Akses Pejalan Kaki dan Pengguna Sepeda yang Didesain oleh Wilson Architects (Rumah123/Dezeen)

Pernah membayangkan kalau sebuah area pejalan kaki dan pengguna sepeda dibuat lebih keren dengan mengaplikasikan material aluminium? Hasilnya refleksi lanskap sekitar bisa terlihat lebih berbeda.

Area ini bernama Verandah Walk dan memiliki panjang sekitar 420 meter. Biro arsitek asal Australia Wilson Architects mendesain kawasan yang berada di James Cook University di Townsville, Australia.

Baca juga: Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Townsville merupakan kampus terbesar dari James Cook University. Luasnya mencapai 386 hektare dan berada di luar kota Douglas, negara bagian Queensland.

Verandah Walk menghubungkan bagian dalam kampus. James Cook University diproyeksikan menjadi pusat studi terkini untuk ilmu kelautan, keanekaragaman hayati, serta manajemen berkelanjutan untuk ekosistem tropis.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Mahasiswa-mahasiswi dan para staf bisa menggunakan aksen jalan ini untuk mencapai beragam bangunan dalam kampus termasuk perpustakaan.

“Akses jalan yang dibuat melengkung menarik perhatian dan juga menyatu dengan lanskap. Hal ini membuat para pejalan kaki dan pengguna sepeda bisa melihat ke sekeliling ketimbang fokus pada jalan yang lurus dan panjang,” ujar juru bicara Wilson Architects seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

“Jalanan yang melengkung membuat cara mencari jalan sambil menciptakan pengalaman berpetualang ketimbang langsung ke tujuan,” lanjutnya.

Ada bagian yang tertutup pada bagian dinding dan atap, mahasiswa dan staf pekerja bisa bersantai untuk melihat sekeliling lanskap yang terpantul karena “cermin” aluminium.

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

Wilson Architects sengaja mendesain kawasan ini dengan “cermin” aluminium karena ingin menyelaraskan dengan suasana sekitar yang penuh pohon.

Arsitek juga menginginkan agar area ini juga dapat dimanfaatkan menjadi kawasan belajar, bersosialisasi, dan berkolaborasi mahasiswa dan mahasiswi. Ada sejumlah bangku yang ditempatkan. Begitu juga dengan stop kontak serta koneksi wifi.

Baca juga: Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

Wow, asyik ya kalau kampusnya punya area yang ramah pejalan kaki dan pengguna sepeda. Kamu tertarik kuliah lagi nggak?

By the way, keren ya kalau banyak area seperti ini di Indonesia. Sepertinya belum banyak tempat yang ramah pejalan kaki di negeri ini.

Baca juga: Ga Usah Bingung Kalau Mau Bikin Kantor Mungil yang Kekinian dan Fungsional

Akses Pejalan Kaki dan Pengguna Sepeda yang Didesain oleh Wilson Architects (Rumah123/Dezeen)
Bagikan:
1875 kali