akses transportasi

Sebelum membeli rumah, ada tips yang bisa kamu lakukan yaitu mencoba semua akses transportasi. Kamu bisa mengetahui alternatif transportasi.

Lokasi menjadi pertimbangan orang saat membeli rumah. Pastinya kamu akan mencari rumah dengan lokasi yang strategis.

Hal ini tidak hanya mencakup lokasi rumah cukup dekat dengan sekolah, rumah sakit, pasar, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Namun, juga terkait dengan lokasi menuju ke tempat bekerja.

Ketika kamu membeli rumah, pastikan kamu sudah mengetahui lokasi rumah dan akses transportasi. Jangan lupa untuk mencoba semua akses transportasi.

Walaupun kamu memiliki mobil, coba untuk mencoba alternatif transportasi terutama transportasi publik seperti bus, kereta, dan lainnya.

Jadi kamu bisa tahu rute jalan semua transportasi menuju ke kantor atau tempat beraktivitas, ada alternatif akses transportasi.

Mencoba Semua Akses Transportasi Ketika Membeli Rumah

1. Menggunakan Kendaraan Pribadi

Biasanya rumah tapak atau hunian vertikal memiliki kemudahan akses berupa dekat dengan pintu tol.

Kamu pastinya sudah mencoba untuk mengakses berapa lama jarak dari rumah ke kantor melalui tol.

Jika kamu memiliki motor, mungkin kamu bisa mencobanya untuk menjangkau halte bus atau stasiun kereta terdekat.

Namun, tidak ada salahnya jika kamu ingin mencoba naik motor ke kantor jika jaraknya masih cukup terjangkau. Kamu bisa membandingkan akses transportasi.

2. Memanfaatkan Transportasi Umum Seperti Bus

Ada saatnya mobil kamu harus masuk bengkel dalam jangka waktu lama lantaran rusak atau harus bergantian dengan istri.

Nah, kamu harus mencari alternatif angkutan umum untuk menuju ke tempat beraktivitas alias alternatif akses transportasi.

Coba untuk naik bus umum untuk mencapai ke kantor. Sudah banyak bus umum kelas bisnis atau premium dari pinggiran Jakarta.

Tarifnya sepadan dengan fasilitas yang diberikan. Bahkan, tidak sedikit yang memilih naik bus premium ini dibandingkan harus menyetir dan terjebak kemacetan.

By the way, Transjakarta juga sudah menjangkau sejumlah kawasan di Tangerang, Bekasi, dan Depok. BRT (Bus Rapid Transit)

Transjakarta memiliki jumlah koridor dan rute yang banyak. Pastikan kamu pernah mencoba bus ini sebelum menentukan membeli rumah sebagai alternatif kemudahan akses transportasi.

3. Menggunakan Transportasi Publik Seperti Kereta Rel Listrik

Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line memiliki jalur dari Jakarta yang menjangkau sejumlah kawasan penyangga seperti Bogor, Depok, Bekasi, Cikarang, Tangerang Selatan, Tangerang, dan lainnya.

Operator KRL Commuter Line akan menambah jumlah perjalanan pada 2020 mendatang. Headway atau jarak antar kereta semakin dekat terutama untuk rute dari Bogor, Depok, dan Tangerang Selatan.

Kalau kamu pernah naik KRL Commuter Line untuk rute Jakarta-Bogor atau Jakarta-Depok, jarak kedatangan kereta cukup dekat. Kamu tidak perlu menunggu lama.

Kamu bisa mencoba KRL Commuter Line sebagai alternatif akses transportasi. Jadi kamu tidak terlalu terbiasa untuk menggunakan kendaraan pribadi.

4. Memakai Transportasi Massal Lainnya

Saat ini, transportasi massal lain yang baru selesai dibangun adalah MRT (Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu) Jakarta dan LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jakarta.

Sementara LRT Jabodebek (Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi) masih dikerjakan, tidak lagi akan selesai.

Dua moda transportasi ini bisa kamu coba ketika ingin membeli rumah. Kamu bisa membandingkan alternatif akses transportasi dari rumah ke kantor.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan berita, tips, atau panduan yang menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Sutera Winona.

Bagikan:
972 kali