sirkuit mandalika lombok

Kalau Sirkuit Mandalika, Lombok dibandingkan dengan 5 sirkuit terbaik lainnya di dunia, kira-kira mana yang paling keren ya? Simak ulasannya.

Sirkuit Mandalika masih menjadi perbincangan hangat, terlebih setelah tragedi genangan air di sirkuit karena hujan deras.

Setelah selesai menggelar WSBK Indonesia pada tanggal 20-21 November 2021 lalu, sirkuit baru kebanggaan masyarakat Indonesia ini mendapat banyak sorotan dari dunia.

Bahkan menurut Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang dilansir dari laman Detik.com, bahwa seri penutup WSBK kemarin ditonton sekitar 1,6 miliar penduduk dunia.

Tentu saja sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini menjadi perbincangan dan dibandingkan  dengan beberapa sirkuit terbaik dunia lainnya.

Nah, berikut beberapa sirkuit terbaik di dunia yang dibanding-bandingkan dengan Sirkuit Mandalika yang dirangkum dari laman Kompas.com.

sirkuit mandalika

Profil Singkat Sirkuit Mandalika di Lombok

Sirkuit ini dibangun dengan menggunakan teknologi aspal terbaru, yaitu Stone Mastic Asphalt (SMA), yang membuat sirkuit disebut-sebut lebih baik dari Sirkuit Sepang Malaysia.

Kapasitas penonton Sirkuit Mandalika sekitar 138.000 penonton dengan berbagai fasilitas lengkap. Sirkuit ini memiliki panjang 4,3 km dengan tikungan mencapai 17.

Sirkuit Mandalika dan Sirkuit Top Dunia Lainnya

sirkuit mandalika

1. Mugello Circuit

Bagi penggemar MotoGP pasti tidak asing dengan sirkuit ini. Mugello menjadi salah satu sirkuit terbaik di dunia dengan panjang lintasan 5,2 km yang dibangun tahun 1973.

Mugello dapat menampung sekitar 50 ribu penonton, kawasan sekitar sirkuit menawarkan pemandangan yang indah.

sirkuit mandalika

2. Philip Island Grand Prix Circuit

Sirkuit ini masuk dalam jajaran arena balap terbaik di dunia dengan panjang lintasan 4,45 km.

Tidak berbeda jauh dengan Mugello, Sirkuit Philip Island Grand Prix memiliki kapasitas 53.100 penonton, lebih sedikit daripada kapasitas Sirkuit Mandalika.

sirkuit mandalika

3. Losail International Circuit

Sirkuit yang terletak di Qatar ini masuk dalam jajaran kelas atas dunia. Arena ini berlokasi sekitar 35 km dari Doha, Qatar.

Dilengkapi dengan 16 lintasan balap, panjang 4,5 km dan lebar lintasan seluas 12 m membuat sirkuit ini masuk dalam jajaran terbaik yang dapat menampung 8.000 penonton.

sirkuit mandalika

4. TT Circuit Assen

Dilansir dari Fit People, TT Circuit Assen merupakan sirkuit terbaik di dunia yang berlokasi di Assen, Belanda. Sirkuit ini dibangun pada tahun 1949 dengan panjang sirkuit 4,54 km.

Adapun kapasitas dari sirkuit tersebut sebanyak 110.000 orang dengan 60 ribu orang di antaranya mendapat tempat duduk.

sirkuit mandalika

5. Masaryk Circuit/Automotodrom Brno/Brno Circuit

Sirkuit terbaik selanjutnya adalah Automotodrom Brno di Brno, Ceko. Sirkuit tersebut dibangun tahun 1985 dan dibuka untuk umum pada 1987.

Brno memiliki panjang lintasan sekitar 5,4 km, lebar 15 m, dan tikungan bertipe tajam. Kapasitas dari sirkuit ini adalah 110.000 penonton.

Itulah perbandingan Sirkuit Mandalika, Lombok dengan 5 sirkuit terbaik di dunia, kapan kamu traveling ke Lombok?

Situs properti Rumah123.com selalu menghadirkan artikel dan tips menarik mengenai properti, desain, hukum, hingga gaya hidup. Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi properti seperti Urban Signature.
Bagikan:
346 kali

Redaksi Rumah123.com

Alamat

Level 37 [email protected]
Jl. Casablanca Kav.88
Jakarta Selatan
Jakarta 12870
Indonesia