OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

10 Daftar Produk Lokal Asli Indonesia yang Populer di Masyarakat, Bangga Pakai Brand dalam Negeri!

23 Nopember 2023 · 7 min read Author: Hendi Abdurahman

"<yoastmark

Sederet produk lokal asli Indonesia berikut ini tergolong populer di masyarakat. Lantas, apa saja merek atau brand tersebut? Yuk, simak ulasan lengkapnya melalui artikel berikut ini!

Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia kerap menggunakan berbagai produk untuk menunjang aktivitas.

Misalnya, penggunaan produk pakaian, sepatu, parfum, hingga makanan dari brand tertentu.

Nah, di tengah maraknya penggunaan produk luar negeri, tidak sedikit orang yang memilih untuk menggunakan brand lokal asli Indonesia.

Pasalnya, secara kualitas, brand-brand Indonesia dianggap tak kalah mumpuni ketimbang produk luar.

Hal ini sejalan dengan arahan Mendag RI yang menganjurkan masyarakat untuk memprioritaskan produk-produk lokal buatan anak bangsa.

Apabila kamu tertarik untuk menggunakan brand lokal asli Indonesia, kami sajikan sederet pilihannya mulai dari produk fashion, makanan, hingga alat-alat penunjang lainnya.

Tak usah khawatir karena produk ini dapat kamu beli di berbagai marketplace, lo.

Daftar Produk Lokal Asli Indonesia

1. Indomie

produk lokal

sumber: lazada.co.id

Melansir indomie.com, Indomie merupakan mi instan yang diproduksi Indofood, yakni produsen perusahaan berbagai jenis makanan dan minuman asli Indonesia.

Siapa sangka kalau Indomie menjadi salah satu produsen mie instan terbesar di dunia, lo.

Varian rasa Indomie yang sangat beragam, harga murah, hingga daya tahannya yang lama merupakan sejumlah alasan mie ini disukai oleh masyarakat.

Tidak hanya di Indonesia, kini Indomie telah tersedia pula di berbagai negara, termasuk di Eropa dan Afrika.

Namun, menurut ahli gizi dari Universitas Muhammadiyah Surabaya, Tri Kurniawati, mengonsumsi mi instan secara berlebihan akan memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Oleh karena itu, mengonsumsi mi instan, termasuk Indomie, mesti diatur sedemikian rupa alias disarankan agar tidak terlalu sering.

 

2. SilverQueen

produk lokal indonesia

sumber: shopee.co.id

SilverQueen adalah merek cokelat asli Indonesia yang populer di kalangan anak muda.

Apabila menilik sejarahanya sebagaimana tertuang dalam kanal Youtube Jason Nathanael, SilverQueen tidak bisa dipisahkan dari sebuah pabrik kecil pada era kolonial yang berada di Garut, Jawa Barat, bernama NV Ceres.

Lantas, ketika Jepang datang, pabrik tersebut dialihkan ke tangan pengusaha Burma bernama Ming Chee Chuang.

Singkat cerita, dengan segala lika-liku yang dihadapi, cokelat ini pun mulai menjawab kebutuhan pangsa pasar Indonesia dan populer sebagai cokelat yang memiliki rasa manis nan nikmat.

Terdapat beberapa varian produk SilverQueen yang bisa kamu coba seperti SilverQueen Cashew Chocolate, SilverQueen Almond Milk Chocolate, hingga SilverQueen Chunky Bar.

 

3. Tolak Angin

tolak angin

sumber: blibli.com

Berdasarkan informasi yang dikutip dari sidomuncul.com, Tolak Angin adalah Obat Herbal Terstandar (OHT) yang diproduksi di pabrik dengan standar Good Manufacturing Product (GMP).

Produk lokal asli Indonesia ini memiliki khasiat untuk meredakan gejala kembung, mual, sakit perut, pusing, meriang, hingga tenggorokan kering.

Adapun komposisinya terdiri dari buah adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, daun mint, dan madu.

Seandainya kamu merasakan kondisi badan kurang baik, minum Tolak Angin ditengarai bisa meminimalisasi sakit yang lebih parah.

Sebagai informasi, pada November tahun 2000, Sido Muncul sebagai perusahaan yang menaungi produk Tolak Angin meresmikan pabrik baru yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial kala itu, Dr. dr. Achmad Sujudi MHA.

Dalam kemasannya, Tolak Angin memberikan peringatan untuk segera menghubungi dokter jika keluhan berlanjut.

Di luar itu, produk ini tidak direkomendasikan untuk perempuan yang sedang hamil.

 

4. Kopi Kapal Api

kopi kapal api

sumber: tokopedia.com

Kopi Kapal Api menjadi salah satu produk lokal asli Indonesia yang memiliki banyak penikmat.

Tidak hanya tersaji di kedai-kedai sederhana, Kopi Kapal Api juga kerap dipilih sebagai kopi alternatif di tengah populernya kopi kekinian.

Dari segi produk yang ditawarkan, terdapat beberapa varian, seperti Kapal Api Special, Kapal Api Special Mix, Kapal Api Mantap Gula, Kapal Api Kopi Susu, dan masih banyak lagi.

Harga Kopi Kapal Api yang beredar di pasaran sangat murah, yakni berkisar antara Rp1.000—2.500 per sachet.

 

5. HokBen

produk lokal indonesia

sumber: pergikuliner.com

Siapa sangka jika brand HokBen adalah produk asli Indonesia, lo.

Sebagai restoran cepat saji yang berfokus pada gaya makanan Jepang, HokBen atau Hoka Hoka Bento digandrungi masyarakat luas karena rasanya yang khas.

Menurut data terbaru, HokBen kini mempunyai 375 gerai yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Salah satu menu HokBen yang selalu tersedia di berbagai gerai di antaranya adalah beef teriyaki, ekkado, tori ball, dan masih banyak lagi.

Beberapa komentar di kanal Youtube Ken & Grat menyebut ulasan positif terkait HokBen yang dinilai cocok untuk semua kalangan.

“HokBen menunya enak semua kok, bisa masuk di semua kalangan,” tulis akun dengan username Juliaandanisa.

 

6. Polygon

produk lokal

sumber: polygonbikes.com

Sepeda merek Polygon merupakan produk lokal asli Indonesia yang diproduksi oleh PT Insera Sena.

Perusahaan ini didirikan oleh Soejanto Widjaja di Sidoarjo, Jawa Timur pada tahun 1989.

Pada mulanya, Soejanto merintis perusahaan tersebut sebagai industri manufaktur yang orientasinya lebih kepada pangsa luar negeri.

Siapa nyana, produk yang dibuatnya justru terkenal di Indonesia karena memiliki kualitas baik sehingga digemari oleh para pesepeda.

Namun, seiring banyaknya peminat dari luar negeri, sepeda merek Polygon juga dipasarkan secara internasional ke 5 benua.

Setidaknya Polygon telah dijual ke 30 negara lebih dengan jenis sepeda mulai dari trekking bike, road bike, mountain bike, hingga city bike.

Tak ayal, dengan kualitasnya yang terjaga, harga sepeda Polygon sedikit lebih mahal dibandingkan merek-merek lainnya.

 

7. Buccheri

sepatu produk lokal

sumber: detik.com

Dari sekian banyak brand sepatu lokal, Buccheri menjadi salah satu produk hasil karya anak dalam negeri.

Sepatu merek Buccheri diproduksi oleh PT Vigano Cipta Perdana yang juga membawahi produk lokal lain seperti sandal dan tas kulit.

Menukil berbagai sumber, untuk memenuhi permintaan konsumen, Buccheri kini mempunyai lebih dari 120 cabang yang tersebar di kota-kota di seluruh Indonesia.

Kepopuleran merek sepatu ini semakin meningkat karena beberapa kali digunakan pula oleh Presiden Joko Widodo.

Bagi yang ingin memilikinya, kamu dapat membeli produk asli Indonesia ini di marketplace, lo.

 

8. Eiger

produk lokal

sumber: eiger

Eiger menjadi produk lokal Indonesia yang memiliki jaringan distribusi ke seluruh pelosok negeri bahkan mulai memperluas jangkauannya sampai ke mancanegara.

Mengutip eigeradventure.com, brand Eiger diluncurkan pertama kali pada tahun 1989 sebagai produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan perlengkapan bagi gaya hidup penggiat alam terbuka.

Produk ini memiliki tiga kategori utama, yaitu Mountaineering, Riding, dan Authentic 1989.

Dari segi harga, beberapa produk dibanderol dengan biaya terjangkau, tetapi ada pula yang tergolong mahal.

Namun, jika kembali berbicara kualitas, sejumlah pengguna produk-produk Eiger menilai bahwa harga yang ditawarkan sangat worth it.

 

9. Krisbow

brand lokal

sumber: krisbow

Krisbow adalah merek perkakas atau barang teknik yang menjual alat-alat tukang bahkan perlengkapan rumah tangga seperi gergaji, palu, lem tembak, kunci pas, dan masih banyak lagi.

Mengutip krisbow.com, setidaknya terdapat seribu produk dan ketegori dari Krisbow.

Sementara jika berbicara sejarah, Krisbow merupakan singkatan dari Krisnandi Wibowo, putra pendiri Kawan Lama Group.

Sejauh ini, layanan purnajual dan dealer Krisbow telah tersebar ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga ke Asia Tenggara.

 

10. Wardah

produk wardah

sumber: lazada.co.id

Wardah adalah brand kosmetik halal asli Indonesia yang telah berdiri sejak 1995 di bawah naungan PT Paragon Technology and Innovation.

Sejumlah produk kecantikan dari Wardah di antaranya adalah skincare, sunscreen, sabun cuci muka, dan masih banyak lagi.

Menurut pengalaman para pengguna produk Wardah di sejumlah e-commerce, sebagian besar menyebut bahwa merek kosmetik lokal yang satu ini cukup terjangkau jika ditilik dari segi harga.

Sementara secara kualitas, banyak yang menyebut produk skincare-nya memberikan dampak yang cukup signifikan, terutama untuk mengatasi kulit kusam.

 

 ***

Semoga ulasan mengenai berbagai produk lokal Indonesia ini bermanfaat, ya.

Yuk, temukan informasi menarik lainnya seputar rekomendasi produk dan sederet berita properti lewat artikel.rumah123.com.

Agar tidak ketinggalan informasi terkini, jangan lupa follow Google News kami.

Dapatkan tawaran menarik dan pilihan hunian yang sesuai kebutuhan karena kami selalu #AdaBuatKamu, kunjungi situs properti Rumah123.com sekarang juga!


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya