OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Nirina Zubir Dapatkan Sertifikat Tanah Usai Berjuang Melawan Mafia Selama 5 Tahun

15 Februari 2024 · 3 min read Author: Hendi Abdurahman · Editor: Bobby Agung Prasetyo

Sertifikat Tanah Nirina Zubir

Sertifikat Tanah Nirina Zubir | Tribunnews

Nirina Zubir akhirnya mendapatkan sertifikat tanah setelah berjuang melawan mafia tanah.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/Waka BPN), Raja Juli Antoni menuturkan, kasus mafia tanah yang dihadapi oleh Nirina Zubir telah berlangsung selama 5 tahun.

Menurut Raja Juli Antoni, proses panjang yang dialami oleh Nirina Zubir melawan mafia tanah bukan tanpa sebab.

Pasalnya, prosedur yang mesti dilalui sangatlah panjang, salah satunya perihal persidangan dan penyidikan yang menguras waktu.

“Ini proses sudah masuk ke ranah hukum, proses sidangnya, penyidikannya, sampai persidangan itu memakan waktu. Sampai akhirnya kami dapat mengambil keputusan bahwa sertifikat ini harus dikembalikan kepada yang berhak,” ucap Raja dikutip dari kompas.com.

PR untuk Kementerian ART/BPN

Lebih lanjut, Raja Juli Antoni merasa jengkel dengan prosedur yang panjang perihal kasus mafia tanah yang dialami Nirina Zubir.

Hal ini, kata Raja, menjadi pengingat bagi Kementerian ATR/BPN untuk membenahi mekanisme penerbitan atau pembatalan hak terkait sertifikat tanah.

“Prosedur-prosedur ini memang menjengkelkan, saya tahu, tapi itu menjadi trigger di internal kami untuk terus membenahi mekanisme penerbitan atau pembatalan hak sehingga memberi kepastian hukum,” ujarnya.

Di luar kasus yang dihadapi oleh artis Nirina Zubir, Raja mengungkapkan bahwa mafia tanah tergolong cerdas karena mempunyai pemahaman hukum.

“Mafia tanah ini memang pintar, namanya mafia, mempunyai pemahaman hukum pertanahan yang mungkin sebanding dengan Dirjen dan Direktur. Mereka bisa menggunakan peraturan yang ada, dan prosedur standar yang ada di kementerian dan lembaga-lembaga lain,” kata Raja.

Sertifikat Tanah Diberikan kepada Nirina Zubir

kasus sertifikat tanah nirina zubir

sumber: instagram.com/nirinazubir_

Di sisi lain, usai melewati proses yang panjang, Nirina Zubir kini telah mendapatkan 4 sertifikat tanah dari total 8 hingga 9.

Untuk diketahui, sebelumnya Nirina Zubir dan keluarganya manjadi korban mafia tanah karena aset milik mendiang ibunya diambil alih secara ilegal oleh asisten rumah tangganya.

“Totalnya ada 8 atau 9, ya, tapi yang sekarang di tangan saya ini ada 4. Kalau tadi dikomunikasikan, mudah-mudahan tidak sampai satu bulan sudah selesai,” papar Nirina Zubir.

Pernyataan Nirina senada dengan apa yang diinginkan oleh Raja Juli Antoni.

“Kami diminta Pak Jokowi untuk menggebuk mafia tanah. Ini adalah indikasi awal dan Insya Allah dalam waktu tidak lama lagi semua hak milik keluarga Nirina menjadi haknya,” ucap Raja.

***

Itulah informasi mengenai kasus mafia tanah yang dialami oleh artis Nirina Zubir.

Baca informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com.

Jika punya pertanyaan seputar rumah, gabung aja di forum ngobrolin properti dengan klik laman Teras123.

Dapatkan rekomendasi properti terbaik hanya di Rumah123 karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Hendi Abdurahman

Content Writer

Mengawali karier sebagai penulis lepas seputar tema olah raga di sejumlah media online. Sejak 2021 menjadi penulis konten di 99 Group dengan cakupan tema meliputi properti, marketing, dan gaya hidup. Senang menjelajah kota di akhir pekan.
Selengkapnya