OK
logo rumah123
logo rumah123
Iklankan Properti
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kementerian PUPR Bakal Stop Seluruh Perbaikan Jalan Nasional, Kok Gitu?

05 Desember 2023 · 2 min read Author: Rulfhi Alimudin Pratama S · Editor: Bobby Agung Prasetyo

pembangunan jalan tol

Gambar Pembangunan Jalan Tol | Tirta Aditya / shutterstock.com

Kementerian PUPR pastikan tak ada perbaikan jalan pada momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Hal ini merupakan upaya yang dilakukan pemerintah terkait untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat pada akhir tahun.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan perbaikan jalan tol dan non tol selambat-lambatnya pada H-10 atau 15 Desember 2023.

Hal tersebut disampaikan Menteri PUPR dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI terkait Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Libur Natal 2023 dan tahun baru 2024 beberapa waktu yang lalu.

“Kami memastikan tidak ada kegiatan perbaikan jalan (tol dan non tol) selambat-lambatnya pada H-10 atau 15 Desember 2023,” kata Basuki dikutip dari kompascom.

Meski demikian, Kementerian PUPR memastikan seluruh jalan nasional fungsional, tidak ada lubang, serta rambut dan marka terpasang lengkap.

Langkah Strategis Kementerian PUPR Tingkatkan Layanan Jalan Tol

menteri pupr basuki

Sumber: Kementerian PUPR

Masih melansir sumber yang sama, Kementerian PUPR akan melaksanakan beberapa langkah untuk meningkatkan layanan jalan tol pada momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Adapun langkah-langkah strategis tersebut antara lain:

1. Pengaturan ulang flow kendaraan TIP Km 88A, Km 389A, dan Km 725A Trans Jawa; penambahan petugas pengaturan lalin di TIP Km 57A, Km 62B Japek, Km 45A, dan Km 38B, serta penambahan water barrier;

2. Optimalisasi penggunaan Rest Area Management System (RAMS), CCTV untuk pemantauan kapasitas parkir, serta pengawasan keamanan dengan menugaskan personel satgas;

3. Peningkatan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping dengan kegiatan pengecatan marka jalan, pemeliharaan guard rail, jembatan/JPO/overpass, pembatas beton, serta penanaman dan perawatan pohon;

3. Menyediakan aplikasi BPJT Info yang dapat diakses melalui telepon seluler untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca, call center, peta jalan tol, dan info tempat istirahat dan pelayanan;

4. Menyediakan 37 Toilet Cabin, 26 unit Mobil Tangki Air, 10 Bus Toilet, 20 unit vacum tinja, dan 34 Hidran Umum di lokasi rest area jalan tol dan ruas jalan nasional.

***

Itulah berita terkait perbaikan jalan nasional untuk menunjang mobilitas masyarakat pada momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Semoga bermanfaat buat Property People.

Temukan informasi menarik seputar properti hingga transportasi massal yang ada di Indonesia melalui artikel.rumah123.com.

Biar nggak ketinggalan update, pastikan kamu sudah follow Google News Rumah123, ya!

Lagi cari hunian yang terintegrasi dengan transprotasi massal? Cari aja pilihan terbaiknya di www.rumah123.com.

Rumah123 yang #AdaBuatKamu senantiasa bantu wujudkan hunian impian!


Tag: , ,


Rulfhi Alimudin Pratama S

Content Writer

Mengawali karier kepenulisan sebagai penulis lepas di beberapa media daring sejak 2016. Kini mencurahkan pikiran untuk menulis properti, gaya hidup, marketing, hingga teknologi di Berita 99 dan Rumah123.
Selengkapnya