OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

7 Contoh Teks Moderator Seminar Proposal yang Efektif dan Menarik. Lengkap!

03 Januari 2024 · 10 min read Author: Gadis Saktika · Editor: Ilham Budhiman

teks moderator seminar proposal

sumber: freepik.com

Sebagai moderator seminar proposal skripsi, kamu tentu harus membuat acara berjalan dengan lancar dan efektif. Agar kegiatan berjalan lancar, kamu juga harus mempersiapkan teks moderator seminar proposal secara matang. Buat kamu yang mencari contohnya, yuk lihat saja informasinya pada artikel ini.

Menjadi moderator seminar proposal skripsi sering kali membuat seseorang merasakan ketegangan, kegugupan, dan rasa takut yang wajar.

Namun, tidak perlu cemas karena ada berbagai cara untuk mengatasi atau bahkan menghilangkan rasa tegang tersebut.

Langkah-Langkah Menjadi Moderator Seminar Proposal

Mengutip dari Buku Ajar Public Speaking yang ditulis Nina Siti, dkk. menjadi seorang moderator di sebuah acara perlu membuat run down serta langkah-langkah yang harus dilakukan mulai dari awal acara sampai akhir acara.

Langkah-langkah tersebut antara lain:

  • Melakukan pembukaan
  • Mengucapkan sambutan selamat datang
  • Menguraikan latar belakang dengan singkat dan tujuan seminar/diskusi/presentasi
  • Memperkenalkan pembicara
  • Menentukan waktu dan mekanisme tanya jawab
  • Mengundang pembicara menyajikan materi/presentasi
  • Merangkum inti presentasi dari pemateri
  • Mempersilahkan peserta untuk bertanya
  • Mengucapkan terima kasih kepada pembicara dan peserta Menutup diskusi/seminar/presentasi

7 Contoh Teks Moderator Seminar Proposal

Setelah mengetahui penjelasan di atas, kamu juga perlu mengetahui referensi contoh teks moderator seminar proposal secara online sebagai panduan untuk memastikan kelancaran jalannya rapat atau diskusi yang kamu pimpin.

Terkait itu, Rumah123 telah menghimpun contoh teks moderator seminar proposal tersebut pada uraian di bawah ini.

1. Teks Moderator Seminar

Selamat pagi saudara-saudara sekalian!

Saya (Nama Anda), akan menjadi moderator dalam acara seminar ini, dan saya sangat senang bisa berada di sini untuk memandu kita melalui sesi yang sangat penting ini. Sebelum kita memulai, izinkan saya menyampaikan salam dan terima kasih kepada semua peserta yang telah hadir dalam acara ini.

Hari ini, kita akan mendengarkan proposal seminar yang disampaikan oleh (Nama Presenter) dengan judul yang menarik, “(Judul Seminar)”. Proposal ini sangat relevan dan memiliki potensi untuk memberikan kontribusi yang berarti dalam bidangnya.

Sebelum kita mendengarkan presentasi, saya ingin memberikan sedikit pengantar tentang alur acara. Pertama, setelah presentasi, akan ada sesi tanya jawab. Saya ingin mengajak semua peserta untuk menyimpan pertanyaan mereka hingga akhir presentasi. Setelah itu, kita akan memberikan kesempatan kepada audiens untuk berbagi pemikiran dan masukan mereka.

Berbicara tentang aturan, setiap peserta yang ingin bertanya atau memberikan komentar dapat menggunakan mikrofon yang telah disediakan. Mohon berikan nama dan institusi Anda sebelum bertanya agar presenter dapat memberikan jawaban yang sesuai.

Sebelum kita masuk ke sesi presentasi, saya ingin mengingatkan kita semua untuk menjaga kenyamanan dan hormat satu sama lain selama acara ini. Mari kita berikan perhatian penuh kepada presenter dan saling mendukung untuk menciptakan atmosfer yang positif dan konstruktif.

Tanpa membuang waktu lebih lanjut, mari kita sambut dengan hangat (Nama Presenter) untuk memulai presentasinya. Mari kita dengarkan dengan seksama dan berikan perhatian penuh. Setelah presentasi selesai, kita akan membuka sesi tanya jawab dan diskusi.

