OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Contoh Teks Sambutan Maulid Nabi Muhammad Singkat. Padat dan Jelas!

27 Agustus 2023 · 9 min read Author: Gadis Saktika

sambutan maulid nabi

Sambutan Maulid Nabi | sumber: id.scribd.com & shutterstock.com

Esok harus mengisi sambutan Maulid Nabi di masjid atau sekolah? Buat kamu yang belum terbayang dengan apa yang harus dikatakan, yuk lihat contohnya pada artikel ini!

Maulid Nabi adalah momen bersejarah bagi umat Islam.

Bagaimana tidak, Maulid Nabi merupakan hari kelahiran Rasulullah saw.

Di momen Maulid Nabi, umumnya masyarakat mengadakan kegiatan atau lomba-lomba di sekolah, pesantren, madrasah diniyah, hingga di lingkungan sekitar.

Dalam pelaksanaannya, terdapat sambutan Maulid Nabi yang harus dilakukan oleh pemangku kepentingan.

Nah, apakah kamu juga ditugaskan untuk melakukan sambutan Maulid Nabi?

Kalau kamu sedang mencari contoh sambutan Maulid Nabi, yuk lihat informasinya pada uraian di bawah ini.

Contoh Sambutan Maulid Nabi

sambutan maulid nabi

sumber: id.scribd.com

1. Sambutan Maulid Nabi

Contoh sambutan Maulid Nabi ini bisa banget kamu jadikan acuan untuk disampaikan kepada jemaat.

Bismillah. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin. Wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Asyadu alla ilaha illalah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua.

Yang terhormat, para tamu undangan serta para panitia kegiatan Maulid Nabi 1445 Hijriah.

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah Swt., Tuhan Semesta Alam yang senantiasa memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita bisa berkumpul dalam ruangan ini dalam rangka melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah Tahun 2023.

Salawat dan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad saw.

Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia.

Di awal kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia, perangkat desa, serta semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk menyukseskan kegiatan Maulid Nabi Muhammad saw. 1445 Hijriah.

Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih pula secara khusus kepada al-Ustadz “Guru Penyemangat” atas ketersediaan dan hadirnya.

Semoga kita semua bisa memetik hikmah dan kebaikan di momentum Maulid Nabi di tengah pandemi ini.

Kami selaku panitia menyadari bahwa kita perlu memetik momentum Maulid Nabi dalam rangka meningkatkan kecintaan kepada Nabi Muhammad saw. Tidak hanya bagi generasi tua, melainkan generasi muda khususnya anak-anak kita.

Maka dari itu, sebagai pelengkap kegiatan peringatan Maulid Nabi tahun 2023 ini, kita juga sudah menyediakan beberapa tangkai lomba seperti pildacil, azan, baca Quran, hingga cerdas cermat Islam.

Bapak, Ibu, serta saudara sekalian.

Saya selaku ketua panita dan mewakili teman-teman sekalian meminta maaf atas segala kekurangan yang terjadi pada kegiatan kali ini baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja.

Marilah sama-sama kita menyukseskan kegiatan Maulid Nabi 1445 Hijriah dengan semangat, dengan niat yang tulus dan ikhlas seraya mengharap ridha Allah semata.

Demikianlah beberapa untai kata yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh.

2. Sambutan Maulid Nabi Singkat

Adapun sambutan Maulid Nabi ini bisa juga kamu jadikan referensi.

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Desa (atau Sebutkan jabatan tertinggi yang hadir di acara tersebut)

Yang terhormat, para tamu undangan

Serta para panitia kegiatan Maulid Nabi 1445 Hijriah yang kami sayangi.

Alhamdulillahi rabbil ’aalamiin, wash-sholaatu wassalaamu ‘ala asyrofil anbiyaa-i walmursaliin, wa’alaa alihi washohbihii ajma’iin ammaba’adu.

Puji syukur mari kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita begitu banyak nikmat dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul dalam ruangan/masjid ini dalam rangka melaksanakan kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1445 Hijriah Tahun 2023.

Selanjutnya, sholawat serta salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bersholawat kita akan mendapat syafaatnya besok di Hari Kiamat. Amin.

Hadirin yang dirahmati Allah!

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia, perangkat desa, serta semua pihak yang telah menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk menyukseskan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 Hijriah ini.

Saya juga mengucapkan terima kasih secara khusus kepada bapak/ibu (orang spesial yang hadir dalam acara, misal bupati) atas ketersediaan untuk hadir dalam acara ini. Semoga kita semua bisa memetik hikmah dan kebaikan di momentum Maulid Nabi Muhammad SAW.

Selaku panitia, kami menyadari begitu pentingnya mengingatkan kembali kepada masyarakat betapa pentingnya menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri tauladan. Peringatan Maulid Nabi ini adalah momen yang sangat cocok untuk meningkatkan kembali kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW, khususnya bagi generasi muda dan anak-anak.

Maka dari itu, sebagai pelengkap kegiatan peringatan Maulid Nabi tahun 2022 ini, kita juga sudah menyediakan beberapa rangkaian lomba yaitu lomba pidato, adzan, qira’ah dan cerdas cermat keagamaan.

Hadirin yang berbahagia!

Tak lupa, saya selaku ketua panita dan mewakili teman-teman sekalian meminta maaf atas segala kekurangan yang terjadi pada kegiatan kali ini baik itu secara sengaja maupun tidak disengaja. Marilah sama-sama kita menyukseskan kegiatan Maulid Nabi 1444 Hijriah dengan semangat, dengan niat yang tulus dan ikhlas seraya mengharap ridho Allah semata.

Demikianlah kata sambutan singkat dari saya. Mohon maaf apabila ada salah kata.

Akhiran, wassalamu ’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

3. Kata Sambutan Maulid Nabi

Nah, kata sambutan Maulid nabi yang satu ini bisa dipakai untuk kegiatan lomba di masjid lingkungan terdekat.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Marhaban ya jama’ah yang dirahmati Allah,

Alhamdulillah, pada kesempatan yang berbahagia ini, kita bersama-sama berkumpul di masjid ini untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Rasulullah adalah rahmat bagi seluruh alam, dan dalam peringatan Maulid ini, kita ingin mengenang dan memahami lebih dalam ajaran-ajaran yang beliau bawa kepada umat manusia.

Maulid Nabi bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga kesempatan bagi kita untuk memperdalam pemahaman terhadap kehidupan dan ajaran Nabi Muhammad. Dari keteladanan beliau dalam akhlak, sikap rendah hati, hingga uswah teladan dalam beribadah kepada Allah, semuanya adalah panduan bagi kita dalam menjalani kehidupan ini dengan baik.

Melalui kegiatan ini, semoga kita bisa semakin mengenal dan mencintai Nabi Muhammad serta mengambil inspirasi dari perjalanan hidup beliau. Mari kita bermuhasabah, merenungkan sejauh mana kita telah mengikuti ajaran beliau dalam kehidupan sehari-hari. Dan tentu saja, mari kita tingkatkan ikhtiar kita untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan cara yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Dalam menyambut Maulid Nabi ini, semoga kita bisa mempererat tali silaturahmi antara sesama jama’ah masjid ini. Kita bisa saling berbagi kasih sayang, saling membantu dalam kebaikan, dan menjaga kebersamaan dalam menjalankan ajaran Islam.

Mari kita ambil pelajaran dari kehidupan Rasulullah, mengambil teladan dalam berbakti kepada Allah dan berkhidmat kepada sesama. Semoga peringatan Maulid Nabi ini membawa berkah dan keberkahan bagi kita semua.

Akhir kata, marilah kita terus menghidupkan sunnah Nabi dalam segala aspek kehidupan kita. Semoga Allah meridhai langkah-langkah kita menuju kesempurnaan iman dan amal.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4. Contoh Teks Sambutan Maulid Nabi

Inilah contoh teks sambutan Maulid Nabi singkat yang cocok dipakai untuk kamu yang berprofesi sebagai kepala sekolah.

Assalamu ‘alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Innalhamdalillahi nahmaduhu wanasta’inuhu wanastaghfiruhu wana’udzubillahi min syuruuri anfusinaa wamin sayyiaati a’maalina man yahdillahu falaa mudhillalahu waman yudhillhu falaa haadiyalahu. Asyhadu alla ilaaha illallah wa asyhadu anna muhammdan ‘abduhuu warosuluh.

Yang kami hormati, Bapak dan Ibu Guru Sekolah Menengah Pertama Kota Sumber Makmur

Serta anak-anakku sekalian yang dimuliakan Allah.

Pertama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang senantiasa memberikan kita beragam nikmat baik di kala lapang maupun sempit sehingga kita bisa hadir di aula sekolah yang penuh ilmu ini dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad 1444 Hijriah tahun 2022.

Sholawat beriring salam senantiasa tercurahkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW yang telah membawa kedamaian kepada penduduk bumi, membawa umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang. Mari kita memperbanyak sholawat atas Nabi, agar kita semua mendapat syafaat beliau di Hari Kiamat. Allahuma Amin.

Alhamdulillah, kita bisa kembali berkumpul di hari yang berbahagia ini sekaligus belajar bersama dalam rangka meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

Saya sebagai kepala sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap panitia penyelenggara acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Hakikatnya, Maulid Nabi ialah momentum yang sangat baik bagi kita untuk menambah ilmu, ketakwaan, serta keimanan kepada Allah SWT. Selain itu juga untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pelita kehidupan.

Dengan terselenggaranya acara lomba di sekolah ini, semoga murid-murid sekalian bisa mengingat dan menerapkan semangat dakwah yang diajarkan Rasulullah SAW. Dan senantiasa menjadikannya sebagai suri tauladan dalam kehidupan sehari-hari.

Saya harap, kita semua dapat mengikuti rangkaian kegiatan peringatan Maulid Nabi dengan khusyuk, agar setiap napas yang kita hirup dan keluarkan mengalir banyak keberkahan.

Demikian itulah kata sambutan Maulid Nabi yang dapat saya sampaikan. Ada kurangnya saya mohon maaf, sementara jika ada lebihnya adalah kemurahan dari Allah SWT.

Akhiran, wa billahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum wa rahmatullah wa barakatuh.

5. Teks Sambutan Maulid Nabi Singkat

sambutan maulid nabi

sumber: id.scribd.com

Teks sambutan Maulid Nabi singkat ini memiliki makna yang mendalam.

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Alhamdulillah, pada kesempatan yang penuh berkah ini, kita berkumpul untuk merayakan momen yang sangat istimewa, yaitu Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi besar kita, Rasulullah, adalah cahaya yang menerangi dunia dengan ajaran-ajaran suci dan petunjuk yang membawa kita ke jalan yang benar.

Maulid Nabi merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk merenungkan perjalanan hidup Rasulullah, dari kelahiran yang mulia hingga akhir hayatnya yang penuh kesabaran dan keteladanan. Rasulullah adalah teladan terbaik bagi umatnya, mengajarkan kita tentang kasih sayang, kejujuran, kepedulian terhadap sesama, dan ketundukan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dalam merayakan Maulid Nabi, mari kita tingkatkan cinta dan penghargaan kita terhadap Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan mengikuti jejaknya dalam segala aspek kehidupan. Mari kita terus mendalami ajaran-ajaran beliau, mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan menjadi duta-duta kebaikan bagi dunia.

Saat kita merayakan Maulid Nabi, mari kita bersama-sama merenungkan bagaimana kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik, lebih bermartabat, dan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Semoga peringatan Maulid Nabi ini dapat memberikan inspirasi dan semangat baru dalam menjalani kehidupan kita dengan penuh kebaikan dan keberkahan.

Akhir kata, marilah kita terus berusaha untuk menghidupkan sunnah-sunnah Nabi dalam setiap langkah kita. Semoga Allah meridhai kita semua dan menguatkan iman kita. Amin.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

***

Semoga bermanfaat, ya.

Cek artikel lainnya dengan topik serupa seperti contoh pidato Maulid Nabi lewat artikel.rumah123.xom

Temukan beragam informasi menarik lainnya dengan mengikuti Rumah123 di Google News, ya.

Kunjungi juga artikel.rumah123.com untuk menemukan berita ter-update seputar properti.

Pastikan untuk membuka laman Rumah123.com untuk menemukan hunian impian.

Tenang saja, kami selalu #AdaBuatKamu dengan berbagai penawaran properti yang menarik!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya