OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Tahun 2045 Pulau Jawa Semakin Padat, Apartemen Dianggap Jadi Solusi Terbaik

01 September 2023 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman

apartemen jadi solusi terbaik

apartemen solusi terbaik, sumber: shutterstock.com

Pembangunan apartemen dianggap menjadi solusi terbaik untuk masyarakat perkotaan, terutama bagi mereka yang tinggal di kota-kota besar.

Hal ini dikarenakan pada tahun 2045 mendatang peningkatan masyarakat yang tinggal di perkotaan diprediksi meningkat hingga 72,8 persen, seperti dilansir dari kompas.com.

Bahkan, 90 persen penduduk Indonesia diproyeksikan bakal tinggal di pulau-pulau padat seperti Jawa.

Dengan demikian, kota-kota besar dan daerah peri urban pun diperkirakan bakal membentuk mega urban pada tahun tersebut.

Fenomena ini pun memantik perhatian Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mulai menginisiasi pembangunan hunian vertikal di kawasan perkotaan.

Iwan Suprijanto selaku Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian PUPR menyebut bahwa pembangunan hunian vertikal, termasuk apartemen yang berada di kawasan perkotaan, mesti terus digalakkan.

“Dalam jangka panjang, pembangunan hunian vertikal di kawasan perkotaan mau tidak mau harus dilakukan guna menyediakan hunian bagi masyarakat,” kata Iwan Suprijanto, dikutip dari kompas.com.

Proyek Hunian Vertikal Butuh Kerja Sama Pemangku Kepentingan

hunian vertikal

sumber: pupr

Guna merencanakan proyek hunian vertikal di perkotaan padat penduduk, kombinasi tiap-tiap elemen sangatlah penting.

Dalam artian, proyek hunian vertikal bisa terwujud jika ada kerja sama antarpemangku kepentingan.

Adapun tujuannya untuk mengejewantahkan proyek pembangunan terpadu dan terjangkau bagi masyarakat, terlebih kelas menengah ke bawah.

Nantinya, pada pelaksanaan pembangunan perumahan juga diperlukan kolaborasi berbagai pihak dan Kementerian/Lembaga (K/L) berperan sebagai regulator.

Adapun tahapan yang bisa dilakukan meliputi legalitas lahan, program pembiayaan perumahan, penyelenggaraan penyediaan perumahan, penyediaan infrastruktur dasar perumahan, hingga keandalan bangunan dan tata ruang wilayahnya.

Merujuk pada tahapan tersebut, kolaborasi yang bisa dilakukan melingkupi berbagai pihak.

Pihak tersebut meliputi Kementerian PUPR dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementeruan Keuangan (Kemenkeu), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan masih banyak lagi.

Masa Depan Apartemen di Indonesia

Berangkat dari ketersediaan lahan yang semakin terbatas, pilihan terhadap hunian vertikal, termasuk apartemen bisa menjadi solusi.

Akan tetapi, tentu saja pembangunan tersebut tidak semudah membalikkan tangan.

Selain harga properti yang terus menerus melambung dari tahun ke tahun, stigma apartemen atau hunian vertikal hanya untuk kalangan atas masih melekat dalam pandangan masyarakat.

Lantas, benarkah demikian?

Kamu bisa menemukan jawaban sekaligus berbagai sudut pandang dengan mengunduh dan membaca 99 Magazine Edisi 8 bertajuk Masa Depan Apartemen.

Link download: https://bit.ly/99MagazineEdisi_8

***

Semoga informasi mengenai apartemen yang diprediksi jadi solusi terbaik ini bermanfaat, Property People.

Yuk, baca ulasan seputar properti lainnya di artikel.rumah123.com.

Ikuti juga berita menarik lainnya dengan follow Google News kami.

Kunjungi berbagai rekomendasi hunian terbaik di Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA