OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Mendedah Tren Desain Interior 2024: Kompleks, Warna yang Ekstrem, dan Menjamurnya Elemen Curve

26 Maret 2024 · 4 min read Author: Hendi Abdurahman · Editor: Bobby Agung Prasetyo

tren desain interior 2024

tren desain interior 2024

Eksplorasi. Itulah kata kunci perihal tren desain interior tahun 2024 yang diprediksi bakal mengalami perbedaan ketimbang tahun-tahun sebelumnya.

Seiring perkembangan zaman, para penghuni rumah kini semakin menyadari bahwa tata letak dalam suatu hunian sangatlah penting.

Sal Priadi dalam lagunya berjudul “Kita Usahakan Rumah Itu”, memberikan gambaran betapa desain interior tergolong krusial serta mampu memberikan kenyamanan penghuni.

… tapi tata ruang aku ikut pertimbangkan
karena kalau nanti kita punya kesibukan
malam tetap kumpul di meja panjang
ruang makan kita berbincang
tentang hari yang panjang…

Dalam lirik tersebut, diceritakan dua insan ingin memiliki rumah yang tak hanya sebatas tempat berteduh belaka, tetapi juga perancangannya telah ditentukan sedemikian rupa, termasuk perihal desain interior.

Berkaitan dengan pentingnya desain interior dalam suatu hunian, Dinda Fauzia, desainer interior asal Bandung memberikan pendapatnya terkait tren desain interior masa kini.

Dalam wawancara di program Kata Ahli Rumah123, Dinda menuturkan bahwa perkembangan desain interior itu sangat erat kaitannya dengan manusia.

“Kayak misalkan, sekarang tuh musimnya kalau di rumah, kita senengnya ngobrol di meja makan, ruang tamu tuh udah enggak ada. Jadi udah lebih ke intinya aja, sih,” katanya.

Selain eksplorasi, Dinda juga menyoroti mengenai pentingnya fleksibilitas dalam ruangan.

Desain interior, kata Dinda, harus tetap mempertimbangkan kebutuhan penghuni rumah tanpa kehilangan konsep desain yang diusung.

Lantas, jika berbicara mengenai desain interior, kira-kira seperti apa tren yang diprediksi bakal “ramai” diaplikasikan pada tahun ini?

Tren Desain Interior 2024 yang Diprediksi “Ramai” Diaplikasikan

desain interior 2024

desain interior 2024 | shutterstock

1. Desain yang Kompleks dan Detail

Berbicara dalam konteks desain interior, Dinda mengatakan bahwa kini manusia mulai semakin kompleks sehingga berpengaruh terhadap gaya yang diusung.

Adapun pengaruh yang dimaksud dapat terlihat dari pemilihan bentuk dan desain yang lebih detail.

Dalam penuturannya, Dinda menyebut kini terdapat material yang gampang diaplikasikan dan relatif enggak ribet.

“Bahan-bahan fleksibel yang mudah dilekuk. 2024 ngarahnya ke situ,” katanya.

2. Pemilihan Warna Lebih Ekstrem

Tren desain interior 2024 selanjutnya yang diprediksi bakal mencuat berhubungan dengan pemilihan warna.

“Sekarang kita lebih mainnya ke warna-warna ekstrem gitu, lebih berani,” tutur Dinda.

Warna ekstrem dan berani merujuk pada warna terang dengan apacity tinggi sehingga tak ayal menimbulkan kesan ceria, energik, dan menarik perhatian.

“Jadi, kenapa sekarang dikatakan ekstrem? Ya, kemajuan kita benar-benar lagi ekstrem. Orang-orang juga kayak eksplorasi sana-sini, lebih dinamis aja,” ucap Dinda menerangkan.

3. Bentuk Lengkung (Curve)

Sementara itu, dari segi bentuk, Dinda juga menyebut bahwa potensi kecenderungan orang untuk menggunakan bentuk lengkung dan menghilangkan sudut-sudut tajam dalam desain interior di tahun ini semakin besar.

Jika ditinjau lebih jauh, bentuk lengkungan bakal relatif memberikan kesan yang lembut, ringan, dan lapang.

Menurut Dinda, ketiga poin itulah yang diprediksi bakal menjadi tren utama pada tahun 2024.

Desain Interior: Problem Solving Dulu, Style Belakangan

Dalam Desain Interior: Teori dan Praktik yang ditulis oleh Kresna Virgitta Permana, desain interior adalah ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia.

Apabila mengacu pada pengertian tersebut, apa yang dikerjakan seorang desainer interior utamanya lebih kepada memberikan jawaban terhadap kebutuhan owner/client terkait desain dari suatu ruangan.

Hal ini pula yang mendasari Dinda ketika mengerjakan sejumlah proyek.

“Kalau ngedesain itu, style belakangan, problem solving dulu, kira-kira kebutuhan si orang ini seperti apa. Jadi, ya style belakangan,” ucap perempuan lulusan desain interior Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) tersebut kepada tim Rumah123.

Namun, sejauh pengalamannya mengerjakan beberapa proyek, salah satu yang masih sering ditemui adalah kecenderungan orang untuk FOMO atau Fear of Missing Out, yang mana hal tersebut berpengaruh pada ketiadaan karakter suatu hunian.

Di luar itu, selaku desainer interior, Dinda memiliki harapan agar para pemilik hunian mempunyai perhatian terhadap tiap-tiap ruang dari bangunan yang ditempatinya.

“Penginnya, sih, orang-orang lebih peka terhadap desain [interior]. Jadi bukan cuma enak dilihat aja, tapi benar-benar bisa digunakan, dimanfaatkan, dan dirasakan,” pungkas Dinda.

***

Itulah informasi mengenai tren desain interior pada 2024 yang diprediksi bakal banyak dipraktikkan oleh penghuni rumah.

Semoga bermanfaat, ya.

Baca ulasan menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Jika punya pertanyaan seputar rumah, KPR atau desain hunian terkini, gabung aja di forum ngobrolin properti dengan klik laman Teras123.

Dapatkan rekomendasi properti terbaik mulai dari harga dan kemudahan lainnya hanya di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya