tips membeli rumah- rumah123.com Ilustrasi Siswa Sekolah. Saat Membeli Rumah, Biasanya Calon Pembeli Akan Menanyakan Lokasi Sekolah Terdekat. Ada Sejumlah Cara untuk Menemukan Sekolah Terbaik yang Dekat Lokasi Rumah (Foto: Rumah123/Getty Images)

Salah satu fasilitas yang dicari ketika membeli rumah adalah sekolah. Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan saat mencari sekolah terbaik dekat rumah.

Pembeli rumah akan mempertimbangkan banyak ketika mencari hunian idaman. Dia akan melihat akses ke tempat kerja atau tempat beraktivitas lainnya.

Rumah harus memiliki akses yang mudah ke rumah sakit, pusat perbelanjaan, hingga jalan tol. Pembeli rumah pastinya menginginkan kemudahan saat ingin berbelanja, melakukan pemeriksaan kesehatan, dan lainnya.

Baca juga: Beli Rumah Dekat Sekolah Deh, Harganya Naik 12 Kali Lipat!

Kalau pembeli rumah memiliki putra putri, salah satu fasilitas yang harus dekat adalah sekolah atau universitas. Orang tua tidak ingin anak-anak mereka harus menghabiskan waktu saat pergi dan pulang sekolah.

Orang tua ingin putra putri mereka mendapatkan pendidikan yang bagus di sekolah terbaik. Biasanya malah orang tua yang mengalah. Mereka tidak keberatan kalau lokasi rumah berjauhan dengan kantor, namun dekat dengan sekolah favorit.

Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika mencari sekolah terbaik dekat rumah. Seperti apa sih tipsnya?

1. Bertanya Kepada Sales Executive Developer Atau Agen Properti

Kalau kamu membeli rumah dari developer, kamu bisa bertanya kepada sales executive atau tenaga pemasaran perusahaan pengembang. Jika kamu membeli melalui agen properti, kamu bertanya kepada broker yang bersangkutan.

Mereka sudah paham mengenai fasilitas yang akan ditanyakan oleh calon pembeli. Mereka pastinya sudah mengetahui kalau sekolah menjadi salah satu fasilitas yang dicari oleh calon pembeli rumah.

Bisa jadi sekolah terbaik tidak berada di klaster perumahan, namun biasanya ada sejumlah opsi pilihan sekolah negeri dan swasta terbaik yang berada di sekitarnya.

2. Melakukan Pencarian Secara Online

Kamu bisa mencari sekolah terbaik melalui internet. Biasanya sejumlah sekolah swasta memiliki cabang di berbagai tempat. Kamu bisa menentukan sekolah berbasis keagamaan atau internasional yang terdekat dengan lokasi rumah kamu.

Jika kamu menemukan dua tiga sekolah terbaik, berstatus swasta atau negeri, kamu harus mengecek semuanya. Mulai dari biaya sekolah, fasilitas, hingga lokasi.

Lokasi menjadi salah satu hal penting saat mencari sekolah. Jangan sampai putra putri kamu harus menghabiskan waktu lama untuk pergi ke sekolah. Kamu atau pasangan akan menghabiskan waktu untuk mengantar atau menjemput anak bersekolah.

3. Bertanya Kepada Kerabat Atau Sahabat

Salah satu cara yang paling mudah adalah bertanya kepada saudara atau teman. Kalau kamu mencari rumah di Tangerang, pastinya ada kerabat atau sahabat yang tinggal di sekitar lokasi rumah kamu.

Bisa jadi mereka telah tinggal lama di kawasan ini dan putra putri mereka menempuh pendidikan di sekolah favorit yang kamu incar. Mereka bisa memberikan informasi yang kamu perlukan.

Saudara atau teman yang telah lama tinggal di sebuah kawasan pastinya memiliki pengetahuan mendalam mengenai area tersebut. Jadi mereka bisa menjadi tempat kamu bertanya mengenai sekolah terbaik atau sekolah favorit.

Baca juga: Rumah Dekat Sekolah Keren, Bikin Harga Jual Tinggi, Lho!

Baca juga: Tips Beli Rumah: Mencoba Semua Akses Transportasi

Bagikan:
1081 kali