ceramah singkat bulan ramadhan

Kamu bisa pilih rekomendasi ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan  yang bikin hati lebih sejuk. Cari tahu di sini!

Ada berbagai amalan di bulan suci Ramadan yang bisa kamu lakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Bukan hanya sekadar ibadah wajib, ibadah lainnya juga dilipatgandakan pahalanya sehingga memberikan manfaat yang baik demi kemaslahatan umat.

Salah satu cara yang menarik untuk memberikan makna tersirat di bulan suci Ramadan adalah memberikan tausiyah maupun kultum yang baik dan menyejukkan hati.

Adapun, ceramah tentang indahnya bulan Ramadhan bisa jadi pilihan sebagai syiar yang baik sehingga banyak orang bisa berlomba-lomba dalam kebaikan.

Seperti apa ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan terbaik? Simak pembahasannya bersama-sama!

Rekomendasi Ceramah Singkat tentang Indahnya Bulan Ramadhan yang Bikin Hati Sejuk

Ada beberapa rekomendasi ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan yang bisa kamu kulik secara lengkap berikut ini: 

1. Ceramah Singkat tentang Indahnya Bulan Ramadhan Bertema Hal Pembeda di Bulan Suci 

Ceramah singkat tentang Indahnya bulan Ramadhan Penuh Berkah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh 

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT

Pada kesempatan kali ini izinkan saya memberikan ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan dan hal yang membedakannya dibanding bulan-bulan lainnya.

Setiap bulan Ramadan pastinya memiliki keistimewaan tertentu khususnya bagi umat Islam, kalian pasti setuju bukan? 

Ya, diantara keindahan bulan Ramadan yang sering disaksikan adalah berbagai gambar dan ucapan mohon maaf lahir dan batin.

Bukan hanya ucapan maaf dari kata, bahagianya penjual baju muslim hingga pedagang takjil untuk puasa juga menjadi saksi yang sangat penting untuk kamu simak bersama. 

Tak hanya manfaat untuk hal tersebut, masjid pun kemudian riuh dan ramai karena banyaknya umat Islam yang menjalani peribadatan di bulan suci yang mulia ini untuk Salat Tarawih dan Tadarus Al-Qur’an.

Keindahan semacam itu pastinya jarang ditemukan di waktu yang lainnya, dan turun ke jalan demi memberi kebahagiaan bersama untuk umat lainnya.

Sungguh indah bulan suci yang penuh kemuliaan di mata Allah SWT, semoga kita senantiasa diberikan limpahan berkah untuk menjalani saum Ramadan.

Demikian ceramah singkat pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat untuk kita semua akhir kata Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Ceramah Singkat tentang Indahnya Bulan Ramadhan beserta Dalil Al-Qur’an

Ceramah singkat tentang Indahnya bulan Ramadhan Penuh Berkah dan sejarah puasa

Hadirin yang dimuliakan oleh Allah SWT 

Keindahan dan keutamaan bulan suci Ramadan juga diturunkannya wahyu dalam Al-Qur’an yang tertuang di surat Al-Baqarah ayat 185 yang berbunyi : 

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). 

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. 

Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu.

Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Dalam kesempatan ini dapat dijelaskan jika Al-Qur’an merupakan petunjuk dan pedoman manusia yang sangat menyentuh hati, bila dipahami dengan iman.

Juga dikisahkan pada Surah Jin, dikisahkan bahwa para jin tersentuh hatinya saat Nabi Muhammad SAW membaca Al-Qur’an hingga banyak dari mereka memutuskan pindah sebagai Islam.

Tapi, bagaimana hari ini apakah kita bergetar mendengar lantunan ayat suci Al-Qur’an, semoga di bulan suci yang mulia ini kita senantiasa untuk memperdalam ilmu agama Islam kita.

Jazakumullah Khairan Katsiran, saya akhiri ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan ini Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Ceramah Singkat tentang Indahnya Bulan Ramadhan dan Lailatul Qadar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin yang dimuliakan Allah SWT, pada kesempatan ini izinkan kami untuk menyampaikan ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan pada malam Lailatul Qadar.

Keindahan tersebut juga terkandung dalam Surat Al-Qadar pada ayat satu sampai ketiga yang berbunyi : 

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

1. Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada Malam Kemuliaan,

وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ

2. Dan tahukah kamu apakah Malam Kemuliaan itu?

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ 

3. Malam Kemuliaan adalah lebih baik dari seribu bulan;  

Teman-teman yang berbahagia pada satu malam Ramadan, Allah telah siapkan hadiah berupa malam kemuliaan yang lebih dari seribu bulan.

Jika dihitung berdasarkan matematika, maka 1000 bulan dibagi 12 artinya 83.3 atau 84 tahun. Apakah umur kita bisa menyentuh 84 tahun? Semua hanya menjadi Wallahualam Bissawab.

Bayangkan jika di bulan suci yang mulia ini kita mendapat kesempatan untuk terus berdoa demi menggapai Lailatul Qadar dengan beribadah selama 84 tahun, sungguh indah di bulan Ramadan.

Untuk itu, saya mengimbau untuk senantiasa beribadah kepada Allah SWT dan berlomba-lomba dalam mencari pahala di bulan suci Ramadan.

Ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadan pada masa Lailatul Qadar saya tutup samoga bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

4. Ceramah Singkat tentang Indahnya Bulan Ramadhan dan Mustajabnya Doa di Bulan Suci 

Ceramah singkat tentang Indahnya bulan Ramadhan Penuh Berkah dan Mustajabnya Doa

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang diberkahi dan dimuliakan oleh Allah SWT, dalam kesempatan ini izinkan saya memberikan ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan tentang waktu mustajabnya doa. 

Dalam hadis Imam Ibnu Majah Nomor 1,753 dalam Kitab Puasa, diterangkan bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : 

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

Inna lisshoo-imi ‘inda fitrihi lada’watan maa turoddu.

Artinya : 

Sungguh orang yang berpuasa mempunyai doa yang dikabulkan dan tidak akan ditolak ketika berbuka puasa

Masya Allah wal Hamdulillah ya teman-teman. Lagi-lagi kita sangat beruntung bisa kembali hadir dan singgah di bulan Ramadan yang penuh ampunan ini.

Begitu dahsyatnya bulan Ramadan, sehingga hari demi harinya menjadi waktu mustajab doa yang tidak akan tertolak.

Di sisi yang sama, menurut hadis riwayat Muslim juga ditegaskan bahwa Allah membuka pintu-pintu surga, menutup pintu neraka, dan membelenggu setan selama bulan Ramadan.

Dari hal tersebut, dalam ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadan ini menurut hadis riwayat Muslim ditegaskan juga bahwa Allah memberikan kesempatan yang amat besar memetik keindahan, dan keistimewaan bulan Ramadan.

Teman-teman yang dimuliakan oleh Allah SWT.

Sungguh masih banyak ragam keindahan dan keistimewaan di bulan Ramadan yang penuh ampunan ini.

Mari kita luruskan niat dan semangat dalam menjalani puasa Ramadan untuk menggapai ampunan  dan berkah dari Allah SWT.

Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT dan mendekatkan kita sebagai orang yang beriman penuh ketakwaan Amin Ya Robbal Alamin.

Demikian ceramah ini saya tutup, segala rahmat bagi Allah tuhan semesta alam apabila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.

Jazakumullah Khairan Katsiran, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa ceramah singkat tentang indahnya bulan Ramadhan yang menyejukkan hati sebagai inspirasi syiar.

Temukan berbagai inspirasi menarik seputar gaya hidup dan keluarga modern, selengkapnya di artikel.rumah123.com

Kamu bisa wujudkan hunian idaman seperti LRT City Cibubur, hanya di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!

Bagikan:
2970 kali