OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Perbedaan kHz dan MHz pada TV Digital, Sudah Tahu?

13 Desember 2023 · 3 min read Author: Bobby Agung Prasetyo

perbedaan khz dan mhz

perbedaan khz dan mhz | shutterstock.com

Perbedaan kHz dan MHz pada TV digital, perlu kamu ketahui agar tak salah kaprah. Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Property People, saat sedang mencari frekuensi televisi, salah satunya frekuensi ANTV, terkadang kita kerap bertanya-tanya apa itu kHz dan MHz.

Kilohertz (kHz) dan megahertz (MHz memiliki kaitan dengan televisi digital melalui frekuensi yang digunakan untuk mentransmisikan saluran televisi.

Dalam konteks frekuensi TV digital, frekuensi ini merujuk pada frekuensi gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mengirimkan sinyal televisi dari pemancar (stasiun televisi) ke penerima (televisi atau set-top box).

Penjelasan KHz dan MHz

antena tv

antena tv | shutterstock.com

Sebelum beralih ke penyiaran televisi digital, banyak negara menggunakan penyiaran televisi analog yang mengirimkan sinyal gambar dan suara melalui gelombang radio dalam rentang frekuensi VHF (Very High Frequency) dan UHF (Ultra High Frequency).

Di sini, frekuensi dinyatakan dalam kHz dan MHz.

Ketika beralih ke penyiaran televisi digital, teknologi yang digunakan memungkinkan penyiaran lebih banyak saluran di frekuensi yang sama dan juga memberikan kualitas gambar dan suara yang lebih baik.

TV digital menggunakan teknologi kompresi data untuk mengirimkan sinyal dalam format digital, sehingga memungkinkan lebih banyak informasi yang dapat diakomodasi dalam bandwidth yang sama.

Namun, peralihan ini juga dapat melibatkan pengaturan ulang frekuensi. Beberapa saluran televisi digital dapat berbagi satu frekuensi fisik melalui multiplexing, di mana beberapa saluran dienkripsi menjadi satu aliran data digital.

Dalam hal ini, teknologi seperti Orthogonal Frequency Division Multiplexing (OFDM) digunakan untuk membagi frekuensi menjadi subkanal yang lebih kecil.

Jadi, kesimpulannya, kaitan kHz dan MHz dengan televisi digital bersinggungan dengan frekuensi gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mentransmisikan saluran televisi digital dan bagaimana teknologi tersebut memungkinkan lebih banyak saluran dan kualitas yang lebih baik dalam rentang frekuensi yang sama.

Apa Perbedaan KHz dan MHz?

Perbedaan kHz dan MHz adalah dalam besarnya frekuensi gelombang elektromagnetik yang diukur dalam satuan tersebut.

Satuannya adalah sebagai berikut:

  1. Kilohertz (kHz): Satu kilohertz adalah setara dengan 1.000 siklus atau osilasi gelombang dalam satu detik. Dalam angka, 1 kHz sama dengan 1.000 Hz (hertz).
  2. Megahertz (MHz): Satu megahertz adalah setara dengan 1.000.000 siklus atau osilasi gelombang dalam satu detik. Dalam angka, 1 MHz sama dengan 1.000.000 Hz.

Dengan kata lain, perbedaan utama adalah bahwa MHz adalah ribuan kali lebih besar daripada kHz. Frekuensi yang diukur dalam kHz umumnya digunakan untuk gelombang dengan frekuensi lebih rendah, seperti gelombang suara atau beberapa aplikasi radio.

Di sisi lain, frekuensi dalam MHz digunakan untuk gelombang dengan frekuensi yang lebih tinggi, seperti komunikasi nirkabel, televisi, dan komunikasi radio yang lebih canggih.

Sebagai contoh, frekuensi gelombang suara umumnya dalam rentang puluhan hingga beberapa ratus kHz, sementara televisi dan radio FM berada dalam rentang beberapa puluh hingga beberapa ratus MHz.

***

Semoga penjelasan seputar perbedaan kHz dan MHz di atas dapat membantu, ya, Property People.

Baca artikel menarik lainnya di Artikel.rumah123.com.

Ikuti pula Google News Rumah123 agar tak ketinggalan informasi paling up to date.

Temukan hunian impianmu dengan mengakses www.rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , , ,


Bobby Agung Prasetyo

Sr. Content Editor

Bobby Agung Prasetyo adalah Senior Content Editor di 99 Group yang fokus menggarap konten seputar properti, bisnis, serta gaya hidup. Lulusan Ilmu Komunikasi Unisba ini gemar menonton film, gaming, dan memainkan musik heavy metal.
Selengkapnya