OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah Saw, Amalkan Insya Allah Cepat Lunas!

27 Juli 2023 · 8 min read Author: Maskah Alghofar

doa pelunas hutang

Doa pelunas utang merupakan salah satu solusi yang dianjurkan Rasulullah saw. ketika seseorang tidak memiliki kemampuan melunasi utang.

Sebagai seorang muslim, sudah sepatutnya kamu percaya dengan adanya rukun iman, yakni percaya dengan takdir dan kekuasaan Allah Swt.

Salah satunya untuk melunasi hutang dengan bantuan-Nya melalui doa pelunas utang.

Melansir berbagai sumber, utang dalam bahasa Arab disebut al-qardh, yang secara etimologi berarti memotong.

Sedangkan, menurut syariah, qardh bermakna memberi harta kepada yang membutuhkan dan dimanfaatkan dengan benar.

Namun demikian, Islam juga menegaskan agar seseorang berutang dalam keadaan mendesak dan segera membayarnya kembali.

Akan tetapi, pada prosesnya tidak semua orang mampu membayar kembali utang yang mereka pinjam.

Bahkan, tidak sedikit orang yang sampai terlilit utang dan tidak mampu membayarnya.

Oleh karena itu, selain mengamalkan 5 zikir pelunas hutang, ada amalan dan doa pelunas utang yang dapat kamu lakukan agar mendapat bantuan dari Allah Swt.

Amalan tersebut berupa doa pelunas utang ini meminta pertolongan Allah saat terlilit hutang.

Nah, bagi kamu yang bingung apa saja doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga, simak ulasan berikut ini.

Doa Pelunas Utang yang Diajarkan Rasulullah Saw

doa pelunas hutang

Sumber gambar doa pelunas hutang: Popbela.com

Ada banyak cara untuk melunasi utang dalam Islam, yaitu melunasi hutang dengan bantuan Allah.

Selain berusaha, tentunya dengan  bantuan doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga.

Salah satunya dengan sholawat pelunas hutang dengan cepat, doa melunasi hutang sebelum tidur, dan doa pelunas utang ketika sujud.

Kamu juga bisa membaca doa dimudahkan rezeki dan pelunas hutang melalui beberapa doa berikut ini.

1. Doa Pelunas Utang dan Banyak Rezeki Riwayat Tirmidzi

doa pelunas hutang dan banyak rezeki

Sumber gambar doa supaya bisa membayar hutang dengan cara tak terduga: Rumah123.com

Rasulullah saw. mengajarkan doa lunas hutang ini kepada Ali bin Abi Thalib RA. Selain itu, doa ini meminta agar Allah Swt. melimpahkan rezeki yang banyak dan berkah.

Berikut bacaan doa pelunas utang:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fini bi halalika ‘an haramika wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka. 

“Ya Allah! Cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.” (HR Tirmidzi).

2. Doa Agar Hutang Cepat Lunas dan Rezeki Lancar Riwayat Abu Dawud

Rasulullah mengajarkan doa pelunas utang ini kepada kepada Muadz bin Jabal untuk menghapus hutang yang ada pada Muadz.

Berikut bacaan doa pelunas utang:

Alhamdulillah, usai memanjatkan doa ini, Allah Swt. memenuhi utang yang ada pada Muadz.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali. 

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, dan saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata, Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Mahaperkasa lagi Mahamulia, dan telah melunasi utangku kepadaku.” (HR Dawud).

3. Doa Melunasi Hutang dan Memudahkan Rezeki Riwayat Thabrani

Rasulullah saw. mengajarkan doa dimudahkan rezeki atau doa pelunas utang ini kepada Abu Umamah RA.

اللهم مالك الملك تؤتي الملك من تشاء وتنزع الملك ممن تشاء وتعز من تشاء وتذل من تشاء بيدك الخير إنك على كل شيء قدير رحمن الدنيا والآخرة ورحيمهما تعطيهما من تشاء وتمنع منهما من تشاء ارحمني رحمة تغنيني بها عن رحمة من سواك

Berikut bacaan doa pelunas utang latin: 

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka

“Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan, karena Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu, Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah.” (HR At Thabrani).

4. Doa Pelunas Utang Riwayat Muslim

Salah satu doa pelunas utang berikut ini berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Zuhair bin Harb.

Diceritakan dari Zuhair bin Harb, telah diceritakan dari Jarir, dari Suhail, ia berkata Abu Shalih telah memerintahkan kepada kami bila salah seorang di antara kami hendak tidur, hendaklah berbaring di sisi kanan kemudian mengucapkan doa pelunas utang:

” Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih.

Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un, wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.”

Artinya:

“ Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.

Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

5. Doa Pelunas Utang dan Terbebas dari Utang Kedua

bacaan doa terbebas dari hutang kedua

Sumber: Kumpulan Doa Mustajab Sepanjang Hayat, oleh Drs. Nurdin Hasan, M.Ag

Berikut bacaan doa pelunas utang:

Allaahumma faaliqul ishbaahi wa ja’alal laili sakanan, wasy syamsi wal qamari husbaanan iqdhii annid daina, wa aghnini minal faqri, wa amti’nii bisam’ii basharii wa quwwatii fii sabiilika.

Artinya: “Ya Allah, Zat yang menampakkan cahaya subuh, yang menjadikan malam sebagai waktu tenang, dan (yang menjadikan) matahari dan rembulan berjalan dengan hitungan tertentu, bebaskanlah utang dari diriku, cukupkanlah aku dari kemelaratan, dan bahagiakan aku dengan pendengaranku, pandanganku, dan kekuatanku dama jalan-Mu.” (HR. Ibnu Syaibah dari Yahya bin Said).

6. Doa Hutang Lunas Sekejap

Bagi kamu yang ingin mengamalkan doa pelunas utang.

Berikut bacaan doa memohon kemudahan pelunasan utang dalam sekejap.

“Ya man yakfi min kulli syaiin wa la yakfi minhu syaiun. Ya Allahu ya rabba muhammadin, iqdli ‘annid daina.”

Artinya: “Wahai Dzat yang tidak membutuhkan segala sesuatu dan segala sesuatu membutuhkan-Nya. Ya Allah, Tuhannya Muhammad, lunasilah dari utang.”

7. Doa Lancar Rezeki agar Bisa Melunasi Utang

Mengamalkan doa pelunas utang juga bisa membantu melancarkan aliran rezeki.

Kamu juga dapat berdoa memohon kelancaran rezeki agar tidak perlu berutang dan dapat membayar utang.

Berikut bacaan doa pelunas utang:

“Allaahumma innii as’aluka antarzuqnii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’abin walaa musyaqqotin walaa dhairin walaa nashabin innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.”

Artinya: “Ya Allah, aku minta kepada-Mu akan pemberian rezeki yang halal, luas, baik tanpa repot, dan kemelaratan dan tanpa keberatan dan sesungguhnya Engkau maha atas segala sesuatu.”

8. Doa untuk Melunasi Utang atau Doa Pelunas Utang

Mengutip buku Jihad Keluarga: Membina Rumah Tangga Sukses Dunia Akhirat oleh A Fatih Syuhud.

Berikut doa pelunas utang yang dapat kamu amalkan, yaitu:

اللَّهُمَّ يَا فَارِجَ الْهَمِّ ، كَاشِفَ الْغَمِّ ، مُجِيبَ دَعْوَةَ الْمُضْطَرِّينَ ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ ، وَرَحِيمَهُمَا ، أَنْتَ تَرْحَمُنِي ، فَارْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

“Allahumma ya farijal ham kasyifal gham mujiba da’watal mudhthorriin rahmanad dunya wal akhirah warahimahuma anta tarhamuni farhamni rahmatan tughnini biha rahmati man siwak.”

Artinya: “Ya Allah, yang menghilangkan kerisauan, Maha Mengikis gundah gulana, Maha mengabulkan doa orang yang menderita. Engkau Maha Pengasih kepada seisi dunia dan akhirat dan menyayangi keduanya. Engkau mengasihiku, berilah aku rahmat yang membuatku tidak memerlukan lagi pertolongan selain dari-Mu.

Bahaya Sengaja Menunda Bayar Hutang

Membaca doa pelunas utang bermanfaat bagi kamu yang ingin segera menjauhkan diri dari utang selama ini.

Namun, ternyata ada bahaya tersendiri bagi orang yang sengaja tidak mau membayar utangnya, lo.

Melansir dari muslim.or.id, ada sejumlah bahaya sengaja menunda melunasi utang bagi yang sudah mampu membayarnya, di antaranya:

  • Orang yang meninggal dengan membawa utang karena menundanya akan terhalang masuk surga meski dalam keadaan syahid.
  • Nasib orang yang menunda melunasi utang akan tergantung dan tidak jelas sampai utangnya lunas.
  • Akan bertemu Allah atau meninggal dalam keadaan berstatus sebagai pencuri.
  • Status berhutang akan membuat orang tersebut mendapat hinaan di siang hari dan kegelisahan di malam hari.

FAQ Doa Pelunas Utang

1. Zikir apa yg bisa melunasi utang?

Zikir menjadi salah satu doa agar terbebas dari utang dan mendapatkan kemudahan dalam semua urusan.

Berikut ini adalah bacaan zikir khusus sebagai doa terbebas dari hutang, di antaranya:

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيرُ

Arab-Latin: Hasbunallah wani’mal-wakil, ni’mal-mawla, wani’man-nashir.

Artinya: “Cukuplah Allah tempat berserah diri bagi kami, sebaik-baik pelindung kami, dan sebaik-baik penolong kami.”

2. Apa doa terlilit hutang?

Arab Latin untuk doa pelunas hutang: Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

Arti doa pelunas utang: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih.

3. Bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk?

Ada sejumlah cara yang dapat kamu lakukan setelah membaca doa pelunas utang.

Beberapa cara yang perlu kamu lakukan untuk melunasi utang yang menumpuk, di antaranya:

  • Lakukan pencatatan keuangan.
  • Buat strategi membayar hutang.
  • Kurangi cicilan atau kredit jika ada.
  • Hindari penggunaan kartu kredit atau cicilan lagi di masa mendatang.
  • Hidup sederhana dan tekan pengeluaran.
  • Cari penghasilan tambahan.

4. Sholawat apa pelunas hutang?

Selain doa pelunas utang, kamu juga dapat mengamalkan sholawat agar terbebas dari utang.

Bacaan selawat pelunas utang adalah sholawat Jibril yang berisikan permohonan untuk memberikan kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad Saw. dan keluarganya.

 

***

Itulah doa pelunas utang dari Rasulullah saw. dan meminta rezeki yang berlimpah.

Temukan artikel menarik lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News.

Sedang mencari hunian di sekitar Jakarta? Gallery West Residences mungkin bisa jadi pilihan menarik lainnya, lo.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena Rumah123.com akan selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA