cara menawar harga rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Ada sejumlah cara menawar harga rumah dengan cerdas, kamu bisa memperoleh hunian dengan harga yang lebih murah, simak ulasan berikut ini.

Saat kamu ingin membeli sesuatu termasuk rumah, pastinya kamu ingin mendapatkannya dengan harga yang sesuai dong.

Maksudnya sih, rumah dengan harga murah, siapa sih yang tidak ingin mendapatkam barang dengan harga yang lebih miring.

Kalau bisa sih, kamu akan menawar harganya. Kamu bisa menawar harga rumah saat membeli lho.

Hal yang wajar kalau kamu mau menawar sesuatu ketika membelinya termasuk rumah, terutama di pasar secondary.

Situs properti Rumah123.com mengutip laman Realtor memberikan empat tips kalau ingin cara menawar harga rumah yang lebih rendah, kamu bisa memperoleh properti murah.

Cara Menawar Harga Rumah dengan Cerdas

1. Pasar Pembeli atau Pasar Penjual

Kamu harus mengetahui soal pasar pembeli atau pasar penjual. Jika kamu dalam posisi berada di pasar pembeli, maka jumlah rumah lebih banyak yang dipasarkan. Begitu juga sebaliknya.

Kalau kamu dalam posisi pasar pembeli ini, kamu punya kesempatan untuk menawar harga lebih rendah.

Hal ini bisa terjadi karena banyak rumah yang mau dijual sementara pembelinya tidak terlalu banyak.

Saat pandemi Covid-19 sejak awal 2020, kamu bisa melihat banyak orang yang memasarkan rumah dengan harga lebih murah, ini termasuk pasar pembeli.

2. Berapa Lama Rumah Sudah Dipasarkan

Cari tahu berapa lama rumah dipasarkan. Kamu harus mencari berapa lama rumah tersebut dipasarkan, apakah baru sebulan, setahun, atau lebih.

Jika rumah sudah lama dipasarkan, katakanlah hampir setahun, kamu bisa bernegosiasi meminta pengurangan harga.

Bisa jadi penjual akan melepaskannya karena sudah terlalu lama dan belum laku, ini cara menawar harga rumah yang efektif.

3. Membandingkan Harga Rumah di Kawasan yang Sama

Pastikan kamu sudah membandingkan harga beberapa rumah  di kawasan yang sama. Coba cari tahu rumah lainnya yang sedang dipasarkan di daerah sekitar.

Yang nggak boleh lupa, kamu harus memerhatikan posisi jalan, fasilitas, jumlah lantai, luas rumah, dan lainnya saat membandingkan harga rumah-rumah tersebut.

4. Keinginan Membeli Rumah

Seberapa besar keinginan kamu untuk membeli rumah tersebut. Kalau kamu sudah jatuh cinta dengan rumah tersebut, mungkin kamu tetap akan menawar rumah tersebut.

Namun, pastikan kamu menawarnya dengan harga yang masih masuk akal. Jangan sampai penjual tidak menerimanya lantaran harga terlalu rendah.

Buat kamu yang ingin membeli rumah second, sederetan tips ini bisa dicoba lho. Saatnya kamu mencoba cara menawar harga rumah.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti, penjual properti, hingga sekadar mengetahui informasi, karena Rumah123.com memang #AdaBuatKamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti, hanya di Rumah123.com dan 99.co.

Bagikan:
3517 kali