Terima kasih banyak, dan selamat mendengarkan!

2. Teks Moderator Seminar Proposal

menulis

sumber: shutterstock.com

Terima kasih kepada MC atas kesempatan yang diberikan.

Selamat datang, peserta seminar. Mari kita masuki inti acara yang dinantikan, yaitu penyampaian materi dan diskusi, diikuti dengan sesi tanya jawab setelah kedua pemateri menyampaikan materi mereka.

Namun sebelumnya, izinkan saya menyapa para dosen dan peserta terlebih dahulu…

Salam hormat untuk Ibu Ferida Yuamita, ST., M.Sc, selaku Ketua Program Studi Teknik Industri. Salam hormat untuk Bapak Suseno, STP., MT, selaku Ketua Pelaksana Seminar Internal Teknik Industri. Salam hormat untuk Bapak Sugiono, ST., MT., Ph.D sebagai Pemateri I. Salam hormat untuk Ibu Widya Setifindari sebagai Pemateri II. Salam hormat untuk seluruh dosen yang hadir, Dan juga salam hormat untuk para peserta seminar internal Teknik Industri yang saya hargai.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hadirin yang saya hormati, seperti yang telah diumumkan, tema seminar hari ini adalah “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” Informasi yang akan kita terima pada seminar ini sangat penting, dan kita berharap dapat menyamakan persepsi dalam seminar internal kali ini.

Sebelum materi disampaikan, izinkan saya memberikan sedikit pengantar terkait dengan materi yang akan disampaikan oleh para pemateri.

Secara umum, forum ilmiah seperti ini memiliki nilai penting dan keberhasilannya bergantung pada efektivitas diskusi. Oleh karena itu, kami harap seluruh hadirin dapat memperhatikan dan mengikuti diskusi dengan baik.

Berikut adalah beberapa ketentuan untuk acara inti kita:

  1. Setiap pembicara memiliki waktu 45 menit untuk menyampaikan materi.
  2. Peserta diminta untuk tidak menginterupsi selama pemateri menyampaikan materi.
  3. Sesuai tanya-jawab akan dibuka setelah kedua pemateri selesai menyampaikan materi.

Demikianlah aturan yang akan diterapkan.

Selanjutnya, kami persilakan Bapak Sugiono, ST., MT., Ph.D, sebagai pemateri pertama, untuk menyampaikan materinya.

Terima kasih bapak…

Selanjutnya, mari kita dengarkan materi dari pemateri kedua, Ibu Widya Setifindari. Kepada beliau kami persilakan…

Terima kasih ibu…

Hadirin yang kami hormati, demikianlah rangkuman materi dari kedua pemateri hari ini.

Pada materi pertama dengan judul “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi,” dapat disimpulkan bahwa_________________________

Sedangkan pada materi kedua berjudul “Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing,” kesimpulannya adalah_________________________

Kedua pemateri telah menyampaikan materi mereka, dan sekarang kami akan membuka sesi tanya jawab. Berikut beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan:

  1. Peserta yang bertanya, mohon sebutkan identitas terlebih dahulu.
  2. Pertanyaan diajukan secara singkat, padat, dan jelas.

Baiklah, kita mulai sesi diskusi ini. Saya persilakan para hadirin untuk bertanya…

Hadirin sekalian, demikianlah acara seminar kali ini yang membahas “Industri dan Pembelajarannya dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.” Sebelum kita akhiri sesi ini, saya akan mencoba merangkum hasil seminar ini, yaitu_________________________

Terima kasih kepada para pemateri dan semua peserta yang telah berpartisipasi dalam seminar ini. Terima kasih juga kepada para hadirin. Akhir kata, selaku moderator, saya undur diri. Semoga kita dapat bertemu kembali dalam seminar lainnya. Terima kasih.

Wabillahi Taufiq wal hidayah, wassalamualaikum wr. wb.

3. Contoh Teks Seminar Proposal

Selamat pagi/ siang/ malam, yang terhormat Bapak/Ibu Dosen pembimbing, teman-teman sejawat, dan para hadirin yang saya cintai. Terima kasih kepada Bapak/Ibu Dosen yang telah memberikan kepercayaan kepada saya sebagai moderator pada kesempatan yang berharga ini.

Sebelum kita memulai presentasi proposal skripsi, izinkan saya untuk menyampaikan salam hormat kepada:

  1. [Nama Pembimbing Skripsi Pertama],
  2. [Nama Pembimbing Skripsi Kedua],
  3. Para Dosen yang turut hadir,
  4. Teman-teman mahasiswa yang berada di dalam ruangan ini.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hadirin yang saya hormati, hari ini kita akan menyaksikan presentasi proposal skripsi dari mahasiswa/i yang telah berusaha keras dalam menyelesaikan tahap awal penelitian mereka. Proposal ini merupakan hasil kerja dan pemikiran mereka dalam mengangkat topik yang telah disetujui.

Sebelum kita mendengarkan presentasi lebih lanjut, izinkan saya memberikan beberapa petunjuk terkait jalannya acara:

  1. Setiap mahasiswa/i akan diberikan waktu presentasi selama 15 menit.
  2. Setelah presentasi, akan ada sesi tanya jawab dari para dosen penguji.
  3. Pertanyaan dari dosen penguji harus diajukan secara singkat, padat, dan jelas.
  4. Saya mohon kepada mahasiswa/i yang sedang presentasi untuk memperhatikan waktu dan menyelesaikan presentasi sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Tanpa membuang waktu lebih lama, mari kita mulai acara presentasi proposal skripsi hari ini. Saya persilakan [Nama Mahasiswa/i Pertama] untuk memulai presentasinya.

Terima kasih…

Selanjutnya, mari kita dengarkan presentasi dari [Nama Mahasiswa/i Kedua]. Silakan memulai presentasinya.

Terima kasih…

Hadirin yang saya hormati, demikianlah presentasi proposal skripsi dari kedua mahasiswa/i. Sekarang, kita akan masuk ke sesi tanya jawab. Saya mengajak para dosen penguji untuk menyampaikan pertanyaan mereka.

Selama sesi tanya jawab, saya mohon agar mahasiswa/i tetap tenang dan menjawab pertanyaan dengan sebaik-baiknya.

Baik, mari kita mulai sesi tanya jawab ini. Saya persilakan dosen-dosen untuk bertanya.

Hadirin sekalian, demikianlah acara presentasi proposal skripsi kali ini. Saya ingin menyimpulkan bahwa kedua mahasiswa/i telah memberikan usaha terbaik mereka dalam menyajikan proposal skripsi. Terima kasih kepada para dosen penguji atas pertanyaan-pertanyaan yang relevan.

Akhir kata, saya selaku moderator mengucapkan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu Dosen, teman-teman mahasiswa, dan semua hadirin. Semoga proposal skripsi ini dapat memberikan sumbangan positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Wassalamualaikum wr.wb.

4. Teks Moderator Seminar Proposal

Selamat pagi/ siang/ malam, Bapak/Ibu Dosen pembimbing, teman-teman mahasiswa, dan para hadirin yang saya cintai. Terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu sekalian. Saya merasa sangat terhormat dapat memandu acara presentasi proposal skripsi hari ini.

Sebelum kita masuk ke dalam presentasi, izinkan saya menyampaikan salam hormat kepada:

  1. [Nama Pembimbing Skripsi Pertama],
  2. [Nama Pembimbing Skripsi Kedua],
  3. Para Dosen yang turut hadir,
  4. Rekan-rekan mahasiswa yang hadir di ruangan ini.

Assalamu’alaikum wr.wb.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan ini, kita akan menyaksikan presentasi proposal skripsi dari dua mahasiswa/i yang telah menempuh perjalanan panjang untuk mencapai tahap ini. Proposal ini mencerminkan hasil jerih payah mereka dalam mengembangkan ide dan merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan.

Sebelum kita memulai presentasi, mari kita tetapkan beberapa petunjuk pelaksanaan acara:

  1. Waktu presentasi untuk setiap mahasiswa/i adalah 20 menit.
  2. Setelah presentasi, akan ada sesi tanya jawab dari dosen penguji.
  3. Mohon kepada mahasiswa/i untuk memperhatikan waktu dan menyelesaikan presentasi sesuai batas waktu yang telah ditentukan.

