ucapan belasungkawa

Ucapan belasungkawa bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan dan mengurangi rasa sedih yang dirasakan oleh kerabat dari mereka yang meninggal dunia. 

Meski begitu, pemilihan kata yang tepat bisa kamu sesuaikan dengan situasi serta agama dari orang tersebut.

Untuk itu, pastikan kamu menggunakan ucapan belasungkawa yang sopan agar tak menyinggung perasaan keluarga yang ditinggalkan. 

Berikut 40 ucapan belasungkawa untuk orang meninggal dunia di berbagai situasi dan berbagai agama:

Ucapan Belasungkawa dalam Agama Islam

1. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya. Maka bersabarlah atas kejadian yang menimpamu ini. Percayalah pasti ada hikmah di balik semua ini.

2. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan serta diterima segala amal ibadahnya oleh Allah. Dan semoga keluarga yang ditinggal diberikan ketabahan dan kekuatan iman lahir batin.

3. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berharap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani ini semua. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.

4. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin. 

5. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Percayalah pasti Allah akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.

6. Inna lillahi wa inna ilahi raji’un. Semua ini adalah rencana baik dari Allah Swt. Kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati lapang.

7. Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu.

8. Innalillahi wa inna ilaihi raji’un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Aamin.

9. Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin. 

10. Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.

11. Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.

12. Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali.

13. Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Aamiin. 

14. Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.

15. Rezeki, jodoh dan umur sudah ditetapkan Allah, mari kita ikhlaskan dan berlapang dada atas segala ketentuannya. Semoga Allah menambah kesabaran dan kekuatan iman.

Ucapan Belasungkawa dalam Agama Kristen

pemakaman unit kristen Sumber: Sindonews

1. Tuhan tahu mana manusia baik dan manusia tidak baik. Kembalinya Bapak… di pangkuan Tuhan karena almarhum adalah manusia baik. Tuhan suka dengan manusia-manusia baik. Semoga almarhum tenang di sisiNya.

2. Kita memang mempunyai banyak rencana. Namun, Tuhan mempunyai rencana yang lebih baik daripada apa yang kita rencanakan. Turut berduka cita atas kepergiannya. Semoga ia tenang di surga Bapa.

3. Meskipun rumahmu telah berbalut tanah, namun kebaikanmu selama hidup akan terus membuatmu bernafas dalam hati dan jiwa kami. Selamat jalan sahabatku, terimakasih telah mewarnai hidup kami dengan kegembiraan.

4. Karena engkau telah bersama-Nya. Berada dalam lingkungan surga bersama dengan telaga yang menganak sungai. Engkau berenang dengan penuh gembira. Yang airnya mengalir dalam tangis duka kami yang kehilangan. Tinggallah bersama Kristus dalam keabadian.

5. Kita punya rencana, Tuhan juga punya rencana, dan rencana Tuhanlah yang terbaik. Kami dari keluarga….. mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas kepergian Ibu…. Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisiNya.

6. Terkadang Tuhan menyapa kita melalui cara yang tidak biasa. Salah satunya dengan mengambil nyawa orang-orang yang sangat kita cintai. Namun, percayalah bahwa segala rencana Tuhan adalah yang terbaik. Semua ujian yang diberikan pasti ada hikmahnya. Mari berdoa agar .... tenang di sisi-Nya dan diberikan tempat terindah.

7. Tuhan memberi, Tuhan pula yang mengambil. Selamat jalan ke surga Bapa saudaraku. Segala teladan iman Kristiani akan selalu kami wariskan ke anak-anak cucu kita kelak.

8. Jika Hari kemarin adalah hujan itu, maka hari esok Tuhan menjanjikan sebuah kebahagian di atas tanah yang dihujani-Nya. Percayalah, ayat di Filipi 4:13, 'Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.' Ada kekuatan dari Allah yang buat kita sanggup melewati semua ini.

9. Selamat jalan sahabatku, selamat kembali ke surga Bapa yang damai. Segala kebaikan dan kemurahan hatimu akan menjadi pohon yang berbuah lebat. Doa kami menuntun jalanmu.

10. Engkau telah berpulang sahabatku, tinggallah bersama Kristus dengan damai. Selamat jalan dalam tidur panjang, dalam pelukan Yesus yang hangat.

Ucapan Belasungkawa dalam Agama Hindu

1. Om swasiatu. Turut berdukacita atas wafatnya ibu dan/atau bapak (nama orang yang meninggal). Semoga amor ring acintya.

2. Oṁ Sang Hyang Widhy Wasa Yang Maha Kuasa, kami menyampai kan belasungkawa terdalam dari lubuk hati. Ya Sang Hyang Widhy Wasa, berikanlah ampunkan atas dosa-dosanya, semoga arwahnya dapat diterima hingga mencapai kesempurnaan atas pengetahuan dan pengampunan-Mu.

3. Turut berduka cita. Dumogi amor ring acintya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan. Om swargantu. Om moksantu. Om Sunyantu.

Ucapan Belasungkawa dalam Agama Buddha

upacara kematian buddha Sumber: BuddhaZine

1. Turut ber-samvega citta atas meninggalnya Bapak/Ibu/Saudara…... Sugatim vã sanggam lokam utarim vã upapajatu (semoga arwah/mendiang terlahir kembali di surga atau alam yang lebih menyenangkan dari itu)

2. Turut samvegacitta atas wafatnya…... Selamat jalan…….semoga dengan segala kebajikan yang pernah dilakukan segera merealisasikan kebebasan agung nãbana.

3. Kami segenap keluarga…… mengucapkan turut samvegacitta atas meninggalnya…... Selamat jalan. Semoga dengan karma baik yang beliau lakukan selama ini beliau terlahir di alam bahagia dan mencapai kebebasan tertinggi.

Ucapan Belasungkawa Singkat dalam Bahasa Inggris

1. I am sorry to hear about your loss. (saya turut berduka cita atas kehilangan yang menimpamu)

2. Please accept my condolences, ……. will always be missed (saya turut berduka cita, ….. akan selalu dirindukan)

3. Our thoughts and prayers are with you.  (Kami selalu mendoakan mu)

4. We are really sorry to hear that. May she / he get a beautiful place up there. (Kami ikut berduka cita. Semoga dia mendapatkan tempat terbaik di atas sana.)

5. May God give her / him a decent place. (Semoga Tuhan memberikan dia tempat yang layak disisi-Nya)

6. Although no words can really help to ease the loss you bear, just know that you are very close in every thoughts and prayers. (Walaupun tidak ada kata-kata yang dapat mengurangi rasa kehilangan yang Anda rasakan, ketahuilah bahwa Anda selalu berada didalam pikiran dan doa kami.)

7. Please accept our most heartfelt sympathies for your loss. Our thoughts are with you and your family during this difficult time. (Terimalah ucapan belasungkawa kami. Doa kami selalu bersama Anda dan keluarga Anda untuk melalui masa sulit ini.

8. May the peace that comes from the memories of love shared comfort you now and in the days ahead. (Semoga ketenangan yang datang dari kenangan bahagia dapat membuatmu merasa lebih baik sekarang dan seterusnya.

9. In sorrow, we mourn those lost. In gratitude, we embrace those around us. In sympathy, we reach out to those who grieve. (Dalam kepedihan, kami berduka cita kepada yang telah meninggal. Dalam rasa syukur, kami merangkul yang berada di sekitar. Dalam simpati, kami meraih mereka yang berkabung.)

Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk dapatkan artikel menarik lainnya seputar properti. 

Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti B Residence hanya di www.rumah123.com. 

Bagikan:
353 kali