OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Denpasar Menjadi Kota Lengkap Sertifikat Tanah Pertama di indonesia

09 Februari 2023 · 2 min read Author: Christantio Utama

denpasar Kota Lengkap Sertifikat Tanah

Kota Denpasar, Bali menjadi kota pertama di Indonesia yang lengkap sertifikat tanah. Yuk, simak informasi singkatnya di artikel ini.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, pemerintah melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tengah gencar melaksanakan program pemberian sertifikat tanah bagi masyarakat.

Hal ini untuk mendata kepemilikan tanah di seluruh Indonesia.

Meskipun masih banyak bidang tanah yang belum tercatat di berbagai daerah, ada satu wilayah yang mencatatkan seluruh tanahnya dalam sertifikat tanah.

Lokasinya berada di kota Denpasar, Bali.

Yuk, langsung saja kita simak informasi lengkapnya di artikel berikut ini, melansir Kompas.com.

Denpasar Menjadi Kota Pertama yang Lengkap Sertifikat Tanah

sertifikat tanah di denpasar sudah lengkap

Sumber: Kementerian ATR/BPN

Kementerian ATR/BPN sedang berusaha mencapai target 126 juta bidang tanah terdaftar melalui skema Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) supaya seluruh wilayah terpetakan dan terdaftar secara lengkap.

Per tanggal 26 Januari 2023 lalu, sudah ada wilayah yang telah ditetapkan sebagai kota lengkap yaitu Denpasar, Bali.

Hal ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto bersama Gubernur Bali I Wayan Koster yang berlangsung di Kantor Gubernur Bali, Kota Denpasar pada Kamis (26/01/2023).

“Pertama kali di Bali khususnya, Denpasar yang menjadi Kota Lengkap, sepanjang UUPA lahir, karena Kota Lengkap sesuai perintah Presiden,” terangnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kementerian ATR/BPN.

Menurut Menteri ATR/BPN, Kota Lengkap adalah wilayah mulai dari desa, kecamatan, sampai kabupaten dan kota, semuanya sudah terpetakan, terdaftar baik secara yuridis maupun juga secara spasial.

“Yang dimaksud secara spasial itu peta tidak ada lagi tanah di Denpasar yang tumpang tindih. Dan secara yuridis sertifikat yang dikeluarkan, sudah di-upload di sistem digital dan akurat, itu lah yang dikatakan Kota Lengkap,” tambahnya.

Tentunya ini menjadi informasi positif bagi pemerintah dan wilayah lainnya di Indonesia bisa menyusul Kota Denpasar.

***

Itulah sedikit informasi mengenai kota lengkap sertifikat tanah pertama di Indonesia yang bisa kamu ketahui.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Property People!

Jika kamu sedang mencari rumah, apartemen, tanah atau yang lainnya di marketplace properti tepercaya dan aman, bisa mengunjungi laman Rumah123.com.

Untuk mendapatkan penawaran terbaik seperti di Morizen Bekasi.

Buka lembaran baru dan wujudkan impianmu, kami selalu #AdaBuatKamu.

Jangan sampai ketinggalan untuk mendapatkan berita dan tips terbaru mengenai dunia properti dalam negeri serta mancanegara di artikel Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA