OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Kebutuhan Rumah Murah di Bekasi Tinggi, Permintaan Lahan Industri Meningkat

03 April 2023 · 3 min read Author: Christantio Utama

kebutuhan rumah murah di bekasi meningkat

Sumber: Shutterstock.com

Seiring dengan peningkatan lahan industri di kawasan Bekasi, kebutuhan rumah murah di daerah tersebut juga ikut bertumbuh. Simak ulasannya!

Meningkatnya kebutuhan hunian murah untuk para pekerja  menyebabkan permintaan lahan di kawasan industri Bekasi ikut melambung.

Country Manager 99 Group Indonesia Maria Herawati Manik menjelaskan bahwa pangsa pasar tempat tinggal di kawasan industri yang disasar yakni karyawan pabrik dan para ekspatriat yang bekerja di sekitar wilayah tersebut.

Untuk saat ini, harga properti yang ditawarkan di area Cikarang dan Cibitung rata-rata berkisar antara Rp500 juta-Rp1,2 miliar.

Ia memprediksi terdapat kenaikan harga  sekitar 10-25% setelah kehadiran infrastruktur yang terintegrasi.

Permintaan Rumah di Timur Jakarta Masih Didominasi Bekasi

rumah murah di bekasi

Sumber: iStock

Berdasarkan data Rumah123.com, selama tahun 2022, wilayah yang saat ini masih mendominasi permintaan hunian di wilayah timur Jakarta, yaitu Bekasi Utara (10,94 persen), Bekasi Selatan (10,48 persen), dan Medan Satria (9,29 persen).

“Rentang harga yang paling diminati di area tersebut mulai dari Rp400 juta hingga Rp650 juta dengan persentase sebesar 62,7 persen dari seluruh permintaan yang ada,” ujar Maria.

Mengetahui tingginya kebutuhan hunian di wilayah tersebut, beberapa pengembang properti mulai menggencarkan pembangun rumah tapak, salah satunya yaitu PT Puradelta Lestari Tbk. (DMAS) pengembang Kota Deltamas Cikarang.

Kawasan industri di Kota Deltamas, Cikarang didominasi oleh pengembangan industri di sektor data center.

Bahkan, Kota Deltamas menyediakan kawasan khusus data center sebesar 105 hektare di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC).

Saat ini, setidaknya ada sekitar 13 tenant data center dari berbagai perusahaan tanah air hingga internasional yang saat ini sudah bergabung dalam kawasan industri GIIC.

Bidang data center tersebut memberikan pendapatan sebesar Rp1,93 triliun di tahun 2022 lalu.

Sinarmas Land Hadirkan 2 Perumahan Baru

hunian murah di bekasi delta mas

Sumber: Sinar mas land

Seiring dengan pemanfaatan lahan yang besar, emiten properti grup Sinarmas Land menghadirkan dua perumahan baru yakni de Silva Residence serta de Silva Hybird di Kota Deltamas Cikarang.

Tujuan dibangunnya dua perumahan ini untuk mengakomodasi kebutuhan sewa menyewa tempat tinggal hingga berinvestasi properti bagi para pekerja di kawasan industri GIIC.

Direktur Sales & Marketing DMAS, Stanley W. Atmodjo menjelaskan , pada peluncuran fase 1 terjual 85 persen de Silva Residence di Kota Deltamas Cikarang.

“Kehadiran de Silva Residence dapat menjawab tingginya demand masyarakat akan kebutuhan tempat tinggal yang nyaman dan juga lengkap dengan sederet fasilitas untuk menunjang gaya hidup para penghuninya,” kata Stanley, dikutip Senin (27/3/2023).

Perumahan de Silva Residence terintegrasi dengan area komersial hingga industrial estate bertaraf internasional sehingga memiliki pasar tersendiri bagi para pekerja dan ekspatriat yang membutuhkan hunian berkualitas.

Sedangkan perumahan de Silva Hybrid menggunakan konsep hybrid-living yang mampu difungsikan menjadi rumah tinggal dan co-living.

Ini memberikan kesempatan bagi para pemiliknya untuk mendapatkan passive income.

De Silva Residence berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektare.

Terdapat dua jenis rumah di klaster tersebut, yakni tipe 41 dengan LT 60 m2 dan LB 41 m2 serta tipe 63 dengan LT 60 m2 dan LB 63 m2 yang dipasarkan mulai dari harga Rp500 jutaan sudah termasuk PPN.

DMAS saat ini tengah mengembangkan infrastruktur lengkap untuk mendukung self-sustained integrated township yang terdiri atas area industri, hunian, dan komersial.

Tidak hanya itu pihaknya juga akan mengembangkan fasilitas yang menjamin standar hidup pekerja di kawasan industri.

***

Nah, itulah sedikit informasi mengenai pertumbuhan kebutuhan rumah murah di Bekasi yang terus meningkat.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Property People!

Cari penawaran rumah terbaik seperti di Podomoro Park Bandung hanya di Rumah123.com.

Jangan sampai ketinggalan juga untuk membaca informasi terkait dunia properti di Artikel.Rumah123.com

Follow juga Google News Rumah123.com.


Tag: , ,


Christantio Utama
Lulusan Binus jurusan Hubungan Internasional. Mengawali karier sebagai jurnalis di Detikcom pada 2018 dan sekarang bekerja di 99 Group sebagai penulis artikel. Tio rutin menulis tentang properti, gaya hidup, dan teknologi.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA