kata bijak jawa Sesekali kita memang membutuhkan kalimat motivasi dalam hidup. Misalnya saja seperti kata bijak Jawa dan artinya berikut ini yang inspiratif! Bahasa Jawa ternyata menyimpan banyak kata mutiara mengenai kehidupan, lo. Isinya bisa mendorongmu untuk lebih semangat menjalani kehidupan. Tidak hanya itu, kata bijak bahasa Jawa ini bisa jadi pengingat akan kuasa Tuhan di hidup kita. Yuk, langsung saja simak selengkapnya berikut ini.

Kata Bijak Jawa tentang Kehidupan

kata bijak jawa 1. Sak apik-apike wong yen awehi pitulung kanthi cara dedemitan. Sebaik-baiknya manusia adalah yang memberi pertolongan secara diam-diam. 2. Aja dadi uwong sing rumangsa bisa lan rumangsa pinter. Nanging dadiya uwong sing bisa lan pinter rumangsa. Jangan jadi orang yang merasa bisa dan merasa pintar, tetapi jadilah orang serba bisa dan pintar merasa. 3. Wong menang iku wong sing bisa ngasorake priyanggane dhewe. Pemenang adalah orang yang bisa melawan nafsunya sendiri. 4. Sepira gedhene sengsara yen tinampa among dadi coba. Sebesar apapun masalah kalau ikhlas maka akan jadi ringan. 5. Urip iku terus mlaku, bebarengan karo wektu, sing bisa gawa lakumu, supaya apik nasibmu. Hidup itu terus berjalan, bersamaan dengan waktu. (Jadi) harus bisa membawa tingkah lakumu, biar nasibmu baik. 6. Yen urip mung isine isih nuruti nepsu, sing jenenge mulya mesti soyo angel ketemu. Kalau hidup masih penuh nafsu untuk bersenang-senang, yang namanya kemuliaan akan sulit ketemu. 7. Alam iki sejatining guru. Alam adalah guru yang sejati. 8. Aja mbedakake marang sak sapadha-pada. Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia. 9. Ambeg utomo, andhap asor. Selalu menjadi yang utama, tetapi selalu rendah hati. 10. Manungsa mung ngunduh wohing pakarti. Kehidupan manusia (baik atau buruk) adalah akibat dari perbuatannya sendiri.

Kalimat Mutiara tentang Tuhan

kata mutiara jawa 11. Gusti paring dalan kanggo uwong sing gelam ndalan. Tuhan memberi jalan untuk manusia yang mengikuti jalan (kebenaran). 12. Gusti Allah paring pitedah bisa lewat bungah, bisa lewat susah. Allah memberikan petunjuk bisa lewat kebahagian, bisa lewat derita. 13. Alam ora bisa dilawan, awu sing semebar iku sejatine berkah gusti kanggo njaga kesuburan bumi Jawa. Mulane ayo pada disyukuri wae. Alam tidak bisa dilawan, abu yang beterbangan adalah berkah dari Tuhan untuk menjaga kesuburan bumi Jawa. Mari kita syukuri saja. 14. Gusti iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan. Tuhan itu dekat meski tubuh kita tidak dapat menyentuhnya dan akal kita dapat menjangkaunya. 15. Adhang-adhang tetese embun, pasrah peparing marang gusti. Setelah berusaha maksimal, kita harus pasrah pada Tuhan. 16. Gusti paring mergi kangge tiang ingkang purun ting merginipun. Tuhan akan memberikan jalan bagi mereka yang mau mengikut-Nya.

Kalimat Bijak Lucu

17. Kuat lakoni, ora kuat tinggal ngopi. Kuat jalani, tidak kuat tinggal untuk ngopi. 18. Dosa sing paling menyedihkan iku dosambat ora duwe duit. Perbuatan dosa paling menyedihkan adalah mengeluh tidak punya uang. 19. Gusti yen arek iku jodohku tulung cedakaken, yen mboten jodohku tulung jodohaken. Tuhan kalau dia jodohku tolong dekatkan, kalau bukan tolong jodohkan. 20. Urip iku akeh cobaan. Yen akeh saweran iku jenenge dangdutan. Hidup itu banyak cobaan. Kalau banyak saweran itu namanya dangdutan. 21. Nek dipikir suwi suwi iku loro, nek dirsake yo tambah loro, loro tambah loro, papat. Kalau dipikir lama-lama sakit, kalau dirasakan tambah sakit, dua tambah dua, empat. 22. Wektu brarti duit. Yen kancamu mbok jak dolan raono wektu, brarti wonge lagi ra duwe duit. Waktu itu uang. Kalau temanmu tidak ada waktu (untuk main), artinya dia gak punya uang. Itu dia beberapa kata bijak Jawa yang bisa jadi motivasi untuk menjalani hidup Jangan lupa kunjungi artikel.rumah123.com untuk menemukan artikel menarik lainnya, ya. Kamu juga bisa mencari properti yang sesuai kebutuhanmu seperti The Lana Apartment hanya di www.rumah123.com.
Bagikan:
714 kali