OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Temui Xi Jin Ping, Jokowi Jajaki Kerja Sama dengan Shenzhen China untuk Pembangunan IKN

31 Juli 2023 · 3 min read Author: Emier Abdul Fiqih P

pertemuan jokowi dan xi jinping

kerja sama pembangunan ikn | sumber: detik.com

Untuk dorong pembangunan IKN, Jokowi jajaki kerja sama dengan Shenzen China. Berikut adalah berita lengkapnya!

Beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo menemui Presiden Tiongkok Xi Jinping pada Kamis, 27 Juli 2023.

Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara) Bambang Susantono yang turut mendampingi Jokowi menyebutkan bahwa pertemuan tersebut menghasilkan berita baik untuk pembangunan IKN.

Seperti apa berita baiknya?

Dihimpun dari bisnis.tempo.co, inilah berita selengkapnya!

Jajaki Kerja Sama antara Indonesia dan Tiongkok

bambang susantono soal pembangunan ikn

sumber: setkab.go.id 

Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara (IKN Nusantara), Bambang Susantono mengakui pertemuannya dengan Walikota Shenzhen Qin Weizhong untuk menjajaki kerja sama kontret yang disepakati antara Indonesia dan Tiongkok.

“Walikota Shenzhen membangikan pengalamannya dalam membangun Shenzhen, kota yang bertransformasi dari kota kecil menjadi kota metropolis dalam kurun waktu 40 tahun terakhir,” ujar Bambang seperti yang dihimpun dari laman bisnis.tempo.co pada Senin (31/07/2023).

Tak hanya bertemu dengan Walikota Shenzhen, Bambang juga bertemu dengan Urban Planning and Design Institute of Shenzhen (UPDIS) sebagai institusi yang berperan dalam proses pengembangan Kota Shenzhen.

Kepala Otorita ini meninjau command center di Shenzhen serta menyaksikan implementasi beberapa teknologi smart city yang telah dikembangkan di kota tersebut.

Nota kesepahaman atau MoU kerja sama antara IKN dan Shenzhen sendiri ditandatangani pada Kamis, 27 Juli 2023 di sela-sela pertemuan Jokowi dan Xi Jinping.

Adapun, pihak terkait yang menandatangani kesepakatan tersebut antara lain Luhut Pandjaitan dan Bambang Susantono yang mewakili pemerintah Indonesia.

Sementara perwakilan pemerintah Tiongkok diwakili oleh National Development and Reform Commision (NDRC) Zheng Shanjie bersama Walikota Shenzhen, Qin Weizhong.

Alasan Shenzhen Dipilih untuk Dukung Pembangunan IKN

shenzhen dukung pembangunan ikn

sumber: shutterstock.com

Lebih lanjut, Bambang Susantono menyebut Shenzhen telah jadi salah satu dari sepuluh pusat keuangan global saat ini, salah satu smart city terbaik di Tiongkok, dan jadi rujukan pengembangan kota-kota lain di dunia.

Berdasarkan pengalaman itu, Qin Weizhong menawarkan dukungannya untuk turut serta dalam pembangunan IKN.

Ia juga mengaku menyambut baik tawaran tersebut.

Menurutnya, pemerintah Indonesia terbuka untuk saling bertukar pengetahuan sekaligus mendorong investasi antara Kota Shenzhen dan IKN Nusantara.

Pria asal Yogyakarta ini turut memuji transformasi Shenzhen pada empat dekade ke belakang, yang hingga kini masih jadi salah satu rujukan di bidang perencanaan kota.

Bambang menuturkan kerja sama dengan Shenzhen dilakukan untuk mewujudkan IKN sebagai kota hutan yang cerdas dan berkelanjutan.

Otorita IKN tersebut mengatakan akan terus belajar dan menyerap banyak ilmu dan pengetahuan dari berbagai kota-kota maju di dunia.

Terlebih, pembangunan IKN saat ini baru memasuki pada fase awal.

***

Semoga artikel pembangunan IKN di atas memberi manfaat lebih bagi Property People, ya!

Simak terus ulasan ibu kota negara baru lainnya hanya di artikel.rumah123.com dan Google News kami.

Tak perlu khawatir dalam membeli properti karena Rumah123.com yang selalu #AdaBuatKamu.


Tag: , , ,


Emier Abdul Fiqih P

Content Writer

Menjadi penulis di 99 Group sejak 2022 yang berfokus pada artikel properti, gaya hidup, dan teknologi. Lulusan S2 Linguistik UPI ini sempat berprofesi sebagai copy editor dan penyunting buku. Senang menonton film dan membaca novel di waktu senggang.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA