OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Teks Khotbah tentang Motivasi Hidup yang Bijak dan Bermakna

25 Maret 2024 · 6 min read Author: Gadis Saktika · Editor: M. Iqbal

pastur membawa alkitab

khotbah tentang motivasi hidup | sumber: shutterstock.com

Agar bisa menghadapi kehidupan dengan penuh semangat, sebagai umat Kristiani dirasa perlu mendapatkan siraman khotbah tentang motivasi hidup. Yuk, lihat ragam teksnya pada artikel ini!

Dalam menjalani kehidupan, tak jarang kita dihadapkan pada keraguan, ketakutan, dan rasa kehilangan arah. 

Di sinilah khotbah tentang motivasi hidup menjadi pelita yang menerangi jiwa dan membangkitkan semangat untuk terus maju.

Lebih dari sekadar kata-kata inspiratif, khotbah tentang motivasi hidup bisa menyapa hati dan jiwa, mengantarkan kita pada renungan mendalam tentang makna hidup. 

Khotbah ini dinilai bisa menggali nilai-nilai luhur, membangkitkan optimisme, dan menumbuhkan rasa syukur atas berkat yang dianugerahkan.

Bagi kamu yang sedang dilanda keraguan, khotbah tentang motivasi hidup bisa menjadi kompas yang menunjukkan arah dan tujuan. 

Lalu untuk mereka yang telah mencapai puncak, khotbah Kristen ini pun bisa menjadi pengingat untuk terus bersyukur dan rendah hati.

Berikut ini, Rumah123 telah menghadirkan ragam teks khotbah tentang motivasi hidup yang bisa membangkitkan semangat para umat Kristiani.

Melansir dari banyak sumber, yuk lihat penjelasannya pada uraian di bawah ini.

Teks Khotbah tentang Motivasi Hidup

1. Renungan Motivasi Kristen

Adapun khotbah tentang motivasi hidup dari Youtube Iman Pengharapan bisa kamu lihat pada uraian di bawah ini.

Hargai Hidup Ini dengan Sebaik-baiknya

Saudara-saudara yang saya kasihi dalam Kristus, hari ini kita berkumpul dengan sukacita dalam hadirat Tuhan untuk merenungkan Firman-Nya dan mendapatkan inspirasi yang memotivasi dalam menjalani hidup ini. Sebagaimana yang telah kita dengar dalam video yang kita saksikan bersama, mari kita refleksikan pesan yang telah disampaikan dan mengambil hikmahnya untuk menerapkan dalam kehidupan kita.

Pertama-tama, mari kita hargai anugerah Tuhan yang telah diberikan kepada kita. Kehadiran kita di dunia ini, setiap detik yang kita jalani, adalah anugerah dari-Nya. Seperti yang dikatakan dalam Firman, “Sebab kita tidak membawa apa-apa ke dalam dunia dan kita pun tidak dapat membawa apa-apa keluar” (1 Timotius 6:7). Hidup ini singkat dan fana, namun kita diberi kesempatan untuk menjalani setiap momen dengan penuh arti.

Firman Tuhan mengajarkan kepada kita untuk menghargai waktu, talenta, dan uang yang telah Dia titipkan dalam hidup kita. Kita adalah pengelola dari segala pemberian-Nya. Hidup bukanlah tentang mengejar hal-hal duniawi yang sementara, tetapi tentang bagaimana kita menggunakan.

Saudara-saudara, mari kita berkomitmen untuk menjadikan Tuhan sebagai prioritas utama dalam hidup kita. Sebagaimana yang diajarkan dalam Firman, “Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu” (Matius 6:33). Dalam segala hal yang kita lakukan, baik dalam pekerjaan, keluarga, maupun pelayanan, marilah kita utamakan kehendak Tuhan.

Selanjutnya, mari kita memahami bahwa hidup ini adalah ladang bagi kita untuk bekerja bagi Tuhan. Kita adalah pengelola dari ladang ini, dan Tuhan mengharapkan kita untuk menghasilkan buah-buah yang baik. Sebagaimana yang diajarkan dalam Lukas 12:48, “Banyak orang akan meminta pertanggungjawaban kepada siapa yang lebih sedikit diberikan, dan kepada orang yang lebih banyak diberikan, lebih banyak lagi akan diminta daripadanya.” Oleh karena itu, marilah kita mengelola hidup ini dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi.

Akhirnya, mari kita hargai setiap momen dalam hidup ini. Kita diberikan kesempatan untuk menikmati setiap anugerah yang telah Tuhan berikan kepada kita. Sebagaimana yang disampaikan dalam Pengkhotbah 5:18, “Lihatlah, inilah yang saya lihat: kebaikan terbesar di dunia adalah menikmati kehidupan dan menikmati pekerjaan yang dilakukan di bawah matahari, sepanjang usia yang pendek yang diberikan kepada kita oleh Allah.” Hidup ini adalah pemberian yang berharga, dan kita diundang untuk merayakannya dengan penuh syukur dan kebahagiaan.

Saudara-saudara yang terkasih, mari kita keluar dari sini dengan semangat baru dan komitmen yang diperbaharui untuk hidup dengan sebaik-baiknya bagi kemuliaan Tuhan. Marilah kita menghargai setiap momen, mengelola dengan bijaksana, dan merayakan kehidupan ini dengan sukacita. Tuhan memberkati dan menyertai kita dalam setiap langkah hidup kita. Amin.

