OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Rencana LRT Bogor, akan Berhenti di Terminal Baranangsiang?

09 Oktober 2023 · 2 min read Author: Nik Nik Fadlah

lrt bogor

Sumber: Beritasatu.com

Dikabarkan akan masuk ke Kota Bogor, ini detail rencana lebih lanjut LRT Bogor dari pemerintah!

Light Rail Transit (LRT) Jabodebek kini menjadi salah satu transportasi andalan bagi para pekerja ibu kota. 

Namun sayangnya, sebagian warga mengeluhkan transportasi publik ini yang tidak sampai Bogor. 

Bak angin segar, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Bogor menyatakan adanya rencana LRT yang akan menjangkau Kota Bogor. 

Bahkan, rencana tersebut sudah ada sejak tahun 2018 silam, sejalan dengan penyerahannya aset Terminal Baranangsiang kepada Pemerintah Pusat di tahun yang sama.

“Ya itu memang sudah ditunggu-tunggu, sejak 2018 diserahkan (aset) Terminal Barangsiang ke pemerintah pusat, itu gayung bersambut, LRT berhenti di Barangsiang,” kata Kepala Dishub Kota Bogor Eko Prabowo, dikutip dari laman Republika.co.id

Direncanakan Berhenti di Terminal Baranangsiang

rencana lrt bogor

Sumber: Jawapos.com

Eko menjelaskan, penyerahan pengelolaan aset Terminal Tipe A Baranangsiang dari Pemkot Bogor kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah ditandatangani oleh Wali Kota Bogor Bima Arya. 

Adapun, penandatanganan tersebut dilakukan sejak tanggal 12 Februari 2018. 

Eko juga menjelaskan jika nantinya LRT masuk ke Kota Bogor, hal tersebut akan sejalan dengan penataan transportasi di Kota Hujan tersebut. 

Jika sesuai rencana, nantinya Terminal Baranangsiang akan dijadikan sebagai kawasan Transit Oriented Development (TOD) dan akan menjadi transportasi terpenting untuk perkembangan kota. 

Sebelum LRT Bogor direncanakan lebih lanjut, Eko menjelaskan bahwa jauh sebelum ini pemerintah pusat masih belum bisa memastikan siapa pihak ketiga yang akan menjalankan pembangunan LRT. 

Apakah itu BUMN ataupun investor yang berasal dari luar. 

“(LRT berhenti di Terminal Baranangsiang) kan sudah ada kajiannya. Memang di satu sisi masih ada yang bilang (berhenti) di Tanah Baru, tapi sisi lain adalah itu (Terminal Barangsiang), dengan nanti berkenaan dengan trem menyambut itu, salah satu titik simpul gerbong di Baranangsiang,” ungkapnya. 

Kendati demikian, Terminal Baranangsiang menjadi kandidat terkuat untuk menjadi lokasi berhentinya LRT dibandingkan dengan lokasi lainnya. 

Kepastian tersebut salah satunya didapatkan pada saat rapat dengan BPTJ di mana hal ini tertuang dalam Rencana Induk Transportasi Jabodetabek. 

Hal ini pun diperkuat dengan pernyataan dari Presiden Jokowi yang menyatakan bahwa LRT akan sampai ke Kota Bogor.

***

Itulah informasi lengkap seputar rencana LRT Bogor.

Temukan ulasan lain mengenai kabar properti hanya di artikel.rumah123.com.

Untuk mendapatkan berita terupdate, sekarang kamu bisa mengikuti Google News kami, lo.

Yuk, segera wujudkan keinginan untuk memiliki rumah impian bersama Rumah123.com karena kami selalu #AdaBuatKamu.


Tag: ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA