Tips interview kerja tidak hanya berkaitan dengan job desk, melainkan juga pertanyaan teknis dan non teknis. Simak tipsnya supaya kamu tidak salah langkah.

Tips interview kerja

Tips interview kerja merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk diperhatikan saat ini, khususnya para fresh graduate yang lulus di masa pandemi.

Pasalnya, tips interview kerja seringkali dihiraukan oleh para pencari kerja, sehingga mereka kerap gagal dalam proses wawancara. 

Dalam masa pandemi, interview kerja pun diubah dari sisi strategi, dengan mengandalkan sistem daring berbasis teknologi. 

Efektivitas dan proses interview menjadi keunggulan utama dalam tahap wawancara virtual dari rumah.

Perlu kamu ketahui, interview kerja saat ini tidak hanya merujuk pada pengetahuan saja, melainkan juga sikap dan ekspresi selama wawancara di dalam komputer.

Dalam masa pandemi, mungkin tips interview kerja cukup sedikit berbeda dari waktu biasanya.

Lantas, seperti apa tips interview kerja yang baik untuk diaplikasikan selama masa pandemi covid 19? Simak pembahasannya bersama-sama!

Tips interview kerja berikut ini bisa menjadi cara yang tepat, khususnya saat wawancara virtual di rumah 

Saat ini, interview kerja pastinya dilakukan secara virtual berdasarkan teleconference antara HRD, user dan interviewee. 

Oleh sebab itu, ada beberapa tips interview kerja yang perlu kamu perhatikan, sekalipun pertanyaan ini kerap menjadi jebakan bagi para interviewee. 

1. Menggambarkan diri kamu sesuai dengan kejujuran saat wawancara kerja

Tips interview kerja Sumber: Forbes.com

Saat proses interview, pastinya tahap awal wawancara interviewer ingin mengenal kepribadian kamu dengan menanyakan “Silahkan perkenalkan diri kamu terlebih dahulu.”

Dalam hal ini, rekruter maupun user ingin mengetahui kepribadian diri kamu sesuai dengan karakter dan nilai-nilai perusahaan. 

Untuk menjawab tips interview kerja di tahap awal ini, kamu bisa memperkenalkan diri mulai dari biodata, hingga pengalaman. 

Baca Juga: Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Mencuri Perhatian HRD!

2. Mengenal perusahaan yang kamu kehendaki 

Sebelum wawancara, tips interview kerja yang perlu kamu ketahui adalah mengenal perusahaan tempat kamu bernaung di masa depan nanti. 

Untuk menjawab hal ini kamu bisa merujuk pada company profile perusahaan, sejarah perusahaan maupun pencapaian yang sudah diperoleh.

Pastikan untuk menjawab bagian ini harus mengenal sisi keunggulan perusahaan, namun tetap netral dan objektif.

3. Gambaran mengenai pekerjaan yang akan dilamar

cara membuat surat lamaran kerja

Rencana kerja dan jobdesc merupakan bagian yang perlu kamu ketahui, baik untuk kamu yang berencana di jabatan yang sama, sekalipun scale-up.

Jawaban dari tips interview kerja dalam hal ini bisa kamu lihat saat melamar pekerjaan, maupun rujukan dari pekerjaan yang kamu kehendaki saat ini.

Pastikan jika kamu menjawab dengan sebaik-baiknya supaya kamu tampak layak menduduki posisi ini, sesuai dengan kapasitas.

4. Menentukan rencana jangka panjang 

Pastinya ada pertanyaan interview kerja “Apa yang akan kamu lakukan setidaknya tiga sampai lima tahun mendatang?”

Adapun, jawaban dari Tips interview kerja tersebut bisa kamu jelaskan secara konstruktif, tidak hanya merujuk pada masa depan pribadi, melainkan juga untuk perusahaan.

Pasalnya, di mata perusahaan setiap karyawan merupakan aset, sehingga jawaban yang baik dan bijak akan sangat membantu dalam proses wawancara.

Sebagai contoh, kamu bisa menjawab target hidup sesuai dengan kapasitas kerja kamu di masa mendatang yang merujuk pada kinerja saat ini.

5. Alasan berencana pindah kerja 

Jawaban dari tips interview kerja ini tidak hanya sekadar menjebak, namun juga sangat penting untuk prospek jangka panjang. 

Pasalnya, jawaban ini tidak hanya mengandalkan ego semata, melainkan juga berkaitan langsung dengan orientasi maupun motivasi.

Dalam menjawab masalah ini, pastikan jika kamu menjawab dengan jujur dan diplomatis.

Pastikan untuk tidak menjawab terkait masalah pribadi baik secara politik maupun non politik perusahaan.

Fokus terhadap tantangan, rasa ingin tahu, dan mengembangkan diri supaya tepat sasaran, merupakan tiga jawaban paling tepat. 

6. Mengenal kepribadian berdasarkan hobi 

Meski terdengar jauh dari kontekstual, namun apabila interviewer menanyakan hobi dan kegemaran kamu, maka hal ini sebenarnya berdampak positif.

Pasalnya, interviewer ingin mengetahui passion maupun kepribadian kamu yang bisa disesuaikan dengan budaya maupun filosofi perusahaan.

Kamu pun bisa menjawab tips interview kerja ini dengan jawaban maupun penjelasan yang konstruktif dengan dasar pertimbangan yang kuat.

Sebagai contoh, hobi saya naik gunung untuk mencari inspirasi dan membentuk kreativitas diri supaya tidak membosankan.

Adapun, jawaban yang terlalu sederhana justru terkesan membuat kamu sedikit berbohong dan tidak sungguh-sungguh.

7. Bagaimana cara manajemen waktu, dan skala prioritas

Ilustrasi first jobber yang sedang bekerja di kantor - Rumah123.com

Dalam proses interview, seringkali kamu akan dihadapkan dengan studi kasus mengenai manajemen waktu dan beban kerja. 

Adapun, contoh pertanyaan pada bagian ini berbunyi “Suatu ketika kamu dihadapkan dengan jam kerja yang sangat padat, namun ada suatu masalah yang harus kamu selesaikan secara cepat,Bagaimana cara penyelesaiannya?”.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tips interview kerja yang baik bisa kamu jawab dengan membagi skala prioritas terlebih dahulu, baik dalam bentuk beban kerja maupun pemecahan masalah.

Pada bagian ini seorang interviewer ingin melihat cara kamu dalam mengambil keputusan yang baik, serta bagaimana cara kamu dalam membagi waktu sekalipun work life balance

8. Menanyakan sesuatu hal terkait dengan perusahaan 

Saat interviewer bertanya di akhir sesi “ada yang ingin ditanyakan?”, maka hal ini merupakan salah satu jebakan yang sangat sensitif.

Pasalnya, bagian ini merupakan momen bagi interviewer untuk menggali rasa ingin tahu yang dimiliki oleh interviewee selama masa wawancara. 

Terkait dengan hal ini, kamu pun bisa banyak bertanya terhadap interviewer mengenai teknis kerja, job desk, perlengkapan pekerjaan, sekalipun target kerja untuk setiap kuartal, khususnya apabila kamu langsung melakukan interaksi dengan user.

Sementara, jika kamu dalam proses interview pada bagian rekruter, ada baiknya jika kamu menanyakan mengenai jam kerja, lembur maupun benefit yang akan diperoleh.

9. Menjawab segalanya dengan yakin dan tetap rendah hati 

kerja dari rumah - Rumah123.com

Tips interview kerja tidak hanya merujuk pada pertanyaan dan jawaban konstruktif antara interviewer maupun interviewee.

Sebab, faktor lain yang bisa menjadi rujukan penting ada pada sikap dan intonasi, khususnya saat interview di rumah melalui virtual seperti saat ini.

Pasalnya, interviewer juga akan melihat ekspresi dan mimik dari interviewee yang terlihat pada monitor layar.

Untuk mengatasi keraguan, pastikan intonasi nada, jawab dengan yakin, namun kamu tetap rendah hati dengan segala jawaban dan keputusanmu. 

Apabila kamu memiliki kemampuan yang lebih, bagian ini bisa menjadi credit positif bagi para interviewer saat masuk ke kantor yang kamu kehendaki.

Baca Juga: 6 Inspirasi Ruang Kerja Minimalis yang Bikin Kamu Makin Produktif

Demikian beberapa hal yang perlu kamu tahu mengenai tips dalam menjawab berbagai pertanyaan jebakan selama interview dan proses wawancara kerja di rumah.

Yuk, cari tahu tips menarik untuk produktif dari rumah, selengkapnya di artikel.rumah123.com selengkapnya. 

"Tertarik investasi di Makassar? Kamu bisa cek Summarecon Mutiara Makassar di sini selengkapnya."

Bagikan:
1329 kali