2. Khotbah tentang Motivasi Hidup yang Menyentuh Hati

khotbah tentang motivasi hidup

sumber: Unsplash/Ivan Samudra

Berdasarkan video yang diunggah youtuber, Henny Kristianus di channel-nya, berikut khotbah tentang motivasi hidup yang bisa kamu simak.

Membangun Hidup yang Bermakna dengan Mengandalkan Tuhan

Saudara-saudara yang terkasih,

Saya senang hari ini dapat berbicara kepada Anda tentang bagaimana kita dapat membangun hidup yang bermakna dengan mengandalkan Tuhan. Seperti yang kita dengar dalam kutipan Alkitab dari Yeremia 17:7, “Berbahagialah orang yang percaya kepada Tuhan, yang menaruh pengharapan pada Tuhan.” Ini menunjukkan betapa pentingnya untuk mengandalkan Tuhan dalam hidup kita.

Kehidupan ini sering kali penuh dengan tantangan dan ketidakpastian. Ketika kita menghadapi kesulitan atau kebingungan, kepada siapa kita meminta pertolongan? Apakah kita mengandalkan kekuatan sendiri, kekayaan, atau orang lain? Alkitab mengingatkan kita untuk tidak mengandalkan kekuatan kita sendiri, melainkan untuk mempercayakan hidup kita sepenuhnya pada Tuhan.

Kadang-kadang kita cenderung merencanakan masa depan kita dengan pikiran terbatas dan kemampuan kita yang terbatas. Namun, kita lupa bahwa rencana kita tidak selalu sesuai dengan rencana Tuhan. Yesaya 55:8 mengatakan, “Sebab pikiran-Ku bukanlah pikiranmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku.” Kita harus belajar untuk meminta petunjuk dan kebijaksanaan dari Tuhan dalam setiap langkah hidup kita.

Saudara-saudara, hidup yang bermakna tidak hanya tentang merencanakan dan berusaha sendiri, tetapi juga tentang mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Ini bukan berarti kita tidak perlu berusaha keras, tetapi kita meminta Tuhan untuk memberkati setiap usaha dan langkah kita. Seperti yang dikatakan dalam Amsal 16:3, “Serahkanlah segala urusanmu kepada Tuhan, maka rencanamu akan berhasil.”

Saat kita membangun hidup yang mengandalkan Tuhan, kita juga harus berhati-hati terhadap godaan untuk mencari bantuan dari tempat-tempat yang salah. Banyak orang cenderung mencari jalan pintas atau menggunakan kekuatan gelap untuk mencapai tujuan mereka. Namun, Alkitab dengan tegas melarang praktik-praktik seperti itu dan mengingatkan kita untuk hanya mengandalkan Tuhan.

Saudara-saudara, mari kita membangun hidup yang bermakna dengan mengandalkan Tuhan sepenuhnya. Mari kita percaya bahwa dengan Tuhan, tidak ada yang tidak mungkin. Marilah kita meminta petunjuk-Nya setiap hari dan memohon agar Dia memberkati setiap langkah kita. Dengan demikian, kita akan hidup dalam kebenaran, kesetiaan, dan kasih-Nya, dan hidup kita akan menjadi saksi bagi kemuliaan-Nya.

Saya mengajak kita semua untuk berdoa bersama.

Doa

Ya Tuhan Yang Maha Kuasa,

Kami bersyukur atas kasih dan kemurahan-Mu yang tiada henti. Kami memohon agar Engkau memberkati kami dalam usaha kami untuk membangun hidup yang bermakna dengan mengandalkan-Mu sepenuhnya. Berikanlah kami kebijaksanaan dan petunjuk-Mu dalam setiap langkah hidup kami, dan jauhkanlah kami dari godaan untuk mencari bantuan dari tempat-tempat yang salah. Jadikanlah hidup kami menjadi saksi bagi kemuliaan-Mu, dan biarkanlah kami hidup dalam kebenaran, kesetiaan, dan kasih-Mu. Terimalah doa kami ini dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.

Saudara-saudara, mari kita terus membangun hidup yang bermakna dengan mengandalkan Tuhan dalam segala hal. Tuhan memberkati kita semua. Amin.

***

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu, ya.

Cek artikel menarik lainnya, seperti tema khotbah yang menarik untuk pemuda kristen hanya di artikel.rumah123.com.

Kalau kamu ingin ngobrolin properti dengan ahlinya, coba deh kunjungi ke Teras123!

Nantinya, kami akan memberi jawaban yang komprehensif soal pertanyaan yang kamu ajukan, lo.

Tak lupa, kunjungi Rumah123 untuk menemukan hunian impian karena #SemuaAdaDisini.


Tag: , ,


Gadis Saktika

Content Writer

Gadis Saktika adalah Content Writer di 99 Group yang sudah berkarier sebagai penulis dan wartawan sejak tahun 2019. Lulusan Bahasa dan Sastra Indonesia UPI ini senang menulis tentang etnolinguistik, politik, HAM, gaya hidup, properti, dan arsitektur.
Selengkapnya