OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

50 Contoh Pantun Jenaka yang Menghibur dan Bikin Ngakak

24 Nopember 2023 · 7 min read Author: Kartika Ratnasari

contoh pantun jenaka untuk anak-anak

Mau tahu tentang contoh pantun jenaka yang mengocok perut? Simak daftar lengkapnya beserta pengertian berikut ini.

Pantun yang berisi hal-hal lucu dan menarik disebut pantun jenaka.

Pantun jenaka merupakan salah satu karya tulis yang sering kamu simak dalam kehidupan sehari-hari, entah itu dari teman atau menyaksikan acara di televisi.

Di dalamnya, terdapat seni penyampaian yang metaforis menggunakan bahasa halus dan sopan.

Salah satu jenis pantun yang paling banyak disukai oleh masyarakat tanah air adalah pantun jenaka.

Kalau kamu sedang mencari contoh-contohnya, kebetulan banget, nih!

Sebab, Rumah123.com sudah memiliki 45 contoh pantun jenaka yang lucu dan menghibur yang melansir berbagai sumber.

Contoh Pantun Jenaka yang Lucu dan Menghibur

contoh pantun jenaka lucu

Sumber gambar contoh pantun jenaka: Rumah123.com

1.Pantun Jenaka Lucu

Duduk di atap si kucing betina

Tak hentinya mengeong-ngeong

Kulihat wanita cantik jelita

Malang melanda punggungnya bolong

2. Pantun Jenaka Lucu Hewan

Hewan-hewan menangis tersedu

Mendengar musik yang sedang diputar

Senyummu manis bagai madu

Membuat hati abang bergetar

3. Pantun Jenaka Lucu Tentang Ilmu

Kupu-kupu terbang melintang

Hinggap mengisap bunga layu

Hati di dalam menaruh bimbang

Melihat ikan membaca buku

4. Pantun Jenaka Lucu Mengocok Perut

Kapal berlayar di Laut Jawa

Nakhoda mengacungkan jempol

Adik menangis lalu tertawa

Melihat kakak masih mengompol

5. Pantun Jenaka Lucu Menghibur

Kertas putih untuk ditulis

Benang putih dibuat katun

Jika orang suka menulis

Sampai tua tak akan pikun

6. Contoh Pantun Jenaka Menarik

Jalan-jalan ke Surabaya

Jangan lupa oleh-olehnya

Bila wajah kita ceria

Hidup ini pun terasa bahagia

7. Contoh Pantun Jenaka yang Benar

Jalan-jalan naik delman

Keliling kota hingga senja

Teman mengaku teman

Kalau tersedia maunya saja

8. Contoh Pantun Jenaka Sederhana

Aku dukung Korea Selatan

Kamu dukung Jepang

Walaupun kita mantan

Tapi aku masih tetap sayang

9. Pantun Lucu Lengkap

Hujan di Solo

Banjir di Semarang

Kasihan deh lo

Masih jomblo sampe sekarang!

10. Pantun Jenaka Anak Kecil

Taro uang di dalam saku

Sakunya robek gara-gara kuku

Jangan sampai kau menghianatiku

Karena hanya kau yang selalu ada di hatiku

11. Pantun Jenaka Dewasa

Ke SPBU membeli bensin

Bensin bagus di Pangandaran

Menahan diri agar tak bersin

Malah kentut tak tertahankan

12. Contoh Pantun Lucu yang Baik

Jalan-jalan ke pinggir empang

Menemukan katak di pinggir empang

Hati siapa tak bimbang

Kamu botak minta dikepang

13. Contoh Pantun Jenaka untuk Teman

Pegunungan jalan berliku

Udara pegunungan sungguh enak

Senyuman tampak di wajah kakekku

Melihat cucu sedang berbedak

14. Contoh Pantun Lucu Mengocok Perut

 Tempayan tutupnya miring

Anak perawan kentutnya nyaring

Yang janda kentutnya semriwing

Yang bencong kentutnya garing

15. Contoh Pantun Jenaka yang Membuat Tertawa

Lagi kepepet hilang dompet

Pinjem duit pasti dapet

Putih kecil jalannya cepet

Nasi putih nempel di jet

16. Contoh Pantun Jenaka Terbaru

Hewan-hewan menangis tersedu,

Mendengar musik yang sedang diputar,

Senyummu manis bagai madu,

Membuat hati abang bergetar.

17. Pantun Jenaka Bahasa Indonesia

Buat jus si buah naga

Kasih susu cap bendera di atasnya

Hati hati pria pria yang hobi menggoda

Karena biasanya mereka itu dari spesies buaya

18. Contoh Pantun Jenaka Membuat Senyum

Saat aku sakit

Tidak lupa kau bawakan bunga

Saat kau terbelit-belit

Hati terasa merana

19. Pantun Lucu untuk Wanita

Nasi uduk dimakan pas anget

Membelinya di tepi jalan

Yang lagi duduk manis banget

Boleh dong minta kenalan

20. Pantun Lucu tentang Utang

Buah kelapa dibikin santan

Dibikinnya di waktu petang

Buat apa mikirin mantan

Mending kamu inget utang!

21. Pantun Jenaka untuk Pasangan

Sungguh enak sarapan pecel

Kurang asin ditambah garem

Ayo jangan mudah kesel

Nanti wajahmu jadi asem

22. Contoh Pantun Lucu

Buah belimbing buah manggis

Buah coklat sebesar mempelam

Saya tertawa sambil menangis

Melihat kakak dikejar ayam

23. Pantun Jenaka Lucu yang Menghibur

Hari libur pergi ke vila

Datangnya di sore hari

Aku sangka kamu orang gila

Terlihat senyum-senyum sendiri

24.  Contoh Pantun Jenaka Lucu Banget

Hari Senin sudah siang

Setelah siang, datanglah petang

Ditunggu-tunggu, tidak jua datang

Sekali datang, malah menagih utang.

25. Contoh Pantun Lucu Bikin Ngakak yang Menarik

Pergi ke toko membeli ikan

Tak lupa membawa sampan

Dulu pernah jadi impian

Sekarang tinggal kenangan

26. Contoh Pantun Jenaka Pendek

Burung parkit burung gelatik

Main ke ladang memakan tebu

Sungguh menarik si gadis cantik

Sayang beribu sayang, dia kok bau

27. Contoh Ngakak yang Kocak

Sungguh enak makan konyal

Apalagi ditambah sayur asem

Ayo, jangan mudah kesal

Nanti, wajahmu tambah asem

28. Pantun Ngakak Singkat

Cuci motor catnya jadi kemilau

Burung ayah selalu berkicau

Hati ini selalu galau

Melihat mantan seperti dikau

29. Pantun Jenaka untuk Wanita

Ajak kekasih makan di restoran

Bertemu mantan yang kini jadi teman

Hati bingung dan tidak karuan

Ternyata, mantannya minta balikan

30. Contoh Pantun Jenaka yang Ngakak

Pergi ke pasar pakai delman

Di tengah jalan bertemu teman

Dia itu orangnya tampan

Sayang beribu sayang, dia jerawatan

31. Pantun Jenaka

Duduk manis di bibir pantai,

Lihat gadis tiada dua.

Masa muda kebanyakan santai,

Sudah renta sulit tertawa.

32.Contoh Pantun Kocak Semua Umur

Ikan gabus di rawa-rawa,

Ikan Sepat nyangkut di jaring.

Perut sakit menahan tawa,

Melihat gigi lompat ke piring.

33.Pantun Lucu Bikin Ngakak

jalan-jalan ke rawa-rawa,

Jika lelah duduk di pohon palm.

Geli hati menahan tawa,

Melihat katak memakai helm.

34. Pantun Ngakak

Pegunungan jalan berliku,

Udara pegunungan sungguh enak.

Senyuman tampak di wajah kakekku,

Melihat cucu sedang berbedak.

35.Pantun Jenaka Lucu Banget

Jangan suka cemberut
Jangan suka kuatir
Itu suara kentut
Bukan suara petir

36. Pantun Lucu Ngakak

Satu titik dua koma

Anak monyet pakai gincu

Lihat anak kelas lima

Suka ngebanyol dan melucu

37. Pantun Ngakak

Kain beludru untuk bahan

Dibuat baju sangat mewahnya

Pantun jenaka tentang kebersihan

Agar bercanda ada manfaatnya

38. Pantun Kocak yang Mengocok Perut

Kapal berlayar di Laut Jawa

Nakhoda mengacungkan jempol

Adik menangis lalu tertawa

Melihat kakak masih mengompol

39. Pantun Lucu Bikin Ngakak

Hendak mengisi biodata

Pena hilang entah ke mana

Hai teman yang duduk di sana

Jangan pada melamun saja

40. Pantun Lucu Ngakak Terbaru 2 Baris

Ikan hiu makan Awkarin,

Yaudah biarin.

41. Pantun Lucu Ngakak Bikin Sakit Perut 2 Baris

Men sana in corpore sano,

Gue nanya begini, lo jawab begono.

42. Pantun Lucu Ngakak yang Seru dan Singkat

Mata belo, ala komedian,

Gue sama lo maunya jadian.

43. Pantun Kocak yang Bikin Ketawa

Masak terigu masak tumis,
diiris tipis sampai habis.
Malam minggu hujan gerimis,
dompet tipis semakin kritis.

44. Pantun Lucu Ngakak

Anak kucing bermain tali,
kera duduk membaca koran.
Bagaimana hati tak geli,
kepala botak suka sisiran.

45. Contoh Pantun Jenaka Lucu Tebak-tebakan

contoh pantun jenaka lucu

46. Contoh Pantun Lucu

contoh pantun lucu

47. Pantun Jenaka yang Lucu

pantun lucu

Sumber: Buku Kumpulan Pantun Cinta Kasih Sayang oleh Prito Windiarto

48. Pantun Jenaka yang Lucu

pantun lucu ngakak

Sumber: Buku Kumpulan Pantun Cinta Kasih Sayang oleh Prito Windiarto

49. Pantun Lucu

contoh pantun lucu ngakak

Sumber: Buku Kumpulan Pantun Cinta Kasih Sayang oleh Prito Windiarto

50. Pantun Ngakak

pantun ngakak

Sumber: Buku Kumpulan Pantun Cinta Kasih Sayang oleh Prito Windiarto

Apa Itu Pantun Jenaka?

pengertian pantun jenaka lengkap

Sumber: unhas.ac.id

Apa yang dimaksud pantun jenaka?

Pantun jenaka adalah salah satu karya sastra yang dapat menghibur banyak orang karena terbilang lucu.

Ciri-ciri pantun jenaka yang membedakan dengan pantun lain adalah isinya.

Pantun ini dipenuhi canda tawa atau kejenakaan, tetapi erat dengan nilai moral pada setiap katanya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pantun sendiri adalah bentuk puisi Indonesia (Melayu) yang tiap bait (kuplet) biasanya terdiri atas empat baris yang bersajak (a-b-a-b).

Tiap larik biasanya terdiri atas empat kata, baris pertama dan baris kedua biasanya untuk tumpuan (sampiran) saja dan baris ketiga dan keempat merupakan isi.

Sementara berdasarkan laman Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), pantun sendiri adalah salah satu bentuk syair Melayu yang digunakan untuk mengungkapkan gagasan maupun emosi.

Ciri-Ciri Pantun

menulis ciri pantun jenaka

Sumber: Shutterstock

Pantun memiliki ciri yang bisa dibedakan dengan karya sastra lainnya.

Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

1. Terdiri dari beberapa bait dan baris
2. Setiap bait terdiri atas baris-baris
3. Jumlah suku kata dalam setiap baris antara delapan hingga sepuluh
4. Setiap bait terdiri atas dua bagian, yakni sampiran dan isi

***

Itulah 45 contoh pantun jenaka beserta maknanya yang bisa kamu ketahui.

Kamu bisa mengunjungi laman Rumah123.com untuk dapat informasi jual beli rumah terbaru.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Srimaya Residences Bekasi.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.

Follow juga Google News Rumah123.com untuk mendapatkan berita terkini.


Tag: , ,


Kartika Ratnasari

Content Editor

Kartika Ratnasari adalah seorang Content Editor untuk Berita 99 dan Artikel Rumah123. Ia telah berkecimpung di dunia penulisan sejak tahun 2016. Lulusan Komunikasi UI ini sering menulis di bidang properti, keuangan, dan lifestyle.
Selengkapnya