OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Jalan Tol IKN - Balikpapan Mulai Dibangun oleh Kementerian PUPR

25 Oktober 2022 · 3 min read Author: Christantio Utama

pembangunan jalan tol ikn

Jalur jalan tol yang menghubungkan IKN dan Kota Balikpapan sudah mulai dibangun untuk membantu mobilitas masyarakat sekitar. Simak beritanya!

Jalan tol merupakan infrastruktur yang sangat penting dalam perkembangan sebuah kota.

Apabila konektivitas sebuah wilayah sudah sangat baik, maka mobilitas warga serta kegiatan ekonomi bisa tumbuh dengan cepat.

Pemerintah kini tengah fokus membangun IKN (ibu kota negara) Nusantara dalam waktu 2 tahun kedepan guna mempersiapkan segala hal mulai dari sarana dan prasarananya.

Salah satu proyek yang masuk ke dalam tahap pengerjaan adalah jalan tol Ibu Kota Nusantara-Balikpapan.

Proyek Pembangunan Jalan Tol IKN – Balikpapan Dimulai

Jalan tol ikn balikpapan

Sumber: PT Jasmarga Related Business

Kementerian PUPR meresmikan pekerjaan jalan tol yang menghubungkan antara kota Balikpapan dengan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN.

Kepala Balai Prasarana Wilayah Kaltim PUPR Rojali Indra Saputra menyampaikan hal ini kepada Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Ia menjelaskan dalam pemaparan rencana proyek pembangunan infrastruktur di IKN di titik nol kilometer IKN di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Sabtu (15/10/2022).

“Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 63 tahun 2022, kami dari Balai Prasarana dan Pemukiman Kalimantan Timur mendapatkan mandat dan amanah untuk membangun infrastruktur pendukung IKN hingga tahun 2024 mendatang, untuk sektor infrastruktur jalan,” kata Rojali Indra Saputra, mengutip Berita Satu.

“Proses yang saat ini sedang berlangsung adalah proyek pembangunan jalan tol yang menghubungkan Kota Balikpapan langsung menuju ke KIPP IKN,” lanjutnya.

Kalau jalan tol ini selesai, maka waktu tempuh dari IKN ke kota Balikpapan maupun sebaliknya hanya sekitar 30 menit yang sebelumnya mencapai sekitar 1 jam.

Jalan Tol IKN-Balikpapan Terdiri dari Empat Ruas

Merujuk data Balai Prasarana dan Pemukiman PUPR wilayah Kalimantan Timur, pembangunan akses jalan tol hingga tahun 2024 mendatang.

Nantinya, akses ini akan terbagi menjadi empat ruas jalan tol dengan jumlah total sepanjang 75,62 km.

Keempat ruas tol tersebut antara lain Jalan Tol IKN Segmen Karang Joang-Kariangau sepanjang 13,4 km, Jalan Tol IKN segmen Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,35 km.

Lantas ada Jalan tol IKN segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,67 km dan Jalan tol IKN segmen Bandara VVIP sepanjang 5,77 km.

***

Nah, itulah sedikit informasi mengenai proyek pembangunan jalan tol Ibu Kota Nusaantara– Balikpapan oleh Kementerian PUPR.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com dan 99.co.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Jakarta Garden City Jakarta Timur.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com dan follow Google News Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya