Kucing kamu hamil melulu? Tenang, artikel ini  mengulas beberapa cara mencegah kucing hamil terus-menerus, tentunya agar kamu tidak pusing.

Kucing merupakan binatang peliharaan yang terbilang mudah dipelihara, apalagi manfaat memelihara kucing juga banyak.

Namun, akan menjadi sulit jika kucing kamu terus menerus hamil dan melahirkan banyak anak. Apalagi kucing bisa melahirkan sejumlah anak sekaligus.

Saat memelihara kucing betina banyak sekali kekhawatiran bagi pemiliknya, salah satunya adalah melahirkan banyak anak.

Karena, banyaknya kucing yang dilahirkan menimbulkan pemilik tidak dapat mengurus semuanya, sehingga bukan tidak mungkin menjadi kucing liar atau terbuang.

Bukankah hal tersebut kamu ingin hindari? Oleh karena itu, kamu perlu mencegah kucing peliharaan kamu supaya tidak hamil terus menerus.

Tetapi, bagaimana cara mencegah kucil hamil terus menerus? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 Cara Mencegah Kucing Hamil

Seperti dilansir dari laman Kompas.com, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk mencegah kucing peliharaan kamu hamil di antaranya:

1. Jangan Biarkan Kucing Keluar Rumah Saat Birahi

Salah satu tanda kucing mengalami birahi atau ingin kawin, biasanya cenderung berisik dan seperti sedang memanggil kucing jantan untuk mendekat.

Nah, ketika kucing peliharaan kamu melakukan itu, jangan biarkan mereka keluar rumah. Dengan begitu, kucing kamu tidak akan hamil oleh kucing jantan di luar rumah.

Kamu bisa mengurung kucing betina di dalam kandang atau biarkan berkeliaran di dalam rumah saja.

Meskipun terkesan menyiksa, tapi dengan melakukan hal itu, kucing peliharaan kamu tidak akan hamil.

2. Pisahkan dengan Kucing Jantan di dalam Rumah

Jika kamu memiliki beberapa kucing, dan terdapat kucing jantan serta betina, disarankan untuk memisahkan keduanya ketika ingin kawin.

Cara mencegah kucing hamil sangat efektif, karena tidak menutup kemungkinan mereka akan kawin ketika tidak dalam pengawasan.

3. Sterilisasi

Sterilisasi adalah salah satu cara mencegah kucing hamil. Hal ini pun untuk kesehatan kucing kamu, supaya tidak terus menerus melahirkan anak.

Sterilisasi atau pemandulan merupakan cara yang sudah banyak dilakukan terhadap kucing maupun anjing, untuk menghindari populasi kucing liar yang berlebihan.

4. Memasang Feliway Diffuser

Feliway diffuser merupakan sebuah alat yang mengeluarkan zat feromon (senyawa kimia yang memikat lawan jenis) dari tubuh kucing.

Kucing akan lebih tenang ketika masuk dalam masa birahinya. Bentuk dan cara kerja alat ini mirip seperti pengharum ruangan yang mengeluarkan zat kimia.

Jadi, zat yang dikeluarkan feliway diffuser adalah salah satu cara mencegah kucing hamil. Namun, kamu hanya perlu menggunakan alat ini sebelum kucing memasuki masa birahinya.

Rumah123.com sempat menayangkan artikel mengenai cara menghilangkan kutu kucing, hal yang sering terjadi pada anak bulu.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Yukata Suites.

Bagikan:
524 kali