OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Makin Cepat! Waktu Tunggu LRT Jabodebek Cuma 7,5 Menit Mulai Desember!

29 Nopember 2023 · 2 min read Author: Maskah Alghofar

Waktu Tunggu LRT Jabodebek Cuma 7,5 Menit

Sumber: Katadata.com

Mulai Desember 2023, waktu tunggu LRT Jabodebek makin cepat hanya sekitar 7,5 menit dari sebelumnya mencapai 15 menit. Simak selengkapnya.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa operasional LRT Jabodebek akan kembali normal mulai 1 Desember 2023.

Hal ini ditandai dengan pengoperasian 16 rangkaian kereta atau trainset, bertambah dari yang saat ini beroperasi sebanyak 12 trainset.

Melansir cnbcindonesia.com, kembalinya jumlah rangkaian kereta ini tentu akan membantu mempercepat waktu kedatangan kereta.

Waktu Tunggu LRT Jabodebek Cuma 7,5 Menit

Waktu Tunggu LRT Jabodebek Cuma 7,5 Menit

Sumber: Detik.com

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan, dengan bertambahnya trainset LRT Jabodebek yang beroperasi, maka akan semakin memperkecil waktu tunggu kedatangan kereta (headway).

“Iya, InsyaAllah 16 trainset mulai 1 Desember 2023. Headway jadi 15 menit sampai dengan 7,5 menit,” ujar Risal, Senin (27/11/2023).

Harjamukti – Cawang Cikoko Hanya 18 menit

Hal senada juga disampaikan Vice President Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus.

Ia mengatakan, pihaknya terus berupaya agar di bulan Desember 2023 trainset LRT Jabodebek yang beroperasi sudah bisa mencapai 16 trainset.

“Yang tentu dengan semakin banyaknya trainset yang beroperasi akan semakin mempercepat headway,” timpal Joni kepada CNBC Indonesia.

Selain itu, Joni menyampaikan bahwa saat ini headway Jatimulya-Cawang Cikoko pulang pergi (PP) dan Harjamukti – Cawang Cikoko (PP) adalah 18 menit. Sementara headway Cawang Cikoko – Dukuh Atas yakni 9 menit.

“Untuk headway Cawang-Dukuh Atas pulang pergi adalah sembilan menit,” imbuh dia.

“Saat ini LRT Jabodebek yang beroperasi sudah 12 trainset, KAI bersama stakeholders terus mengupayakan headway menuju normal,” tambahnya.

Sebelumnya, sejumlah trainset LRT Jabodebek masuk bengkel secara bersamaan karena harus menjalani pembubutan roda.

Waktu yang diperlukan untuk mengerjakan satu trainset adalah seminggu. Sebagian kereta telah kembali beroperasi. Namun, headway LRT belum sepenuhnya kembali seperti semula.

***

Itulah ulasan mengenai waktu tunggu LRT Jabodebek yang semakin cepat cuma 7,5 menit.

Bagaimana tanggapan Property People terkait hal ini?

Baca juga informasi menarik seputar kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Ikuti terus akun Google News kami untuk mendapatkan berita terbaru, ya.

Dapatkan berbagai kemudahan untuk memiliki properti pilihan di Rumah123.com dan cari tahu berbagai penawaran menarik yang disediakan karena kami selalu #AdaBuatKamu



Maskah Alghofar

Content Writer

Maskah adalah seorang content writer di 99 Group sejak tahun 2022. Lulusan Penerbitan PoliMedia Jakarta ini mengawali karir sebagai jurnalis online. Kini, Maskah rutin menulis tentang properti, gaya hidup, pendidikan, dan kesehatan.
Selengkapnya