OK

Tips Memilih Kran Wastafel Cuci Piring yang Tepat, Dijamin Nggak Auto Muncrat!

22/12/2021 by Devi Suzanti

cara memilih kran wastafel cuci piring

Pernah alami lagi cuci piring tapi baju ikutan basah? Nah, simak cara memilih kran wastafel cuci piring yang tepat dan tahan lama.

Banyak sekali pilihan kran cuci piring yang ada di pasaran. Mulai dari yang biasa hingga bentuk dan warna yang estetis.

Jika kamu tertarik untuk membeli kran di marketplace kesayangan, perhatikan spesifikasi serta review dari pelanggan lain untuk menghindari salah pilih.

Selain itu, keran cuci piring akan kamu gunakan setiap hari, sehingga pilih yang membuat kamu nyaman dan awet untuk menghindari keran bocor atau rusak.

Tidak hanya itu, jangan tergoda dengan bentuk yang cantik tanpa memperhatikan fungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Nah, berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih keran air cuci piring yang tepat yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Cara Memilih Kran Wastafel Cuci Piring

kran wastafel cuci piring

Sumber: gettyimage

1. Material Kran Cuci Piring

Kran wastafel cuci piring hadir dalam berbagai material, mulai dari plastik, besi, hingga stainless-steel. Hal itu tentunya membuat kran memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Misalnya saja kran plastik, memiliki harga yang lebih terjangkau, namun sayangnya lebih mudah rusak dan rapuh.

Sedangkan untuk kran besi, umumnya lebih kokoh dan harga yang masih terjangkau. Tetapi, material ini lebih mudah berkarat dan berlumut.

Nah, yang telah terbukti tahan lama, tidak berkarat, ringan, hingga mudah dibersihkan, disarankan untuk memilih kran berbahan stainless-steel.

2. Bentuk Kran

Setelah material kran, kamu juga perlu memperhatikan bentuknya. Kran yang paling banyak dijual di pasaran adalah yang berbentul L dan leher angsa.

Perbedaannya, kran bentuk L sumber airnya berasal dari pipa yang terpasang di dinding dapur, sedangkan kran leher angsa dari pipa tegak di bagian bawah sink.

Nah, pemilihan bentuk kran harus kamu sesuaikan dengan sistem pengairan yang ada pada wastafel, jangan sampai salah pilih dan membuat kamu rugi.

keran cuci piring

Sumber: gettyimage

3. Kran dengan 2 Suhu

Umumnya, mencuci piring memang menggunakan air dingin. Tetapi, jika kamu menginginkan bisa juga beralih ke air hangat atau panas.

Penggunaan air panas biasanya untuk mempermudah ketika mencuci peralatan masak atau makan yang banyak mengandung minyak dan lemak.

4. Perhatikan Proses Pemasangan

Setelah kamu mendapatkan kran wastafel cuci piring yang sesuai dengan kebutuhan, perhatikan juga proses pemasangannya. Berikut metode pemasangan kran cuci piring yang tepat:

– Buka kran dapur untuk menghabiskan air di dalam pipa.

– Lepaskan kran dapur dengan membuka baut. Biasanya baut terletak di bawah wastafel, tetapi ada juga yang terletak di bagian atas.

– Hilangkan bekas dempul serta kotoran lain pada wastafel.

– Buat dempul baru pada wastafel, kemudian pasang dudukan dan plat keran baru. Ikuti dengan pemasangan cincin penutup dan tunggu hingga kering.

5. Harga yang Sesuai Budget

Setelah semua kriteria telah kamu pilih, hal paling penting lainnya yang perlu diperhatikan dan paling utama adalah harga.

Banyak kran wastafel cuci piring yang bagus dan sesuai dengan yang kamu inginkan, tetapi kondisi kantong tidak mendukung. Maka pilih kran yang sesuai dengan bujet, ya.

Ada banyak toko offline maupun online yang menyediakan berbagai model kran cuci piring dengan harga yang beragam.

Jadi, kini kamu tak perlu bingung lagi dalam memilih kran wastafel cuci piring yang tepat.

Simak juga artikel.rumah123.com untuk mengetahui tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan pilihan hunian impian terbaik di berbagai lokasi.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Golden Park 2.