OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

14 Hadits tentang Puasa untuk Meningkatkan Amal Ibadah di Bulan Suci Ramadan

20 Maret 2023 · 4 min read Author: Ilham Budhiman

hadits tentang puasa

Selain disebutkan dalam Al-Qur’an, terdapat sejumlah hadits tentang puasa yang diriwayatkan langsung dari Rasulullah atau lewat perantara para sahabat.

Puasa merupakan salah satu ibadah yang memiliki keutamaan besar dalam ajaran Islam, Property People.

Bahkan, puasa Ramadan termasuk rukun islam sehingga wajib untuk dilakukan di bulan suci Ramadan.

Perintah dan anjuran untuk berpuasa juga disebutkan dalam hadis atau hadits melalui sejumlah riwayat.

Allah memerintah dan mewajibkan umat-Nya berpuasa terutama di bulan Ramadan karena memiliki keistimewaan.

Mengutip buku Puasa Ramadhan dalam Perspektif al-Qur’an dan al-Hadits oleh Ahsantudhonni, puasa di bulan Ramadan adalah suatu keharusan bagi orang-orang mukmin sebagaimana tercatat dalam Al-Qur’an.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Al Baqarah ayat 183)

Berikut kumpulan hadis tentang puasa yang bisa menambah pengetahuan bagi umat Islam, merangkum berbagai sumber.

Tidak cuma mengenai puasa sunah, tapi juga puasa di bulan Ramadan.

Kumpulan Hadits tentang Puasa

hadist tentang puasa

  1. “Barangsiapa berpuasa Ramadan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760)
  2. “Puasa adalah perisai. Maka (orang yang melaksanakannya) janganlah berbuat kotor (rafats) dan jangan pula ribut-ribut.” Dalam sebuah riwayat disebutkan, “Dan jangan berbuat bodoh.” “Apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau menghinanya maka katakanlah aku sedang berpuasa (ia mengulang ucapannya dua kali).” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  3. “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192)
  4. “Orang yang berpuasa mempunyai dua kegembiraan: kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika bertemu dengan Allah.” (HR. Bukhari)
  5. “Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berhari rayalah karena melihatnya, jika hilal hilang dari penglihatanmu maka sempurnakan bilangan Sya’ban sampai tiga puluh hari.” (HR. Bukhari No. 1909)
  6. “Ya Rasulullah, katakan padaku apa yang Allah wajibkan kepadaku tentang puasa?” Beliau menjawab, “Puasa Ramadan”. “Apakah ada lagi selain itu?”. Beliau menjawab, “Tidak, kecuali puasa sunnah.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  7. “Rabb kita ‘azza wa jalla berfirman, Puasa adalah perisai, yang dengannya seorang hamba membentengi diri dari api neraka, dan puasa itu untuk-Ku, Aku-lah yang akan membalasnya.” (H.R. Ahmad).

Hadist tentang Puasa

hadits tentang puasa

Sumber: caterermiddleeast.com

  1. “Islam dibangun di atas lima perkara: persaksian bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, pergi haji, dan puasa di bulan Ramadan.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  2. “Siapa yang berpuasa Ramadan, mengetahui batas-batasnya, dan menjaga apa yang sepatutnya ia jaga, maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Al Baihaqi)
  3. “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan).” (HR. Ahmad)
  4. “Telah datang kepada kalian bulan Ramadan, bulan penuh keberkahan. Allah Swt. telah mewajibkan kepada kalian berpuasa didalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, dibulan itu setan-setan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang.” (HR. An-Nasa’i)
  5. “Janganlah seorang dari kalian mendahului Ramadan dengan berpuasa sehari atau dua hari, kecuali bagi orang yang sudah terbiasa puasa, maka dia boleh berpuasa pada hari itu.” (HR. Muttafaq Alaih)
  6. “Setiap amalan anak Adam itu adalah (pahala) baginya, kecuali puasa, karena puasa itu untuk-Ku dan Akulah yang akan membalasnya,” (HR. Bukhari, Muslim, Ibnu Majah, Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban).
  7. “Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya.” (HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

***

Itulah kumpulan hadits tentang puasa.

Semoga informasinya bermanfaat untuk meningkatkan amal ibadah, ya.

Simak ulasan menarik seputar puasa Ramadan hanya di artikel.rumah123.com.

Gak mau ketinggalan berita properti terbaru?

Sekarang kamu dapat mengikuti Google News rumah123.com, lo.

Cek juga hunian idaman dari berbagai listing terbaik cuma melalui  www.rumah123.com.

Jangan lewatkan diskon dan promo terbatas karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Ilham Budhiman

Lulusan Sastra Daerah Unpad yang pernah berkarier sebagai wartawan sejak 2017 dengan fokus liputan properti, infrastruktur, hukum, logistik, dan transportasi. Saat ini, fokus sebagai penulis artikel di 99 Group.
Selengkapnya