Tanpa membuang waktu lebih lama, mari kita mulai acara presentasi proposal skripsi hari ini. Saya persilakan [Nama Mahasiswa/i Pertama] untuk memulai presentasinya.

Terima kasih…

Selanjutnya, mari kita dengarkan presentasi dari [Nama Mahasiswa/i Kedua]. Silakan memulai presentasinya.

Terima kasih…

Hadirin yang saya hormati, kedua presentasi proposal skripsi telah disampaikan. Sekarang, kita akan masuk ke sesi tanya jawab. Saya mengajak para dosen penguji untuk menyampaikan pertanyaan mereka.

Selama sesi tanya jawab, saya mohon kepada mahasiswa/i untuk tetap tenang dan menjawab pertanyaan dengan sebaik-baiknya.

Baik, mari kita mulai sesi tanya jawab ini. Saya persilakan dosen-dosen untuk bertanya.

Hadirin sekalian, demikianlah acara presentasi proposal skripsi kali ini. Saya ingin menyimpulkan bahwa kedua mahasiswa/i telah memberikan usaha terbaik mereka dalam menyajikan proposal skripsi. Terima kasih kepada para dosen penguji atas pertanyaan-pertanyaan yang konstruktif.

Akhir kata, saya selaku moderator mengucapkan terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu Dosen, rekan-rekan mahasiswa, dan semua hadirin. Semoga proposal skripsi ini membawa kontribusi positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Wassalamualaikum wr.wb.

5. Teks Moderator Seminar

Assalamualaikum wr. wb.

Segala puji bagi Allah, dalam kesempatan ini, kita bersyukur dapat berkumpul dalam acara seminar yang menyajikan hasil penelitian dari saudara …(nama penyaji).

Pertama-tama, izinkan saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak …(Nama dosen 1) selaku dosen pembimbing 1 dan (Nama Dosen 2) selaku dosen pembimbing 2 yang telah berkenan hadir, serta kepada teman-teman yang turut hadir dalam kesempatan ini.

Adapun rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Presentasi hasil penelitian oleh saudari Leli Nurvita
  3. Sesi tanya jawab dari penyangga utama dan dilanjutkan dengan penyangga umum
  4. Kritik dan saran dari dosen pembimbing
  5. Pemaparan kesimpulan dari seminar hasil penelitian

Sebelum kita lanjutkan ke susunan acara berikutnya, mari kita buka acara ini dengan membaca basmalah bersama-sama. Selanjutnya, saya persilahkan saudara …(nama penyaji) untuk memulai presentasi hasil penelitiannya pada waktu dan tempat yang telah ditentukan.

Berikutnya, kita akan masuk ke acara ketiga, yaitu sesi tanya jawab oleh penyangga utama.

Selanjutnya, kita akan membuka sesi tanya jawab kepada penyangga umum. Jika ada pertanyaan, silakan diutarakan.

Kemudian, acara berikutnya adalah kritik dan saran dari dosen pembimbing. Kepada saudara …(nama dosen), izinkan saya memberikan kesempatan.

Acara terakhir adalah pemaparan kesimpulan. Saya akan menyampaikan kesimpulan dari seminar hasil penelitian ini.

Dengan diakhiri pemaparan kesimpulan, marilah kita mengakhiri acara seminar hasil penelitian pada hari ini. Saya, sebagai moderator, mengucapkan terima kasih atas kehadiran saudara-saudara sekalian. Mari kita tutup acara ini dengan bacaan hamdalah. Akhir kata, wassalamualaikum wr. wb.

6. Teks Moderator Seminar

teks moderator seminar proposal

sumber: id.scribd.com

7. Teks Moderator Seminar Proposal

teks moderator seminar proposal

sumber: id.scribd.com

***

Semoga bermanfaat, ya.

Temukan informasi menarik lainnya, seperti teks moderator presentasi kelompok di artikel.rumah123.com.

Dapatkan juga informasi terbaru dari Rumah123 dengan cara mengikuti Google News kami.

Kunjungi www.rumah123.com yuk untuk dapatkan hunian baru impian!

Tersedia berbagai rumah yang terjangkau dengan diskon menarik karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA