OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Siap-Siap! Tarif Tol Jakarta Cikampek Bakal Naik, Ini Penyebabnya

09 Januari 2023 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

tol jakarta cikampek

Penyesuaian tarif Tol Jakarta Cikampek akan segera diberlakukan. Berapa besaran tarif tol baru?

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) melalui Kementerian PUPR memastikan akan segera melakukan penyesuaian atau kenaikan tarif Jalan Tol Jakarta Cikampek dalam waktu dekat. 

Adapun penyesuaian tarif tersebut otomatis akan terintegrasi langsung dengan Tol Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ) yang terletak tepat di atas Tol Jakarta Cikampek. 

“Jalan Tol Jakarta-Cikampek sedang kita proses (tarif penyesuaiannya), yang di atas kan mengikuti,” kata Kepala BPJT Kementerian PUPR Danang Parikesit dikutip dari Detik.com.

Besaran Tarif Tol Belum Diputuskan

tarif tol jakarta cikampek

Sumber: Gridoto.com

Meskipun penyesuaian tarif Tol Jakarta Cikampek akan dilakukan segera, tetapi pihak BPJT belum menentukan berapa besaran tarif tol baru yang akan diterapkan. 

Alasannya, pihak BPJT masih belum memberi keputusan resmi terkait dengan besaran tarif baru yang akan diberlakukan, termasuk waktu penerapannya. 

“(Berapa persen kenaikan) belum putus. Harapan kita secepatnya lah (berlaku) ya kalau perhitungan kita bisa diterima. Itu kan hasil perhitungan bersama,” kata Danang.

Sebagai informasi, tarif jalan tol yang diberlakukan saat ini disesuaikan dengan Keputusan Menteri PUPR Nomor 1524/KPTS/M/2020.

Adapun keputusan tersebut berisi tentang Pengintegrasian Sistem Pengumpulan Tol hingga Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jakarta-Cikampek.

Penyebab Kenaikan Tarif Tol Jakarta Cikampek

penyebab kenaikan tarif tol

Sumber: Antaranews.com

Perlu diketahui bahwa kenaikan tarif tol merupakan hal yang lumrah terjadi. 

Sebab, penyesuaian tarif tol biasanya dilakukan setiap dua tahun sekali dengan menyesuaikan beberapa faktor, termasuk pengaruh laju inflasi. 

Di sisi lain, penyesuaian juga berdasarkan evaluasi pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pada ruas tol tersebut. 

“Tol Layang MBZ kan jadi satu sama bawah, itu yang bawah (Tol Jakarta-Cikampek) kan sudah 6 tahun nggak ada penyesuaian tarif,” jelas Danang.

Jasa Marga Berharap Penyesuaian Tarif Tol Segera Belaku

pemberlakuan tarif tol baru jakarta cikampek

Sumber: Sindonews.com

PT Jasa Marga Tbk selaku pihak yang menaungi PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) yang mengelola Jalan Layang MBZ berharap penyesuaian tarif bisa diberlakukan dalam waktu dekat. 

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur pada beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut, Subakti pun memastikan iklim investasi jalan tol di Indonesia akan tetap kondusif, sehingga masyarakat tak perlu khawatir dengan kenaikan tarif ini.

“Jangan takut, pemerintah akan selalu menjaga iklim investasi dengan memberikan hak-haknya terutama penyesuaian tarif,” kata Subakti dalam laman Detik.com.

***

Itulah informasi mengenai kenaikan tarif jalan Tol Jakarta Cikampek. 

Bagaimana tanggapan Property People terkait hal ini?

Temukan informasi menarik lainnya seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Jangan lupa ikuti terus akun Google News kami untuk mendapatkan berita terbaru, ya.

Sedang menari hunian terbaik seperti di Citra Maja Raya?

Yuk, cek selengkapnya di Rumah123.com dan dapatkan penawaran terbaik karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA