” tambahnya

Dengan begitu, diharapkan bahwa kedepannya akan semakin banyak aset pemerintah yang terkait dengan sertifikasi tanah yang bisa diselamatkan pemerintah.

 

***

Itulah tadi informasi singkat tentang Kementerian ATR/BPN yang sukses menyelamatkan Rp643,9 triliun aset negara.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Kunjungi situs Rumah123.com untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Cimanggis Golf Estate Depok.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA