OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Jadi Investor Terbesar, Ada 15.906 Proyek China di Indonesia. Berapa Nilainya?

05 April 2023 · 2 min read Author: Alya Zulfikar

proyek china di indonesia luhut

sumber: kompas.com

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan bahwa China memiliki 15.906 proyek investasi di Indonesia.

Menurut Luhut, jumlah tersebut adalah hasil akumulasi investasi Negeri Tirai Bambu di Tanah Air terhitung sejak 2014 hingga 2022.

Tak dapat dipungkiri, proyek kerja sama Indonesia dan Tiongkok memang sangat banyak, termasuk megaproyek.

Melansir dari cnnindonesia.com, berikut informasi mengenai proyek China di Indonesia!

Proyek China di Indonesia

proyek tiongkok di indonesia

sumber: okezone.com

Angka investasi kerja sama proyek China di Indonesia, mencapai US$30,8 miliar atau setara Rp459,17 triliun (asumsi kurs Rp14.908 per dolar AS).

“Investasi ini berhasil melahirkan 15.906 proyek dan mencatatkan Tiongkok sebagai investor ke-3 terbesar di Indonesia,” tutur Luhut melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Selasa (4/4/23).

Atas hal ini, ia menyampaikan rasa terima kasih dan memastikan bahwa Indonesia akan terus melakukan berbagai perbaikan serta efisiensi.

“Sehingga bersama-sama dengan Tiongkok kita berjuang menjadi negara maju di 2045 nanti,” sambungnya.

Pensiunan jenderal TNI tersebut tidak merincik proyek China di Indonesia berada di sektor apa saja.

Namun, ia menerangkan isi pertemuannya dengan Ketua Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China (NDRC) Zheng Shanjie.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas progres pengerjaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dan Kawasan Industri Hijau Kaltara.

Mereka juga membahas berbagai proyek kerja sama lainnya, mulai dari GMF-BRI, Herbal Center, South-South Cooperation, Vocational Training, hingga Ibu Kota Nusantara (IKN).

Luhut menyampaikan kepada Zheng bahwa Indonesia adalah negara besar yang memiliki berbagai keunggulan, mulai dari luas wilayah, lokasi geografis yang strategis, serta kekayaan alam melimpah.

Dengan ini, Luhut bersyukur Indonesia berhasil mempertahankan perekonomiannya sebagai sebagai salah satu yang terbaik di antara negara-negara G20 di tengah-tengah situasi yang tidak menentu.

“Hal ini kami yakini terjadi salah satunya berkat program hilirisasi dan beberapa terobosan untuk transformasi ekonomi Indonesia ke depan,” ungkapnya.

Luhut pun mengundang Zheng untuk datang ke Tanah Air supaya bisa meninjau secara langsung progres proyek-proyek kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok.

“Semoga kerja sama baik yang terjalin antara Indonesia dan Tiongkok mampu menginspirasi negara-negara berkembang dan negara-negara meu untuk berkolaborasi mencapai tujuan pembangunan yang adil dan berkelanjutan,” tandasnya.

***

Demikian informasi mengenai proyek China di Indonesia.

Simak berbagai artikel informatif lainnya hanya di artikel.rumah123.com.

Agar tidak ketinggalan update terbaru, ikuti Rumah123 di Google News.

Kalau kamu sedang bingung mencari hunian, dapatkan rekomendasi terbaiknya di Rumah123.com.

Kini menemukan rumah impian jadi lebih mudah karena kami #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


alya

Content Writer

Berkarier di dunia kepenulisan sejak 2018 sebagai penulis lepas. Kini menjadi penulis di 99 Group dengan fokus seputar gaya hidup, properti, hingga teknologi. Gemar menulis puisi, memanah, dan mendaki gunung.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA