OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Rumah Rusak Parah Akibat Pengharum Ruangan Meledak. Kenali Pencegahannya!

12 September 2023 · 3 min read Author: Gadis Saktika

pengharum ruangan meledak

sumber: ngelmu.co

Baru-baru ini, viral video yang menampilkan kerusakan pada rumah di Cibinong akibat pengharum ruangan meledak. Dalam video itu, terlihat rumah tersebut mengalami kerusakan parah dengan tembok yang runtuh, puing-puing berserakan, dan plafon yang jatuh.

Melalui Instagram Cibinongviral, diperlihatkan bahwa hunian tersebut sudah tak terbentuk lagi setelah pengharum ruangan meledak.

Semua furnitur mengalami kerusakan karena tertimpa oleh bangunan yang ambruk.

Menurut informasi yang diungkapkan oleh pembuat video, peristiwa ini terjadi di Pabuaran, Cibinong, Bogor.

Adapun kehancuran rumah ini terjadi karena pengharum ruangan diletakkan di dekat kompor yang sedang menyala.

Kronologi Kejadian

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Cibinong Viral (@cibinongviral)

Sementara itu, Kapolsek Cibinong AKP Waluyo mengatakan, kejadian tersebut terjadi pada Kamis pekan lalu pukul 07.00 WIB.

“Dari keterangan penghuni kontrakan, yang bersangkutan mencium bau aroma tidak sedap dari arah dapur, dan yang bersangkutan menyemprotkan pewangi ruangan dalam bentuk botol,” kata Waluyo dalam keterangannya.

Beberapa lama kemudian, salah satu penghuni kontrakan menyalakan kompor dengan niat untuk mendidihkan air guna membuat kopi.

“Langsung terjadi ledakan yang diduga akibat panasnya botol pewangi ruangan yang menyambar ke aliran gas elpiji 3 kg tersebut,” ungkap Waluyo.

Akibat ledakan tersebut, atap rumah mengalami kerusakan. Istri pemilik rumah luka-luka akibat tertimpa plafon yang jatuh.

“Ada korban jiwa berat. Hanya korban saudara Abdul Holik dan istrinya mengalami luka ringan atau lecet akibat kejatuhan plafon atap rumah bagian tengah saja,” terangnya.

Dampak Simpan Pengharum Ruangan Dekat Api

pengharum ruangan meledak

sumber: merdeka.com

Melansir dari detik.com, Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Satriadi Gunawan mengatakan jika gas yang ada pada pengharum ruangan memang bisa meledak karena dekat dengan api.

“Kalau ledakan itu terjadi karena tekanan gas di dalam ada potensi jadi panas terus memicu ledakan” kata Satriadi, Selasa (12/9/2023).

Menurut Satriadi, penyewa di kontrakan itu pun disinyalir tidak menyadari risiko yang timbul ketika ia meletakkan kaleng pengharum ruangan di dekat kompor yang sedang menyala.

Dampak dari ledakan tersebut pun tak main-main.

Bangunan kontrakan mengalami kerusakan yang parah serta beberapa penghuni mengalami luka-luka akibatnya.

“Semua jenis kaleng yang berisi gas kalau di taruh dekat api bisa meledak karena kan ada lambang di belakang api yang berbahaya bisa menyebabkan ledakan dan memang nggak lazim menaruh pengharum ruangan di dapur atau dekat kompor,” tegas Satriadi.

Pencegahan yang Perlu Dilakukan

Maka untuk meminimalisasi kejadian serupa, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Jangan meletakkan pengharum ruangan di dekat kompor atau sumber api lainnya. Pasalnya pengharum ruangan, terutama yang berbentuk gas, dapat meledak jika terkena panas atau api.
  • Jauhi pengharum ruangan dari benda-benda yang mudah terbakar, seperti kain, kertas, atau plastik dapat mudah terbakar jika terkena percikan api dari pengharum ruangan.
  • Jangan gunakan pengharum ruangan yang sudah kadaluarsa. Pengharum ruangan yang sudah kadaluarsa dapat meledak karena perubahan komposisi bahan kimianya.
  • Baca dan ikuti petunjuk penggunaan pengharum ruangan dengan benar. Setiap pengharum ruangan memiliki petunjuk penggunaan yang berbeda-beda. Pastikan membaca dan mengikuti petunjuk penggunaan dengan benar untuk menghindari risiko ledakan.

***

Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, Property People.

Temukan informasi menarik lainnya seputar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Biar jadi yang paling update, langsung saja follow Google News kami.

Tak lupa, kunjungi Rumah123.com jika sedang mencari rumah baru dan bekas berkualitas.

Tersedia beragam hunian pilihan yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA