rumah dekat kuburan

Mungkin, banyak orang yang menghindari memiliki rumah dekat kuburan. Lebih baik simak penjelasannya menurut Islam, developer, hingga feng shui berikut ini.

Kalau memiliki apartemen atau rumah dekat kuburan memang sering menimbulkan persepsi yang berbeda-beda mulai dari seram, mistik, hingga klenik.

Tidak jarang banyak orang yang justru menghindari memiliki hunian atau pun tempat usaha dekat kuburan.

Berbagai cerita hingga pengalaman rumah dekat kuburan dapat membawa energi negatif karena dinilai sebagai tempat berkeliarannya para makhluk asral tak kasat mata.

Karena kepercayaan dan berita yang banyak beredar di masyarakat itulah membuat banyak sekali orang yang menghindari hunian dekat makam.

Namun, bagaimana sesunggunya investasi properti dekat makam? Untung atau malah rugi? Simak penjelasannya dari berbagai sumber berikut ini.

Rumah Dekat Kuburan Menurut Pengembang

Dilansir dari laman Kompas.com, Ketua Real Estate Indonesia (REI) Paulus Totok Lusida, pada dasarnya lokasi menjadi pertimbangan yang utama ketika mencari rumah.

Totok mengatakan, banyak orang yang mencari rumah di lokasi yang strategis dan membawa ketenangan, keamanan dan ketentraman.

Jadi, lokasi tentu menjadi sangat penting. Namun, dalam menentukan potensi lahan, pengembang juga memiliki beberapa pertimbangan, yaitu kondisi lingkungan sekitar.

Totok mengatakan, bahwa pengembang lebih mempertimbangkan lahan hunian berada di lokasi yang dekat dengan akses jalan, mal dan pusat perbelanjaan, dibandingkan lokasi dekat kuburan.

Contohnya saja, banyak hunian hingga gedung perkantoran yang dibangun dekat kuburan atau bersebelahan langsung dengan pemakaman.

Keuntungan bagi konsumen, akan mendapatkan harga perdana yang lebih miring dibandingkan rumah dengan lokasi yang jauh dari kuburan.

Aturan Rumah Dekat Kuburan Menurut Pandangan Islam

Bagi umat muslim, ada beberapa aturan dalam membeli rumah dekat kuburan, berikut di antaranya:

a. Lakukan jual beli sesuai hukum syariah dalam prosesnya, sehingga tidak ada riba

b. Bila rumah yang dibeli berdiri atas tanah bekas kuburan, pastikan kamu untuk membersihkannya, karena seorang muslim dilarang salat di atas makam.

Aturan Menempati Hunian Dekat Makam menurut Feng Shui

Kalau menempati hunian dekat makam dapat mendatangkan keuntungan atau kesialan menurut feng shui. Nah, untuk menghindarinya kamu perlu melakukan hal-hal berikut:

a. Ketahui jarak rumah dari area makam, jika ingin terhindar dari kesialan.

b. Usahakan memiliki tanaman depan rumah yang memiliki unsur api, seperti flamboyan, palem merah dan lainnya untuk mengurangi energi yin dari area makam.

c. Jika rumah dan area makam menempel langsung, disarankan tembok pembatas antara kedua area dicat warna merah.

d. Gunakan penerangan yang cukup di antara kedua batas ruang.

Untung Rugi Rumah Dekat Kuburan

1. Sulit Dijual Kembali

Biasanya akan sulit untuk menjual rumah di area dekat makam. Kalau pun ada, orang yang tertarik akan menawar dengan harga yang relatif murah atau di bawah harga pasar.

2. Aura Mistis yang Kental

Tidak dapat dipungkiri, rumah dekat kuburan memunculkan suasana yang menyeramkan. Anggapan ini sudah menjadi mitos yang paling ditakuti dan berkembang di masyarakat Indonesia.

3. Sulit Mendapatkan Pembiayaan KPR dari Bank

Banyak kasus hunian dekat makam banyak yang ditolak oleh bank saat mengajukan KPR. Beberapa bank memberlakukan aturan terhadap lokasi hunian.

Misalnya, rumah tidak boleh berada di gang sempit, akses yang mudah, atau pun tidak berada di dekat atau di area pemakaman.

4. Air yang Kurang Bersih

Hunian dekat pemakaman cenderung memiliki air yang kurang bersih dan tidak sehat karena air tanah telah tercampur oleh cairan dari mayat-mayat yang sudah membusuk.

Cara Menyiasati Hunian Dekat Makam

1. Jika rumah berhadapan langsung dengan makam, mundurkan bangunan rumah sejauh mungkin dari makam

2. Tambahkan penerangan yang cukup serta jaga sirkulasi udara agar rumah menghasilkan energi yang positif

3. Pilih warna cat yang berwarna merah atau warna-warna cerah lainnya

4. Tanam tanaman rumah dengan pohon flamboyan atau tumbuhan berunsur api lainnya.

Wah, menarik ya. Apakah kamu masih tertarik untuk memiliki rumah dekat kuburan? Jangan lupa baca juga prospek hunian dekat mal.

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Citraland Driyorejo.

Bagikan:
324 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia