OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kementerian PUPR Launching Aplikasi Dinda untuk Permudah Layanan Program Perumahan

08 Desember 2023 · 2 min read Author: Shafira Chairunnisa

Aplikasi Dinda

sumber: istimewa

Kementerian PUPR gandeng Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Jawa Tengah untuk meluncurkan aplikasi Display Interaktif Melalui Chatbot untuk Anda atau DINDA.

Aplikasi ini dibuat untuk agar masyarakat mendapatkan informasi tentang Klinik Rumah Swadaya, Kriteria Rumah Layak Huni, Tahapan Membangun Rumah, mulai dari tahap perencanaan, konstruksi, pengawasan dan pemanfaatannya.

Untuk mengakses aplikasi DINDA, masyarakat dapat mengklik laman www.scukrsjawa3.com.

Apa saja kelebihan dari aplikasi ini?

Simak penjelasannya di bawah ini!

Aplikasi DINDA Buatan PUPR untuk Masyarakat Indonesia

aplikasi dinda kementerian pupr

sumber: istimewa

DINDA merupakan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah masyarakat yang ingin membangun rumah di Indonesia.

“Melalui aplikasi ini kami ingin mempermudah masyarakat yang ingin membangun atau meningkatkan kualitas rumah dengan interaksi dengan chatbot yang bisa melayani informasi selama 24 jam,” ujar Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, M. Salahudin Rasyidi saat meluncurkan Aplikasi DINDA di D.I. Yogyakarta, Selasa (5/12/2023).

Menurut Salahudin Rasyidi, pembangunan infrastruktur perumahan khususnya rumah swadaya sangat dibutuhkan bagi masyarakat.

Namun demikian, mengingat kemampuan dana APBN yang terbatas membuat Direktorat Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR terus berinovasi agar pelayanan informasi bagaimana membangun rumah secara swadaya bisa diakses secara luas oleh masyarakat.

Berdasarkan Undang-Undang sendiri, negara perlu hadir guna memberikan hak dasar kepada masyarakat seperti papan.

Oleh karena itu, dibuatlah Program Sejuta Rumah agar backlog perumahan bagi masyarakat baik dari sisi kepemilikan dan kepenghunian dapat berkurang.

Aplikasi DINDA Berhasil Dibuat dengan Bantuan dari Universitas Katolik Soegijapranata

Dengan bantuan dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, aplikasi ini berhasil diselesaikan dan dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

Dalam aplikasi DINDA, masyarakat dapat menemukan berbagai informasi mengenai cara membangun rumah dengan mudah beserta rincian anggaran biayanya.

“Kami juga mengajak mahasiswa jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur untuk membuat bank desain rumah sederhana melalui aplikasi ini. Jadi masyarakat yang memiliki anggaran terbatas bisa menggunakan bank desain untuk memilih desain rumah impiannya,” terangnya.

Kegiatan launching DINDA sendiri dilaksanakan pada workshop bertemakan “Inovasi Dan Kolaborasi Multisektoral Dalam Penanganan Perumahan Penataan Kawasan Bandengan Karangsari di Kendal.”

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai instansi baik Satuan Kerja Penyediaan Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan masih banyak lagi.

***

Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Pantau terus artikel properti teranyar hanya di artikel.rumah123.com dan Google News kami.

Sedang mencari hunian minimalis di Jakarta Selatan?

Akses www.rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu untuk temukan beragam pilihan menarik!


Tag: , ,


Shafira Chairunnisa

Content Writer

Lulusan Hubungan Internasional di Universitas Katolik Parahyangan dan pernah bekerja sebagai jurnalis di media nasional. Sekarang fokus menulis tentang properti, gaya hidup, desain, dan politik luar negeri. Senang bermain game di waktu senggang.
Selengkapnya