OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Puluhan Perusahaan Singapura Nyatakan Minat Investasi di IKN. Bergerak di Bidang Apa Saja?

17 Maret 2023 · 3 min read Author: Gadis Saktika

perusahaan singapura

Perusahaan-perusahaan asing dari Singapura turut menyatakan minat untuk berinvestasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pernyataan minat tersebut disampaikan 24 perusahaan Singapura melalui letter of intent dalam acara Leaders’ Retreat antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, di Singapura pada Kamis (16/03/2023).

Melansir dari kompas.com, hal ini sejalan dengan usaha pemerintah untuk menarik investor dari dalam dan luar negeri agar bisa gencar membangun IKN.

Bahkan, Presiden Jokowi kerap menyatakan bahwa pembangunan IKN akan didominasi pembiayaan investor di berbagai kesempatan.

Menurut Presiden Jokowi, Nusantara dapat terwujud dengan upaya bersama, bukan hanya Pemerintah yang bergerak karena memang Pemerintah hanya menyiapkan 20 persen dari bujet yang ada.

“Sementara, 80 persen kita berikan kesempatan kepada para investor, kepada investasi,” ujar Jokowi dalam kegiatan bertajuk IKN Sejarah Baru Peradaban Baru di The Ballroom Djakarta Theater, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Perusahaan Singapura yang Menyatakan Minat Investasi

Masih melansir dari kompas.com, adapun perusahaan Singapura yang menyatakan minat investasi di IKN berjumlah 24.

Perusahaan tersebut kebanyakan bergerak di bidang energi, teknologi, konstruksi, transportasi, manufaktur, finansial, dan sektor retail.

Sementara sisanya merupakan perusahaan F&B, konsultan, supply chain, healthcare, hingga real estate.

Sebagai informasi, perusahaan yang bergerak di bidang energi antara lain Quantum Power, Sembcorp Energy Indonesia, dan WEnergy Global.

Kemudian, ada juga perusahaan teknologi yang minat berinvestasi di IKN, seperti BG&E Group, ST Engineering, sampai Bauer.

MoU dengan Kementerian Pembangunan Nasional Singapura

Di sisi lain, Otorita IKN dengan Center for Livable Cities (CLC) Kementerian Pembangunan Nasional Singapura juga telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan kota layak huni di Ibu Kota Nusantara.

Penandatanganan tersebut dilakukan oleh Kepala OIKN Bambang Susantono dan Menteri Pembangunan Nasional Singapura Desmond Lee, di sela-sela Leaders’ Retreat.

“Sejak awal IKN bukan hanya didesain untuk menjadi kota yang hijau dan layak huni, tapi juga kota yang dicintai warganya, dan untuk itu OIKN terus bermitra dengan kota-kota layak huni di dunia, seperti Singapura,” kata Bambang, seperti dikutip dari keterangan resmi.

Ia memandang kerja sama dengan organisasi terkemuka seperti CLC akan mempercepat pencapaian tujuan tersebut, serta mewujudkan IKN sebagai kota untuk semua.

Cakupan kerja sama yang akan dilakukan, antara lain pengembangan kota pintar dan kota hijau, transportasi terpadu dan pembangunan infrastruktur, pembangunan komunitas yang tangguh dan inklusif.

***

Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya, Property People.

Simak terus ulasan seputar infrastruktur hanya di artikel.rumah123.com.

Yuk, ikuti sekarang juga laman Google News kami untuk baca berita inspiratif lainnya!

Sedang mencari hunian impian seperti Grand Dahlia Cluster Depok di Cilodong, Depok?

Cek saja ketersediannya di rumah123.com, karena kami pasti #AdaBuatKamu.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA